Drama Banget! Mata Kering Bikin Pandangan Nge-Blur dan Kedip-Kedip

January 07, 2024

Halo, teman-teman! 

Apa kabarnya, nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat, ya. 

Aku mau cerita, nih. Awal mula aku mengalami masalah pada mata sejak aku masih kuliah (masih gemoy-gemoy nya gitu). Masalahnya apa? Pandanganku suka nge-blur alias kabur atau mirip-mirip kali ya sama rabun. 

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering
Insto Dry Eyes Bestie-nya Content Writter

Kuliah mengharuskan aku sering bertatapan dengan layar komputer & laptop, bahkan biasanya bisa tahan tatap-tatapan sampe tengah malam demi mengerjakan tugas. 

Tapi, aku belum ngeh sama sekali apa penyebab mataku nge-blur, rasanya ga nyaman banget apalagi pas belajar di kelas. Aku udah kaya murid teladan aja, duduk harus dibarisan paling depan biar jelas lihat materi. 

Hal tersebut berlangsung hingga aku lulus kuliah dan akhirnya bekerja. Oh ya, dulu aku kerja di salah satu sekolah swasta di Banjarmasin sebagai Kepala Administrasi. Tiap hari aku menempuh jarak 20km PP menggunakan motor. 

Rekan kerja aku waktu masih ngantor 😆

Selain bekerja offline, aku juga kerja online sebagai content writter & content creator di berbagai platform sosial media (kerja keras bagai quda tapi ga kaya-kaya wkwk) 

See? Pekerjaan aku mengharuskan aku untuk face to face dengan layar komputer, mau itu di tempat kerja maupun di rumah. Hal tersebut rupanya Makin memperparah pandangan nge-blur tadi dan bikin mata aku kedip-kedip dengan intensitas yang (kayaknya) ga normal, sampai-sampai ada salah satu siswa yang notice, bilang "Ibu kenapa matanya kedip-kedip terus? Sering banget lagi kedipnya".

Of course, aku malu banget dong sampai siswa di sekolah aja notice hal tersebut, nanti aku dikira cacingan lagi #eh. Usut punya usut, setelah baca-baca, sering kedip dan kadang nge-blur itu merupakan gejala mata kering: mata pegel, mata sepet, mata kering karena kekurangan cairan/pelumas.

"Berkedip merupakan salah satu cara alami tubuh untuk membersihkan selaput lendir mata dan mengalirkan air mata ke permukaan mata agar jaringan terlumasi dan sehat"

Jelas aja, faktor sering menatap layar smartphone, komputer, ditambah aku punya perjalanan pulang-pergi kerja yang terbilang jauh sampai mataku selalu tertiup angin jalanan yang berdebu bikin makin kering bikin sepet dan mudah iritasi yang akhirnya membuat mata jadi terasa gatal, kering, lelah hingga bikin aku kedip-kedip ga jelas (padahal aku lagi ga flirting sama siapa-siapa huft). 

Asli, drama banget deh! Malu banget, ternyata begitu pandangan sebagian orang ke aku (bagi yang notice) dan aku yakin siswa atau orang lain yang sering ketemu aku pasti notice hal tersebut juga, cuma siswa satu ini memang anaknya cukup kritis, makanya dia berani ngomong, hehe Gwenchana.. Daijobu.. 

Aku sering banget padahal mengeluhkan masalah mata aku di rumah ke ortu. Mulai dari disuruh pakai kacamata, sampai dapat ceramah panjang lebar dari emak, seperti : "Makanya, jangan main hp teros, makanya jangan Fb-an mulu, makanya kalau baca buku atau main hp jangan sambil rebahan, makanya kalau lampu kamar udah redup itu langsung tidur bukannya main hp atau buka laptop". Dan masih banyak lagi. 

Tapi jujur, aku tipe orang yang males banget pakai kacamata karena aku ga punya hidung sehingga kalau pakai kacamata selalu melorot, maksudnya bukan ga punya hidung kaya Voldemort juga.. Punya, tapi kurang berada aja batang hidungnya. Ditambah kulit mukaku tipe oily, makin kaya prosotan lah itu kacamata meluncur ke ujung hidung aku dan akhirnya jatoh. 

••••••

Beberapa akibat mata kering lainnya yang aku alami :

  • Pandangan nge-blur
  • Sering kucek-kucek mata karena gatal
  • Gara-gara di kucek terlalu sering mata jadi merah
  • Mata cepat lelah
  • Ketika mata nge-blur sulit untuk mengenali orang pas ketemu di jalan sehingga kerap kali aku dibilang sombong (ckck) 
  • Dikira cacingan karena mitos disini beredar kalo sering kedip-kedip artinya itu (halah)
  • Mata terlihat seperti orang yang lelah, ga fresh, kaya orang ngantuk sepanjang hari
  • Masih banyak drama lainnya yang aku alami gara-gara kondisi mata kering

Akhinya, Ketemu Solusi Mata Kering

Aku baru ngeh loh tentang bahaya mata kering setelah bertahun-tahun mengalaminya dan aku memang sangat denial terhadap kesehatan mata sendiri sampai banyak drama yang membuat aku tersadar. 

Mata kering yang dibiarkan berlarut-larut ternyata bisa menyebabkan infeksi mata,  kerusakan kornea mata hingga kehilangan penglihatan karena pengaburan penglihatan yang terus meningkat. Ngeri juga sih ternyata. 

Solusi Mata Kering
Tetes Insto saat mata kering

Aku akhirnya mencoba untuk mencari Solusi mata kering yang selama ini mengganggu banget, terlebih sama penampilan (masa cantik-cantik kedipan terus.. Mohon maaf kalo sakit perut wkwk). 

Hal ini aku lakukan juga demi ga memperburuk kondisi mata yang diakibatkan oleh mata kering karena walaupun aku sudah berhenti dari pekerjaan offline, aku masih menekuni pekerjaan online hingga saat ini yang mengharuskan hampir setiap hari menatap layar gadget yang menjadi penyebab utama mata kering. 

Insto Dry Eyes sebagai Solusi Mata Kering

Yup, aku pilih untuk menggunakan obat tetes mata yang di khususkan untuk mengatasi mata kering. Kenapa harus INSTO DRY EYES? Simple, sih. Karena Insto adalah merk terpercaya sejak dulu dan Insto memiliki produk khusus untuk mata kering. 

Insto Dry Eyes

Aku juga ga berani mencoba merk baru, kalau udah pernah pakai satu merk, eh ternyata bagus dan cocok, aku pasti gamon banget

Kandungan dan manfaat Insto Dry Eyes juga bagus, seperti :

  • Mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering
  • Mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata
  • Tersedia dalam ukuran 7,5 ml yang travel-friendly dan praktis
  • Insto Dry Eyes mengandung Hydroxpropyl Methylcellulose 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg
_____________

Makan Banyak Sayur dan Buah

Selain rutin menggunakan Insto Dry Eyes, aku sekarang juga menjaga asupan nutrisi terlebih makanan yang baik untuk mata, seperti sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin A, C, dan banyak lagi deh. Minuman-minuman kaleng yang tinggi kadar gula sebisa mungkin aku hindari atau berusaha mengonsumsinya se-jarang mungkin, karena jika kadar gula didalam tubuh tinggi akan mempengaruhi pada kesehatan mata juga. 

Insto Dry Eyes
Aku rutin makan salad sayur

And now, here I am.. Sekarang usia udah 36, setelah bertahun-tahun struggle dengan mata blur, sepet, yang bikin sering kedip-kedip. 


Solusi Mata Kering

Insto Dry Eyes ini cocok banget, mataku seperti menemukan jodohnya yang telah lama dicari-cari. Kedip-kedip maupun nge-blur nya udah berkurang jauh, soalnya mataku udah ga kering lagi. Setiap merasa mata mulai kering aku tetesin segera Insto Dry Eyes yang bikin mata jadi fresh dan adem. 

Tetes mata ini benar-benar nyaman, ga meninggalkan rasa perih atau sepet saat diaplikasikan pada mata. 

Mata udah ga merah lagi akibat dikucek dan ga kedip-kedip lagi kaya orang flirting 😄 Jadi makin percaya diri lah kalau ketemu orang, no drama-drama lagi karena dibilang sering kedipan hehe. 

Insto Dry Eyes

Pokoknya, aku selalu siap sedia #InstoDryEyes dimanapun dan kapanpun sebagai #SolusiMataKering 😊 Info lebih lanjut kunjungi Instagram Insto (@insto.id) atau Facebook (Buka Mata Buka Insto).Jangan sampai Mata Kering Bikin Drama lagi ya. 


Buat para blogger, khususnya perempuan bisa gabung & follow akun Instagram Blogger Perempuan (@bloggerperempuan), Facebook (Blogger Perempuan Network), dan Twitter (BPerempuan) biar dapat berbagai info dan kegiatan menarik seputar dunia blog 🥰

You Might Also Like

26 komentar

  1. Aku malah punya kebiasaan bawa insto kemana2. Alasannya karena mataku seperti ada magnetnya, gampang bangeet kelilipan.
    Apalagi kalo naik motor, wajib helm dan kacamata dan insto di bagasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr.. Naik motor kemana2 harus bawa Insto sih kak, debu banget soalnya

      Delete
  2. Insto ini jadi andalanku banget kl lagi traveling yang harus berhadapan dengan berbagai macam jenis cuaca. Kalau kering, ditetesin ini rasanya seger banget. Selain aku juga setuju kalau kesehatan mata harus dijaga juga dari dalam salah satunya dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Dan, salad sayur itu boleh banget dijadikan pilihan sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, harus dibarengi juga dengan makan makanan yang sehat

      Delete
  3. Mata kering emang bikin tidak nyaman. Serasa gak sakit tapi beneran menganggu. Meneteskan Insto beneran bisa jadi solusinya lho. Saya dan suami juga sering pakai Insto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan dong kak, sekarang aku wajib bawa Insto kalo pergi kemana-mana

      Delete
  4. Eh iya, mata saya sering kedip-kedip eh tepatnya kedutan sih, sepet, ngeblur. Nggak nyaman banget.
    Dan memang bener, Insto dry eyes tuh membantu banget mengurangi gejala nggak nyaman dari mata kering.
    Wajib banget stock Insto di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, bikin sering kedip2 kalo sepet dan kering matanya.. Ga nyaman banget. Untung sekarang ada Insto ya kak

      Delete
  5. kalau mata udah sering kedutan berarrti harus diwaspadai deh ya.
    Soalnya daku juga kek gitu, semisal kelamaan mantengin layar gadget, eh jadi sering kedutan terus gak lama bagian mata gak nyaman gitu

    ReplyDelete
  6. Eeehh sama banget Mbak. Saya tuh kalo gak sadar sudah kelamaan di depan layar laptop, penglihatan tuh jadi blur dan langsung berkunang-kunang. Ternyata itu karena mata kering ya. Dah emang bener deh nyetok INSTO DRY EYES di dalam kotak obat. Biar kasus seperti ini bisa langsung ditangani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelamaan depan gadget bikin mata ga nyaman ya kak, Drama banget kalau mata kering. Untung sekarang ada Insto Dry Eyes

      Delete
  7. Sering kedip-kedip, sampai siswanya pun melihat sebagai hal yang nggak wajar. Duh kan repot ya kalau kedip-kedipnya di tempat umum, ntar dikira godain laki orang hehehe....
    Untung udah nemu penawarnya ya mbak, insto dry eyes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw iya kak, perkara mata sepet jadi dia kedip terus.. Tenang, sekarang ada Insto kok

      Delete
  8. Saya kalau mengalami mata lelah langsung rebahan deh. Dan ternyata ga perlu rebahan mata bisa kembali fit. Pakai insto Dru eyes merupakan solusi banget untuk mata kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Istirahatkan mata tuh penting banget ya kak, kalau sampai lelah ya macam2 akibatnya

      Delete
  9. Saya sangat menegah mata kering ini, Mbak. Karena kalau lalai, mata kering bisa menyebabkan kebutaan. Bisa drama besar ini, karena otomatis menganggu mata pencaharian juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak serem ya kak kalo mata kering dibiarin aja.. Huhu

      Delete
  10. klo udah capek baca atau scroll hp , biasanya saya ngambil waktu jeda dulu mba. Kasian juga matanya klo diajak kerja trus. Tapi klo rasanya butuh obat, sekarang no worries lagi, karena ada insto dry eye ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, ga kerasa sih mata ini sebenarnya yang paling kerja keras. Istirahat perlu banget diar ga drama

      Delete
  11. Insto Dry Eyes sahabat sejatiku nih
    Wajib ada di tas dan sekitar meja kerja
    Agar ketika mata sepet dan gatel karena kelamaan di depan laptop
    Bisa kembali fresh dan nyaman lagi

    ReplyDelete
  12. Gejala mata kering kalau gak segera diobati tuh bisa semakin parah yaa..
    dan Insto Dry Eyes bisa menjadi solusi agar mata tetap sehat berbinar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa drama banget kalo mata kering. Untung sekarang ada Insto

      Delete
  13. Kelamaan menggunakan gadget memang rentan membuat mata kering, rasanya mata sepet dan pegel. Tapi untung ada Insto Dry Eyes, jadi andalan mengatasi mata kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbak, udah no worries lagi sih. Tp perlu juga mengistirahatkan mata dan jangan terlalu di forsir ❤

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^