Keuntungan QRIS Yang Didapatkan Untuk Merchant

April 22, 2024

Sekarang ini biasanya orang tidak akan khawatir lagi ketika tidak membawa dompet. Karena untuk pembayaran dan transaksi dapat dilakukan menggunakan smartphone yang dipunyai lewat pembayaran online. 

Sumber : Freepik

Salah satu pembayaran yang dapat digunakan oleh konsumen adalah QRIS yang tersedia bisa dari bank maupun aplikasi dompet digital. Sehingga akan memudahkan pembayaran yang dilakukan walaupun tidak membawa uang tunai maupun kartu kredit atau debit yang biasanya digunakan.

Selain untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi konsumen yang ingin melakukan pembayaran. Keuntungan dari penggunaan layanan QRIS juga memberikan keuntungan bagi merchant yang menyediakan pembayaran menggunakan metode tersebut. 

Di mana untuk QRIS dapat digunakan bagi pada pedagang, perusahaan, dan juga bisnis yang menerima pembayaran dari klien atau konsumen. Untuk keuntungan dan berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh merchant yang menyediakan layanan QRIS untuk pembayaran antara lain:

1. Memberikan alternatif pembayaran untuk konsumen
Konsumen biasanya mempunyai banyak pilihan untuk melakukan pembayaran. Dari mulai yang paling banyak tentunya menggunakan sistem konvensional dengan uang tunai. Sehingga masih banyak orang yang ingin membayar dengan uang tunai ketika melakukan pembelian atau menggunakan jasa. Terutama ketika melakukan pembayaran yang nilainya tidak besar. 

Banyak orang juga masih akan lebih tenang ketika menggunakan uang tunai atau menyimpan tunai untuk pembayaran, sehingga masih menjadi pilihan banyak orang. Akan tetapi selain dengan uang tunai, konsumen juga mempunyai banyak pilihan lainnya untuk pembayaran. Seperti konsumen tentunya akan bertanya cara pembayaran lainnya yang disediakan oleh merchant termasuk pembayaran menggunakan QRIS. 

2. Transaksi menjadi lebih efisien
Sebagai merchant tentunya perlu untuk menyediakan uang yang bisa digunakan untuk kembalian ketika konsumen membayar dengan uang tunai. Hal tersebut akan menjadi masalah ketika konsumen membayar dengan uang yang nilainya besar dan Anda tidak mempunyai kembalian. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menawarkan pembayaran yang lebih efisien menggunakan QRIS. 

Sehingga dengan menggunakan QRIS akan membuat transaksi yang dapat dilakukan menjadi lebih cepat dan efisien, sehingga membuat pelanggan juga akan lebih puas dan tidak mempunyai kesan yang jelek pada merchant. Dengan menyediakan pembayaran menggunakan QRIS dapat membantu untuk menjaga kepuasan yang diberikan pada konsumen dapat melakukan transaksi dengan uang digital yang lebih efisien.

3. Bisa memberikan keamanan
Bagi merchant yang menerima uang juga mempunyai beberapa isu mengenai keamanan. Seperti kehilangan uang apabila terjadi perampokan, menerima uang palsu, dan juga berbagai hal lainnya. Dengan menerima pembayaran cashless maka hal tersebut akan membuat lebih tenang karena uang yang tersimpan di kasir juga tidak terlalu banyak.

Hal ini juga menghindari resiko karyawan yang berbuat curang mengambil uang tunai sehingga membuat kerugian bagi merchant, karena pembayaran yang dapat dilakukan dengan lebih aman menggunakan QRIS.

4. Melakukan pemantauan transaksi menjadi lebih mudah
Merchant yang menggunakan pembayaran QRIS mempunyai keuntungan karena bisa melakukan pemantauan transaksi yang dapat dilakukan, sehingga menjadi lebih mudah. Merchant dapat untuk mempunyai catatan keuangan yang lebih baik dan rapi dari laporan keuangan yang bisa diberikan oleh transaksi menggunakan QRIS. 

Sehingga dengan mempunyai laporan keuangan yang baik tersebut akan mengetahui keadaan keuangan bisnis yang dipunyai lebih baik, sehingga bisa menentukan langkah untuk mengembangkan bisnis berdasarkan kondisi keuangan dari melihat analisa transaksi dari laporan QRIS yang didapatkan.

Bagi merchant yang menggunakan dan menyediakan pembayaran menggunakan QRIS untuk konsumen dapat menerima banyak keuntungan karena lebih aman, praktis, dan bisa memberikan kepuasan untuk pelanggan dengan pembayaran yang lebih mudah. Bergabunglah menjadi merchant BCA yang memberikan cara pembayaran yang beragam termasuk juga menerima QRIS untuk cara pembayaran digital.

Merchant BCA juga menerima laporan keuangan secara real time dari notifikasi setiap transaksi yang dipunyai sehingga bisa melakukan pemantauan dengan lebih baik. Unduh aplikasi merchant BCA di link berikut ini untuk pengguna Android dan untuk pengguna iOS bisa klik link berikut ini.




You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^