Ini Dia 5 Cara Mengatasi Nervous

November 29, 2020

 Hallo teman-teman

Apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik, ya!

Adakah diantara teman-teman disini yang pernah merasakan nervous atau gugup saat menghadapi situasi tertentu atau pada saat harus tampil pada acara-acara tertentu maupun saat ingin mempresentasikan materi? Tentunya rasa nervous akan sangat mengganggu dan membuat penampilan kita tidak akan maksimal bahkan akan mengurangi rasa percaya diri kita.

Cara Mengatasi Nervous

Rasa nervous atau gugup memang sangat mengganggu, terlebih untuk orang-orang yang tidak terbiasa tampil di depan umun dan menharuskan diri untuk tampil. Lalu, bagaimana cara kalian mengatasinya? Apakah sebelum tampil harus mengonsumsi sesuatu atau melakukan sebuah aktifitas yang menurut kalian dapat mengurangi rasa gugup tersebut? Seperti memakan permen, minum teh, atau berorahraga kecil.

Nah, pada artikel kali ini aku juga akan memberikan beberapa tips 5 cara mengatasi nervous. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Kuasai Materi

Hal yang paling pertama atau yang paling dasar untuk mengatasi rasa nervous apalagi saat akan menghadapi presentasi, baik di depan kelas, di kantor, ataupun saat ingin melamar pekerjaan adalah harus menguasai materi atau hal yang akan kita sampaikan. Dengan benar-benar memahami dan menguasai materi yang akan disampaikan maka kita memiliki rasa percaya diri.

2. Hilangkan Pikiran yang Tidak Perlu

Pada saat kita akan menghadiri sesuatu, bertemu seseorang yang penting, atau akan mempresentasikan sesuatu di hadapan orang banyak, biasanya akan muncul banyak pikiran-pikiran yang negatif. Banyak hal yang muncul di pikiran kita karena menakutkan berbagai hal yang mungkin terjadi, seperti : bagaimana kalau mic-nya mati, bagaimana kalau orang-orang bosan dengan materinya, bagaimana kalau penampilan kita kurang rapi, dan sebagainya. Maka pikiran-pikiran negatif seperti itu harus dibuang jauh-jauh dan hanya berfokus pada hal yang akan kita sampaikan.

3. Kontrol Pikiran (Fokus) dan Nafas

Sebelum maju presentasi atau menyampaikan sesuatu di depan banyak orang sebaiknya menarik nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan, lakukan berulang kali sampai kita merasa sedikit lebih tenang dan tidak panik. Setelah itu kita harus memokuskan pikiran pada hal atau materi yang ingin disampaikan, jika masih nervous maka bisa dipastikan materi tidak akan tersampaikan dengan baik kepada audience.

4. Menjaga Penampilan

Penampilan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum kita melakukan presentasi, penampilan yang baik dan rapi akan meningkatkan rasa percaya diri di depan orang-orang. Selain itu, pemanpilan juga dapat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri kita. Oleh sebab itu, semakin baik dan rapi penampilan orang lain juga akan semakin percaya dengan kemampuan kita, dengan begitu rasa nervous akan sedikit tertutupi.

5. Sering Berlatih

Sering mendengar kalimat "Practice Makes Perfect"? Hal tersebut sangat relate dengan topik yang sedang kita bahas. Sebelum maju presentasi ada baiknya kita sering-sering berlatih, mulai di hadapan cermin dengan berbicara dengan diri sendiri hingga berlatih berbicara di hadapan teman-teman untuk dapat menilai bagaiaman performa kita saat melakukan presentasi. Dengan sering berlatih, maka kita akan terbiasa dan bisa dipastikan akan mengurangi rasa nervous dan membuat presentasi kita menjadi lebih sempurna.

Nah, itu dia 5 cara mengatasi nervous dari aku, mungkin ada tips lain dari teman-teman untuk mengatasi rasa nervous atau gugup dan bisa kalian tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu mengurangi rasa gugup teman-teman yang ingin melakukan presentasi dan semacamnya, ya. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dulu pas masih ngantor, tiap kali disuruh presentasi aku jg gugup awal2. Ga biasa :D.

    Tapi dengan menguasai materi lama2 jd PD. Dan aku juga pake cara, anggab ajaaa semua yg duduk itu lebih tidak mengerti dari kita. Artinya kita masih di atas awan seharusnya. Lama2 jadi bisa santai sih. Memang harus dibiasakan sih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak, akupun dulu orangnya paling susah untuk disuruh presentasi kedepan, karena aku gugupan orangnya hehe
      Tapi kalau sering berlatih dan menguasai materi bisa bikin kita makin PD dan mengurangi gugup sih. Makanya sebelum presentasi harus memiliki persiapa yg Mateng banget ya, mbak 😊

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Subscribe