Jenis-Jenis Luka dan Perawatannya

May 27, 2019


Kamu juga bisa mengobati luka bakar tingkat 2 di rumah. Luka bakar tingkat 1 dan luka bakar tingkat 2 yang ringan tetap menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasi rasa sakitnya, Kamu bisa mengaplikasikan lotion pada luka tersebut, yang pertama Lotion, Beberapa dokter merekomendasikan menggunakan lotion seperti Vaseline Intensive Care untuk luka bakar tingkat 1 dan tingkat 2 yang kulitnya tidak mengalami kerusakan parah. Lotion khusus untuk kulit seperti itu bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal. Namun, jangan gunakan lotion seperti itu jika luka bakarnya mengeluarkan cairan atau jika kulit mengalami kerusakan parah, selain lotion penggunaan salep untuk luka bakar juga bisa menjadi solusi. 

Sumber : Halodoc.com
Selain itu Obat antihistamine seperti obat benadril juga bisa membantu meredakan rasa gatalnya. Sebelum menggunakannya, pastikan Kamu sudah membaca dan mengikuti prosedur pemakaian sesuai pada kemasannya. Saat luka bakar tingkat 1 atau luka bakar tingkat 2 ringan sudah berusia 2 – 3 hari, Kamu bisa mengoleskan lidah buaya yang sudah diblender untuk mempercepat proses penyembuhannya. Kamu juga perlu melindungi luka bakar tersebut selama proses penyembuhan. Luka bakar yang baru sembuh masih sensitif terhadap suhu. Luka bakar yang sedang dalam proses penyembuhan harus dilindungi dari suhu dingin, karena bagian luka bakar tersebut memiliki risiko terkena radang dingin, kondisi dimana kulit membeku dan rusak akibat suhu dingin.

Luka bakar baru juga mudah terbakar sinar matahari. Oleh sebabnya, gunakan tabir surya yang mengandung pelindung dari sinar matahari yang tinggi (SPF diatas 30) selama 1 tahun sejak terkena luka bakar. Jangan merokok karena bisa memperlambat proses penyembuhan. Merokok akan menurunkan suplai darah dan menunda perbaikan jaringan. Gejala yang Perlu Diwaspadai Selama Perawatan Luka Bakar Di Rumah, Hubungi dokter jika Kamu mengalami hal-hal seperti, Rasa sakitnya meningkat Kesulitan bernapas, Mengalami gejala infeksi, Gejala-gejalanya menjadi semakin parah, Tips-tips di atas bisa membantu Kamu mengetahui bagaimana mengatasi luka bakar secara tepat. Luka bakar tingkat 1 dan tingkat 2 masih bisa diobati dan dirawat di rumah. Luka lama sembuh dengan perawatan secara intensif di rumah atau anjuran dari dokter untuk luka bakar.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe