Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

25 September 2019

Perbedaan Nyeri Haid Primer dan Sekunder yang Dialami Oleh Wanita


Dismenore adalah sebuah kondisi yang juga dikenal sebagai nyeri haid. Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan hal ini bukan. Memasuki fase menstruasi, sering kali banyak diantara wanita yang mengalami kondisi kurang menyenangkan, seperti diantaranya adalah rasa sakit pada perut hingga kram yang berlebihan, ini kerap kali membuatnya kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan tak jarang diantaranya yang juga mempengaruhi kondisi kesehatan yang lainnya. sehingga tidak boleh disepelekan.


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri saat haid. Pada dasarnya nyeri haid ini sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu:

1.     Nyeri haid primer, yaitu rasa sakit yang disebabkan karena otot rahim tersebut mengalami kontraksi yang cukup kuat. Biasanya muncul di bagian perut bawah, hingga enjalar ke bagian punggung dan juga paha. Rasa nyeri ini akan muncul setidaknya 1 atau 2 hari sebelum menstruasi datang. Bahkan juga akan muncul ketika memasuki fase haid ini. pada saat masuk kedalam fase tersebut, maka biasanya akan disertai dengan gejala-gejala lain, layaknya mual, muntah, lemas, lesu, tidak bertenaga dan masih banyak lagi yang lainnya.

2.     Nyeri haid sekunder, sedangkan ada juga rasa nyeri yang disebabkan karena organ reproduksi wanita mengalami masalah, inilah kondisi yang patut untuk diwaspadai. Umumnya hal ini akan terjadi mulai dari siklus awal bahkan sampai menstruasi tersebut berakhir. Disertai juga dengan beberapa gejala lainnya layaknya diare, badan yang terasa lemas, mual hingga muntah. Hanya saja seiring dengan bertambahnya usia maka rasa nyeri tersebut juga akan berangsur turun atau berkurang.

Jadi patut untuk diwaspadai, dalam kondisi yang normal, umumnya rasa nyeri yang datang pada saat haid ini tetap bisa diobati. Baik itu dengan menggunakan pengobatan secara oral atau pengobatan dari luar yang mudah dan tidak menyebabkan ketergantungan, yaitu mengompres perut. Sekarang ini kompres untuk mengurangi nyeri saat haid ini dapat ditemukan secara mudah di pasaran, yaitu dengan iFree Pad. Mudah cara pakainya dan efektif, temukan di situs resmi Ifreeindonesia.com. 

Dapatkan juga informasi menarik lainnya sumber artikel dari : https://ifreeindonesia.com/laki-laki-apakah-kalian-tahu-bagaimana-rasanya-ketika-kram-haid/

No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)