Menemukan Solusi dari Masalah Belajar

May 22, 2019

Ujian Nasional memang selalu menjadi beban bagi semua siswa sekolah, baik dasar, menengah pertama dan menengah akhir. Terutama untuk siswa SMA, selain mereka harus mempersiapkan Ujian Nasional mereka juga harus belajar untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Tentu saja masuk ke Perguruan Tinggi Negeri menjadi sebuah impian bagi seluruh siswa kelas 3 SMA. Namun untuk meraih itu tidaklah mudah, selain persaingan yang sangat ketat karena diikuti oleh seluruh siswa SMA se-Indonesia, jurusan yang diinginkan juga mempengaruhi seberapa tinggi nilai yang harus diraih.

Aku punya adik perempuan yang sedang berjuang untuk menghadapi Ujian Nasional dan SBMPTN. Dia sangat ingin bisa berkuliah di Universitas Indonesia dan mengambil jurusan Hubungan Internasional. Belakangan ini dia sering terlihat uring-uringan karena pusing belajar. Akhirnya aku ngasih dia Tips Sukses SBMPTN yang pernah aku jalani pas aku SMA dulu. Tapi aku tanya dulu apa masalahnya, kenapa dia terlihat sangat stress dengan kegiatan belajarnya belakangan ini.

Setelah dia bercerita panjang lebar, akhirnya aku paham masalahnya. Dan tidak salah lagi, masalah yang adik aku punya sama seperti masalah yang aku hadapi dulu. Dia merasa cepat bosan saat belajar, namun dia harus terus belajar karena dia perlu memahami materi yang belum dikuasainya.

Aku langsung sarankan dia untuk memberikan tips sukses SBMPTN dengan berlangganan di Ruangguru. Karena solusi dari semua masalah belajarnya ada di Ruangguru. Aku sarankan dia untuk ikut bimbel online dari Ruangguru. Adik aku awalnya gak tertarik sama tawaran aku, tapi aku kasih dia 4 poin penting ini kenapa dia harus belajar di Ruangguru.

  1. Belajar lebih menyenangkan di Ruangguru. Karena menggunakan sistem online, Ruangguru bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Adik aku gak perlu pergi ke tempat bimbel yang jauh dan memakan banyak waktu di perjalanan. Dia bisa belajar dimanapun dia mau, seperti di rumah atau di kafe jika dia bosan di rumah.
  1. Di Ruangguru ada yang namanya ruangbelajar. Di ruangbelajar, adikku bisa mendapatkan video belajar yang dikemas dengan menarik dan tidak membosankan seperti baca buku. Selain itu disediakan juga latihan soal dan pembahasannya. Jadi kalo mau mempertajam materi, adik aku bisa mencoba menyelesaikan soal-soal tersebut dan melihat seberapa paham dia akan materi yang sedang dia pelajari.

  1. Tutor yang mengajari materi adalah master teacher yang sudah sangat berpengalaman dan merupakan lulusan dari universitas negeri terbaik di Indonesia. Sehingga materi yang disajikan mudah untuk dipahami oleh siswa.
  1. Bimbel online ini juga terbilang murah. Berlangganan di Ruangguru dengan membayar 350 ribu, adik aku udah bisa belajar online dengan mengakses ribuan video belajar, latihan soal dan pembahasan, serta rangkuman dari setiap materi pelajaran,


Tips Sukses SBMPTN dari aku ini disebarkan juga oleh adik aku ke teman-temannya di sekolah. Dan akhirnya mereka juga bergabung dan berlangganan bimbel online di Ruangguru. Aku jadi merasa sangat membantu adik aku dalam menghadapi masa-masa akhir sekolahnya.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe