Inilah Peranan Bakteri Baik Pada Tubuh Manusia

August 16, 2019

Halo teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat ya.

Sebagian orang mungkin menganggap yang namanya bakteri itu merupakan parasit dan menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia, dampaknya bisa berupa apa saja, seperti demam, muntah, sakit perut dan penyakit lainnya yang biasanya disebabkan oleh bakteri.

Peranan Bakteri
Sumber : Hellosehat.com
Namun taukah kalian kalau juga ada beberapa jenis bakteri baik yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia? Bahkan beberapa bakteri baik tersebut dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit termasuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri buruk seperti diare, penyakit kulit dan iritasi usus serta berbagai penyakit yang lainnya.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa bakteri baik dan peranan bakteri baik pada tubuh manusia :

1. Lactobacillus Ramnosus : Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menjaga kesehatan organ hati manusia. Bakteri ini biasanya hidup di sistem pencernaan, saluran kencing, dan kelamin tanpa menyebabkan penyakit. Bakteri baik jenis ini dapat kita temukan pada beberapa makanan fermentasi atau produk olahan seperti susu dan yoghurt dan makanan suplemen. Bakteri Lactobacillus Ramnosus memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, yaitu : 
- Efektif mengobati diare pada anak-anak yang disebabkan oleh virus
- Mencegah diare pada anak yang disebabkan oleh antibiotik
- Mencegah terjadinya diare pada orang dewasa yang dirawat inap
- Mencegah diare saat dalam perjalanan
- Mencegah diare akibat dari pengobatan kanker (kemoterapi)
- Meringankan sakit perut pada bayi
- Mengobati pernyakit usus atau radang usus
- Mengobati sindrom iritasi usus
- Mengobati infeksi organ intim wanita akibat bakteri 

2. Lactobacillus Achidophillus : Merupakan bakteri yang berada pada saluran pencernaan, saluran kemih, dan genital dimana pada jumlah ideal bakteri ini memberikan efek baik pada kesehatan atau yang biasa kita sebut dengan probiotik. Bakteri jenis ini juga terdapat pada beberapa produk olahan yaitu susu dan yoghurt, pada makanan bakteri ini terdapat pada tempe, kacang kedelai, acar, dan lainnya. Bakteri Lactobacillus Achidophillus memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, seperti :
- Menjaga kesehatan saluran cerna pada anak-anak maupun dewasa
- Mencegah dan mengobati diare
- Mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh

3. Lactobacillus Reuteri : Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Sinkiewics, dkk (2008) menyebutkan kalau bakteri Lactoacillus Reuteri ditemukan dalam ASI di selerulun negara di dunia, yang mana ASI merupakan sumber gizi utama bayi pada 6 bulan kehidupan pertamanya. Bakteri ini memiliki beberapa manfaat untuk tubuh anak-anak maupun dewasa, yaitu menurunkan risiko konstipasi fungsional (sembelit) pada bayi dan meningkatkan frekuensi buang air besar.

4. Bacillus Coagulans : Bakteri ini merupakan species bakterin pementuk asam laktat Bakteri ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan bakteri yang lainnya yaitu berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan/kesehatan pencernaan pada tubuh manusia.

5. Lactococcus Lactis : Bakteri ini berfungsi untuk memperbaiki mukosa usus dari peradangan usus, bakteri ini biasanya ditemukan pada keju, mentega, dan yoghurt.

6. Bifidobacterium : Merupakan satu genus bakteri asam laktat yang hidup didalam usus besar manusia dan hewan. Bakteri ini memiliki beberapa manfaat untuk tubuh manusia, diantaranya yaitu :
- Mampu menghasilkan vitamin B-kompleks yang bermanfaat bagi tubuh
- Membantu pengaturan diet bagi sebagian manusia yang menderita kondisi liver tertentu
- Mencegah bakteri yang mengubah nitrat (pada air dan makanan) menjadi nitrit yang merupakan penyebab kanker.

Itu dia beberapa jenis bakteri yang baik dan peranannya terhadap tubuh manusia, ternyata ga semua bakteri itu jahat ya, asalkan jumlahya sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe