Memori Smartphone Kecil? Ga Masalah Lagi, Backup Data Aja dengan USB OTG SanDisk

September 24, 2019

Hello.. Apa kabar nih?

Pengalaman Memori Hp Penuh
Pernah ngalamin ga pas lagi asik-asiknya transfer atau edit foto/video, tiba-tiba muncul pemberitahuan di layar handphone bahwa "Ruang penyimpanan tidak mencukupi", pas udah transfer setengah eh malah batal karena memori ga mencukupi karena memori smartphone kecil, khususnya buat aku yang bekerja sebagai blogger dan nano influencer di Instagram yang sering share hasil-hasil foto maupun video tutorial.


Jujur aja, memori smartphone ku itu sangat lah kecil untuk menyimpan dan mengedit video atau install aplikasi editing sering kali harus menghapus aplikasi yang ada, bahkan menghapus foto/video di hp untuk mencukupi ruang pada memori hp. Kadang ngerasa foto/video yang susah-susah kita bikin jadi #DibuangSayang dan terjadilah dilema.

Kenapa ga simpan di komputer aja sih file-nya? atau edit video kan bisa di komputer atau laptop? Bagi aku edit foto atau video lebih nyaman dilakukan melalui smartphone, karena memang praktis dan mengerjakannya juga nyaman, terus kenapa file-file foto/videonya ga disimpan di komputer/laptop aja? Karena harus koneksikan hp ke komputer/laptop itu agak riskan, bisa-bisa smartphone terkena virus dari komputer/laptop, kalau hp rusak kan ga lucu (wong belinya aja susah) 😁


Selain itu, ketakutan yang sering aku alami adalah hilangnya file yang ada di smartphone secara tiba-tiba, entah karena smartphone-nya error atau semacamnya, padahal deadline sudah dekat dan harus upload foto di Instagram, dan foto yang sudah kita dapetin dengan susah payah juga raib, nangis ga tuh kalau mengalami kejadian seperti itu?

Itu lah aku berpikir pentingnya memback-up data juga, supaya kalau kita ga kailangan file-file berharga, tapi mau back-up kemana?

Lalu, Gimana Solusinya?

Pengennya sih beli smartphone baru yang memiliki memori lebih besar, tapi apa daya duit tabungan belum cukup 😂 Kemarin salah satu teman aku nyaranin aku kalau aku bisa menggunakan USB OTG (On The Go) aja karena selain bisa menyimpan file-file yang ada di dalam memori smartphone, menggunakan USB OTG juga sangat praktis, karena bisa di colok langsung di smartphone kita dan bisa langsung dipindah juga ke perangkat komputer/laptop.



Setelah baca sana sini, USB OTG yang bagus dan recomended dan banyak dipakai oleh teman-teman aku adalah USB OTG SanDisk, bentuknya kecil dan super ringan sangat travel-friendly untuk dibawa kemana-mana, selain itu memindahkan file juga adi gampang banget. Dan benar saja, menggunakan USB OTG SanDisk ini ternyata praktis banget, selain bisa menambah memori smartphone ku dengan cara menyimpan file-file penting di sana.


Menurut Hasil Studi Western Digital, Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Managenet Survey, pengguna smartphone di Indonesia terdapat 97% responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka, termasuk aku sendiri yang melakukan berbagai aktivitas pekerjaan melalui smartphone.

Dan fitur yang paling banyak digunakan adalah "Fitur Mengambil Gambar" sebanyak 93%, selain itu beberapa fitur yang juga sering digunakan pengguna smartphone yaitu, menelpon, chatting, merekam video dan mengakses sosial media. Sedangkan data terbanyak yang disimpan pada memori adalah foto (98%) dan video (79%).

Kebanyakan memori yang digunakan pada smartphone rata-rata responden adalah sekitar 16 - 32 GB, dan hampir setengah dari responden (48%) hanya menyisakan memori 1-3 GB saja di smartphone mereka termasuk aku sendiri, yang saat digunakan untuk menginstal aplikasi lain harus menghapus beberapa aplikasi yang ada pada smartphone.

Menurut survey tersebut, setengah dari responden (51%) akan menghapus beberapa data untuk menghemat memori, selebihnya mendapatkan notifikasi kepenuhan memori (26%), terjadi malfungsi pada smartphone (22%), tidak sengaja menghapus data penting pada smartphone (21%) dan kehilangan data akibat virus (18%). Selain itu, Pada survey di atas juga menunjukkan bahwa saat ini sebanyak 80% responden telah menyadari akan pentingnya melakukan back-up data.

Aku sendiri sudah mengalami beberapa hal yang ada diatas, seperti menghapus data-data lain, mendapatkan notifikasi memori penuh setiap saat, sampai hilangnya data penting akibat virus dan file yang rusak. Maka dari itu menurutku sangat penting untuk back-up data agar semua data kita terlindungi atau untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi sesuatu pada smartphone kita.

USB OTG SanDisk adalah jawaban dari masalahku saat ini yang mungkin sudah bertahun-tahun mengalami kekurangan memori penyimpanan pada smartphone, USB OTG Sandisk merupakan solusi dan pilihan tepat dalam melakukan back-up memori karena produk ini sudah terpercaya dan ga diragukan lagi, dan aku jadi bebas berkarya membuat foto-foto produk atau membuat video-video tutorial, memori smartphone kecil? ga masalah lagi tuh!

Jika kalian memiliki masalah yang sama denganku, kalian wajib pakai USB OTG SanDisk juga dan rasakan mudahnya menyimpan atau back-up data/file penting tanpa harus takut kepenuhan memori atau file rusak/hilang pada smartphone, kamu bisa beli di Official Store SanDisk di Shopee. #SanDiskAPAC

You Might Also Like

4 komentar

  1. favorit banget ini. mau kemana-mana pasti wajib dibawa-bawa. simple dan praktis juga

    ReplyDelete
  2. yang wajib jadi andalan ini. si kecil yang banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  3. USB OTG Sandisk memang bisa diandalkan klo lagi bepergian ehhehe

    ReplyDelete
  4. Aku udah pernah ngamin memori penuh gitu mbak, tapi udah nggak lagi sejak ada USB OTG SanDisk heheee

    ReplyDelete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe