Efek Buruk Kebiasaan Menahan Pipis Terhadap Kesehatan

March 12, 2024

Hello bestie

Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat, ya! 

Kali ini aku mau cerita tentang concern kesehatan aku beberapa tahun yang lalu, dimana awalnya aku menyepelekan masalah ini karena aku pikir ga akan terjadi sesuatu yang buruk untuk kedepannya. 

Saat aku masih bekerja di kantor, pekerjaan cukup hectic yang membuat aku memiliki kebiasaan sering menahan pipis karena dianggap nanggung banget kalau harus meninggalkan pekerjaan sebentar untuk ke toilet. 

Kebiasaan menahan pipis tersebut berlangsung cukup lama (mungkin tahunan). Selain itu, aku juga memiliki gaya hidup yang bisa dikatakan ga sehat, seperti kurang minum air putih, lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk berjam-jam di depan komputer, kurang olah raga, dan lain-lain. 

Akhirnya, pada suatu hari aku merasakan sakit perut yang hebat yang mengigit secara berulang saat sedang bekerja. Awalnya aku mengira ini hanya sakit maag biasa karena aku juga punya kebiasaan telat makan. 

Beberapa kali aku konsumsi obat maag, tapi rasa sakit tersebut ga kunjung sembuh dan malah semakin parah. Sakit perut ini disertai dengan anyang-anyangan, buang air kecil yang sering, sakit dan sedikit-sedikit. So, aku memutuskan saat itu untuk segera ke IGD saja. 

Setelah tes urine, ternyata terdapat kandungan leukosit yang cukup tinggi dalam urine, dan aku didiagnosa terkena ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Rasanya benar-benar ga enak, sakit dan ga nyaman, apalagi aku harus opname di RS. 

Selama di RS, setiap hari aku menerima pengobatan injeksi antibiotik melalui selang infus. Buat yang pernah mendapatkan injeksi antibiotik pasti tau banget rasa sakitnya kaya gimana. 

Long story short, 5 hari setelah dirawat di rumah sakit akhirnya aku dinyatakan sembuh dan ga mengalami anyang-anyangan lagi (oh iya, selama di rawat aku juga harus menggunakan kateter untuk buang air kecil). 

----

Setelah sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa kembali, aku bertekat untuk merubah gaya hidup yang selama ini buruk dan ga akan nahan-nahan pipis lagi, karena efeknya separah itu jika dibiarkan berlarut-larut. 

Parahnya lagi, dokter menjelaskan jika ISK ga segera disembuhkan maka bisa berakibat infeksi pada ginjal, loh. Serem banget deh. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terkena ISK :

  • Hindari kebiasaan menahan pipis
  • Banyak minum air putih
  • Jangan terlalu lama duduk
  • Banyak olah raga
  • Makan makanan yang sehat
  • Gunakan air yang bersih untuk cebok
  • Tidak menggunakan celana terlalu ketat dan gunakan celana dengan bahan yang mudah menyerap keringat
  • Buang air kecil setelah melakukan hubungan intim
  • Jaga kebersihan

Untuk pencegahan, aku juga rutin dari dulu untuk mengonsumsi Prive Uricran dari Combiphar yang mengandung ekstrak Cranberry murni tanpa mengurangi manfaatnya yang berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih kembali serta membantu memelihara kesehatan saluran kemih. 

Uricran mengandung Vitamin C dan prebiotik yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan. Selain itu, Prive Uricran juga sangat praktis untuk dikonsumsi dimana saja dan dapat dikonsumsi setiap hari. Aku lebih memilih mengonsumsi Prive Uricran dalam bentuk minuman serbuk yang diseduh kedalam air dingin, rasanya segar dan nikmat banget. 

Uricran mudah didapatkan di toko obat atau apotek terdekat, bestie. Semoga cerita pengalaman aku yang memiliki kebiasaan menahan pipis hingga berujung ISK ini bisa membuat teman-teman lebih aware ya dengan masalah kesehatan. 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Anyang2an itu ga enak bangeett. Pernah ngalamin juga, dan untungnya blm parah. Jadi masih bisa diobati. Aku udah takut aja kalo ntr malah kena ke ginjal. Sejak itu jadi rutin minum air putih dan ga mau nahan pipis terlalu lama.

    Kec pas traveling dan ga nemu toilet bersih, duuuh itu mau ga mau sih mba, terpaksa nahan. Makanya aku lbh suka ga swrinv minum kalo sedang jalan. Takit ga nemu toilet bersih 😂

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^