Ketahui Lebih Banyak Tentang Arti Insecure, Faktor Penyebab, dan Cara Mengatasinya

December 01, 2020

 Hallo teman-teman, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat-sehat, ya!

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2020, ya? Waktu berjalan sangat cepat selama masa pandemi ini dan tak banyak yang dapat kita lakukan dalam masa-masa ini. Semua sektor terimbas dan bahkan ada yang tak mampu bertahan. Sangat dibutuhkan metal bagai baja agar kita semua dapat melalui cobaan hebat seperti ini.

Semoga teman-teman semua selalu dalam keadaan sehat, baik secara fisik maupun secara mental, karena pandemi ini tak hanya menyerang pertahanan fisik kita saja namun banyak juga yang diserang secara mental dan membuat beberapa orang mudah merasakan insecure di berbagai situasi hingga beberapa juga mengalami depresi dari yang ringan hingga yang berat.

Arti Insecure

Apakah teman-teman di sini pernah mengalami insecure atau bahkan sekarang sedang merasa insecure karena beberapa faktor atau keadaan? Atau bahkan teman-teman ada yang belum tau tentang arti insecure? Pada artikel kali ini akan aku bahas tentang arti insecure, faktor yang dapat menyebabkan rasa insecure serta beberapa cara untuk mengatasinya, semoga dari artikel ini dapat sedikit membantu teman-teman yang sedang mengalami rasa insecure.

Arti Insecure

Insecure merupakan suatu perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasakan takut, kecemasan berlebihan hingga tak percaya diri akan suatu hal. Insecure tidak baik jika dibiarkan terlalu lama dirasakan oleh seseorang karena pada akhirnya akan berpengaruh pada kondisi mental hingga menyebabkan seseorang akan enggan berinteraksi atau bersosialisasi dengan teman-teman atau di lingkungan sekitar.

Faktor Penyebab Insecure

Rasa insecure bisa terjadi di segala umur, baik usia sekolah bahkan sampai orang dewasa. Insecure bisa disebabkan oleh apa saja, beberapa faktornya seperti : Keluarga, lingkungan, circle pertemanan, ataupun segala perbedaan yang dilihat pada orang lain dan merasa apa yang ada pada orang lain lebih baik dari apa yang dimilikinya.

Beberapa hal yang biasa menyebabkan rasa insecure itu muncul biasanya saat melihat teman sekelas memiliki nilai lebih tinggi, saat rekan kerja mampu selesaikan target pekerjaannya dan mendapatkan pujian dari atasan, saat melihat teman hangout memiliki badan yang lebih proporsional dan kulit yang bagus, saat melihat pencapaian hidup orang lain lebih bagus dibandingkan diri sendiri padahal memiliki usia yang sama, saat melihat teman seangkatan sudah berkeluarga sedangkan kamu masih belum mendapatkan pasangan, saat melihat saudara sendiri lebih baik dari kamu dan terlihat lebih disayang orang tua, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Pada dasarnya insecure berasal dari berbagai pikiran negatif yang ada di kepala, entah karena rasa trauma dan pernah menerima perlakuan yang kurang baik sebelumnya. Sehingga terekam oleh otak dan membuat kita berada pada posisi insecure terhadap segala hal, seperti : Apakah kita akan diterima oleh lingkungan ini? Apakah kita disukai? Apakah kita berbicara dengan benar? Apakah aku sudah cukup baik? Apakah aku kurang cantik? Dan hal lain yang membuat kita kehilangan rasa percaya diri.

Cara Mengatasinya

Tiap Manusia Itu Unik

Basically, manusia diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, tekankan pada diri sendiri bahwa tiap-tiap orang memiliki keunikan dan bakatnya masing-masing, sehingga tidak perlu terlalu mem-push diri untuk menjadi sempurna seperti orang lain, dengan begitu rasa percaya diri sedikit demi sedikit akan tumbuh.

Hindari Hal yang Membuat Tidak Nyaman

Terkadang rasa insecure muncul akibat kita berada pada circle yang salah alias yang menyebabkan toxic. Banyak hal yang tidak ingin kita dengar atau lihat tapi kita tidak enakan dengan orang-orang yang ada di circle tersebut. Jangan takut untuk berkata "Tidak" atau meninggalkan circle tersebut. Mungkin beberapa dari mereka tidak akan mengerti mengapa kita melakukan hal itu, dan akan merasa tersinggung bahkan marah. Jangan pedulikan, karena mental-mu lebih worth dari apapun, fokus saja pada orang-orang yang mengerti dan mendukungmu.

Jadi Diri Sendiri

Baik bagi orang lain belum tentu baik untukmu juga, karena tiap manusia itu unik dan tak ada yang sama termasuk mental dan pikiran, hentikan mematok standar yang dimiliki oleh orang lain kepada diri sendiri karena tiap orang akan memiliki jalan ceritanya masing-masing. Kenapa tidak berfokus dan memaksimalkan keahlian, bakat dan hobby-mu saja? Hal tersebut akan lebih menyenangkan dibandingkan mengikuti standar orang lain, jadilah dirimuu sendiri, and be different!

Cari Teman yang Baik dalam Mendengarkan

Ini adalah salah satu yang peling penting saat kita merasa insecure, bercerita kepada orang lain yang kita percaya dan mengerti keadaan kita yang akan membuat perasaan kita lebih lega dan tenang. Jangan salah memilih teman bercerita, terkadang beberapa teman akan malah menyepelekan perasaan insecure yang sedang kita rasakan alias ga mengerti keadaan kita karena insecure versi tiap orang akan berbeda, hal tersebut malah akan membuat diri kita semakin insecure, hindari teman seperti ini! Terkadang kita hanya butuh didengarkan, bukan untuk dinasehati atau dicarikan solusi, 

Jangan Lupa Bersyukur

Tiap orang pasti pernah mengalami insecure, tapi jangan pernah lupa untuk bersyukur dan lihatlah sesekali ke bawah. Karena masih banyak orang yang tidak seberuntung kita, terus berusaha menerima diri apa adanya walaupun terkadang rasanya sangat sulit dan banyak masalah yang dihadapi. Memperbanyak berdo'a dan berbagi kepada yang lebih membutuhkan/yang keadaannya tidak seberuntung kamu maka itu akan menjadi salah satu obat insecure, InsyaAllah.

Nah, itu dia tulisanku kali ini yang membahas tentang insecure, semoga dapat membantu dan teman-teman yang sekarang sedang merasakan insecure cepat bangkit dan berkarya kembali, Be Your Self and It's Okay To Be Different ❤

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Jakarta Beauty Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger