Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

16 November 2011

Ada perbedaan yang sangat mencolok antara negara ini dan negara tetangga, khususnya dalam dunia pendidikan.. ga usah jauh-jauh membandingkan nya dengan sekolah di Amerika ato Inggris sana, hehe.. kita lihat keadaan Sekolah Dasar di negeri tetangga kita sendiri, yaitu Singapura..


Hampir seluruhnya sekolah-sekolah yang ada di Singapura memiliki Bangunan sekolah yang besar, kokoh dam megah



Didalam kelas, mereka belajar menggunakan touchscreen board, ga ada lagi sejarahnya papan tulis yang terbuat dari kayu disana hehe


Meja guru disana seperti gambar di atas, dibuat senyaman mungkin agar guru betah berada di sekolah. Diberikan fasilitas yang lengkap serta meja diberi sekat depan, belakang, kiri dan kanan antara guru-guru yang lainnya.


Semua siswa sekolah dasar sudah menggunakan komputer canggih di meja nya masing-masing, entah lah.. apakah buku tulis masih digunakan disana.. hahaha



Sekarang kita lihat gimana kondisi sekolah di Indonesia, memang sih sudah mulai ada sekolah yang memiliki fasilitas lengkap seperti yang diatas, tapi hanya segelintir orang aja yang bisa menikmati sekolah yang kaya gitu.. ga terjangkau untuk seluruh kalangan masyarakat ^_^

Dinding kelas yang terbuka lebar, ga bisa dibayangin kalo hari itu sedang ujan, gimana belajar nya ya? ckck kesian T.T

Tetep berangkat kesekolah walaupun sedang hujan.. hehe ga pake sepatu, cuma pake sendal dan jalan kaki ^_^


Susah nya jalan menuju sekolah.. ayah rela membantu, mengantarkan sampai keseberang jalan


Meja belajar seadanya, lantai tanah, dan keadaan seadanya ga menyurutkan niat para murid untuk belajar

Percaya atau ga, masih aja ada sekolah yang seperti ini, belajar ditengah keterbatasan dan perasaan yang ga tenang kalau suatu waktu bangunan yang ga kuat itu roboh


Sekolah-sekolah yang banyak memiliki keterbatasan dan dimasukkan kedalam kategori yang kurang layak tersebut ga hanya ditemui di pelosok-pelosok negeri ini, bahkan diperkotaan atau kota-kota besar pun masih banyak... >.<
Tapi.... ditengah segala keterbatasan itu, mereka tetap semangat pergi sekolah, jalan yang sulit ditempuh, ruang kelas yang ga nyaman, dan ditengah perasaan ga tenang saat belajar, ga menyurutkan semangat mereka menuntut ilmu.. mereka ga kalah dengan siswa negara-negara tetangga.. sesuatu yang berbeda itu lah yang membuat mereka terus bersemangat bersekolah dan menuntut ilmu...Saluuut buat kalian.. ^_^/

15 November 2011

Sekarang lagi rame-rame nya di siarkan di TV tentang pembantaian besar-besaran Orang Utan di Kalimantan Timur, katanya sih Orang Utan tersebut menjadi hama di lahan perkebunan kelapa sawit setempat. Padahal kan Orang Utan adalah hewan yang keberadaan nya dilindungi oleh negara dan sudah mulai langka. Menurut sebuah sumber, sekitar 700 ekor Orang Utan di bunuh setiap tahunnya di Kalimantan Timur ckckck lama kelamaan abis nih species Orang Utan.

Kenapa mereka menyerang perkebunan kelapa sawit setempat dan memakan sawit-sawit yang ada?? jelas lah... karena habitat asli mereka sudah di babat habis, yang awalnya hutan lindung berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit, kemana lagi mereka mencari makan?? ke kota? mini market?
Kesian juga liat foto-foto pembantaiannya di media cetak maupun di televisi.. kejam beeuud sih manusia huhuhu

Pembukaan lahan di Indonesia untuk memenuhi tingginya permintaan dunia akan kelapa sawit jelas menimbulkan ancaman serius bagi lingkungan, khususnya buat Indonesia sendiri. Gimana ga, hutan lindung yang fungsinya penghasil oksigen, penyerap air hujan agar tidak banjir, dibakar dan dibabat habis tanpa sisa serta lahan gambut juga dikeringkan untuk perkebunan, dari situ bisa menimbulkan emisi gas karbon dioksida dalam jumlah besar ke atmosfer loh..!
Industri kelapa sawit emank terdapat pro dan kontra, bagi yang mengejar keuntungan ato uang ato yang biasa disebut dengan investor (khususnya investor asing), ini memang merupakan prospek yang cerah sehingga mereka gencar-gencarnya mengembangkan perkebunan kelapa sawit secara terus menerus pada daerah yang dinilai berpotensi sampai-sampai ga mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan. Ga cuma Orang Utan ato hewan-hewan lain yang akan kehilangan habitat aslinya, tapi bencana juga akan menimpa manusia itu sendiri huhuhu... Perkebunan kelapa sawit kan ga bisa nyerap air secara maksimal seperti hutan lindung. Kalo pembukaan lahan ini dilakukan terus menerus tanpa adanya AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang baik ini akan menjadi bom waktu bagi manusia itu sendiri. Serem deh ngebayangin nya apa yang bakal terjadi ntar... >.<

Berbanding terbalik dengan perkebunan kelapa sawit, hutan lindung sangat kaya akan manfaat bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada didalamnya maupun bagi manusia.
Manfaat nya bisa mencegah banjir, erosi, melindungi hewan tertentu dari kepunahan, serta pemelihara kesuburan tanah.. dan yang ga kalah pentingnya, hutan adalah penghasil oksigen.. yang kita perlukan untuk hidup gan! >.<

Wettsss... seorang anak Geografi ngomong tentang lingkungan nih, udah lama ilmu nya ga kepake, hampir berdebu.. hohoho ^0^v
Oke deh, yang penting kesadaran akan pentingnya memelihara lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dulu yah..! kalo ga kita yang mulai, lalu siapa lagi?? (hahaha kaya iklan)

Sekarang nih lagi banyak-banyak nya orang 4L4Y, termasuk di dunia maya facebook, salah satu cirinya dapat dilihat dari gaya tulisan seseorang yang aneh dan diluar nalar serta akal sehat, wkwkwk liat deh di beranda kalian pasti ada salah satu, salah dua, salah tiga yang tulisannya aneh-aneh, huruf besar campur-campur huruf kecil ato dalam penulisan huruf dicampur dengan angka, yaa kayak gini nih ----> '4L4Y' hahaha


4L4Y terbagi menjadi 4 strata, sebagai berikut :

1. 4L4Y Beginner
Alay tahapan pemula adalah alay-alay yang baru mencoba-coba untuk menjadi alay. Biasanya adalah para ABG-ABG labil yang masuk tahapan ini. Alay seperti ini biasanya adalah alay-alay yang sok imut atau mereka-mereka yang mulai menambahkan atau mengganti beberapa huruf yang wajar menjadi huruf yang agak ribet dan ruwet. Contoh: “seNank dech haTi sAaiia.. taDi paGi dianTeRin aMa paCaL duNd.. tapi biNund juGa, tumbEn yaCh paCaL ku saAiianK maO anTeL??” Biasanya, dalam tahapan ini seorang alay belum benar-benar menjadi alay. Mereka baru dalam tahap mencoba-coba untuk menjadi seorang alay.
(Sepertinya ade ku sendiri masuk tahapan 4L4Y seperti ini, cek deh di status-status nya Nahda Muzlena.. wkwkwkwkwk)

2. 4L4Y Intermediate
Alay menengah nggak jauh beda dengan alay pemula. Bedanya, pada tahapan ini biasanya para alay mulai menggunakan tambahan huruf-huruf di suatu kata yang lebih ekstrim dan makin ribet dibaca. Dan dalam tahapan ini, biasanya para alay juga udah menetapkan dan memantapkan pilihan hidup mereka untuk menjadi seorang alay (lebay). Contoh: “hErandTh juJJa.. kOgh, cAaiiaa gUgh iCa nGwerJaiNth sOaL mTemaTikha yUaaccH..? kaTa paCaLd, aaiiOO sEmaNgadTh beLaJard.. bIaL piNteRd..”
(Hagghhh... please deeeeh... baca ini serasa baru bisa mengeja, lamaa baru selese baca nya selain itu otak juga menolak mencerna kata-kata nya)

3. High Level Of 4L4Y
Alay tingkat atas biasanya selalu menggunakan bahasa-bahasa yang saya bahas sebelumnya, dengan juga menggabungkan angka untuk mengganti beberapa huruf. Contoh: “DucH Gw4 5aiianK b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aLin akYu ya B3ibh”. Alay seperti ini berpotensi untuk masuk tahapan keempat, tahapan yang paling diidam-idamkan oleh para alay. Dan merupakan kasta tertinggi dalam strata alay ini. (wkwkwkwk no comenk deh klo yg ini, bikin speechless)

4. The King Of 4L4Y
Inilah raja dari segala raja alay. Alay yang selalu diagung-agungkan oleh para alay. Alay yang selalu menjadi panutan. Alay yang merupakan pemimpin tertinggi dari para alay. Alay tahap ini merupakan alay sejati, yang persentase ke-alay-annya udah nggak diragukan lagi. Mereka-mereka yang termasuk dalam alay tahap ini biasanya telah menemukan jati dirinya sebagai alay sejati. Setelah sekain lama mencari jati diri (jadi tukang odong-odong nggak cocok, jadi dokter nggak bisa) akhirnya mereka menemukan juga jati diri yang sebenarnya : MENJADI ALAY. Alay tahap ini dalam sehari-hari selalu meggunakan bahasa alay kebanggaannya, dan malah mulai menambahkan tanda seru untuk mengganti huruf “i”.
Contoh: “hErandTh s4iiA m4 bH5a aLLa!! ii4nK an3H bIn nGaCo, Pi mAsEEch bNya6h aJj4 i!Ank m4k3.. p4kE iiAnK n0rMaLd Jj4 dUmMzz.. bH4sa gN!! m4h b!kiNdTh paLa pUs!inK dUaMzZ..”

Jadi, kamu termasuk strata 4L4Y yang mana? wkwkwk


9 November 2011


Kalian udah pasti tau kan ya sama motivator yang bernama Mario Teguh? pasti udah sering nonton acaranya di salah satu stasiun tv swasta kan?? saya juga sering nonton loh.. hehe emang Pak Mario Teguh seorang motivator hebat yang pandai merangkai kata-kata dan syarat akan makna. Tapi kadang-kadang saya juga kesulitan memaknai kata-kata beliau tersebut. Tapi... Tapi... Tapi... berbahagia lah orang-orang yang seperti saya yang kadang-kadang sulit untuk memahami kata-kata motivasi yang sumtimes bahasanya terlalu berat dan terlalu resmi hingga sulit dicerna otak. hahaha o'on beudd sih saya..
Sekarang telah hadir motivator baru kita yang datang dengan kata-kata motivasinya yang penuh makna, singkat, jelas, padat, bahasa yang ringan dan mudah dipahami walaupun kadang kata-katanya agak nyeleneh sedikit.. (kayak iklan) it's doesn't matter lah bagi saya hohoho

Dia adalah.... Mario Tengil..

Begini nih contoh kata-kata motivasi dari dia :


"Percuma berjuang demi cinta kalo restu dari orang tua belum diterima" (Haisss... nyindir saya nih orang, untung saya udah putusan )

"Ciee.. Ciee.. yang bikin status "Like status aku masuk surga" emank nya yang nentui masuk surga itu like status?? bukan amal perbuatannya??" (hahaha iya tuh, orang dipaksa buat like.. tapeee deeehh..)

"Cuma mo ngingetin yang JOMBLO aja, jangan sering begadang, tar low sakit ga ada yang merati'in" (Sorry yee.. biar saya jomblo tapi banyak ko yang meratiin.. weeee! )

"Mantan yang suka membicarakan keburukan kamu kepada teman kamu adalah mantan yang baik, baik untuk di hajar" (wkwkwk nah kalo yang ini ane setuju gan..)

"Kadang heran sama orang yang bilang sayang-sayang di facebook, padahal ketemu aja ga pernah" (hahahaha udah mabok kali tu orang gan, mabok asmara wkwk)

"Orang tuamu akan bangga jika nama mu menggunakan tittle---> "Ir, Doctor, S.pd" bukan ----> "Agy Terchakiti" atau "Benciii Kamoe Celamanyaa" (wkwk ababil pasti neh bocah gan..)

"Yang pacaran, Idul Adha foto bareng pacar trus upload ke facebook.. Yang JOMBLO foto bareng kambing trus upload ke facebook.. pedih beuudd pedih" (hayooo sapa yang Idul Adha kemaren foto bareng kambing?? wkwkwk)

"Nyari pacar ga perlu cari yang sempurna ato kaya raya, jika yang sederhana bisa buat bahagia, kenapa engga..?" (benerr nih.. benerr.. )



Putus lagi cinta ku.. putus lagi jalinan kasih.. hohoho lagu nya siapa tuh? Meggy Z ya kalau ga salah?
ya ya aku tau ko menderita banget rasanya kalo abis putus cinta, apalagi pas jalin hubungan lagi serius-seriusnya terus ditinggalin gitu aja sama si dia, fiuuuh.. serasa dunia mo kiamat, petir menyambar di siang bolong dan lain sebagainya. Ya mau gimana lagi sist.. bro.. emang ga jodoh namanya biar ditangisin sampe air mata mengering juga dia ga bakal balik sama kita ko.. jadi jangan melakukan hal yang sia-sia dan buang-buang waktu kita.. Tuhan itu sudah mengatur segalanya yang terbaik buat kita, so, just enjoy it dan jalani kehidupan kita sebaik-baiknya :)

Mungkin tips-tips di bawah ini bisa membantu kalian buat mengurangi rasa sakit hati saat putus cinta :)

1. Hapus semua kontak tentang mantan kamu (No Hp, facebook, twitter, no rumah, no sepatu, dan lain sebagai nya deh) supaya kamu ga hubungin dia lagi.

2. Just enjoy the situation, yaaah selama kamu patah hati jadi nikmatin aja sakit nya. Anggaplah itu sebagai ujian mental buat kamu.. setiap orang pasti mengalami hal yang sama ko, bukan cuma kamu aja jadi ga perlu didramatisir amat kayak di sinetron-sinetron gitu, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya dan anggap aja ini batu loncatan kamu untuk dapat menghadapi cobaan hidup yang lebih berat yang sudah menanti kamu di depan mata.. come on.. hidup ini kejam kata orang-orang... hehe jadi kita harus tetep fighting.

3. Sebisa mungkin alihkan perhatian kamu, jangan terlalu memikirkan mantan kamu, kenangan-kenangan bersama nya dan yang lainnya, yang ada ntar mewek lagi.. sibukkan diri kamu dengan aktifitas yang bisa membuat kamu lupa dia, yang bikin kamu fun, dan jangan sekali-sekali mendengarkan lagu yang mellow.. hahaha dijamin ntar bakal ujan deres..

4. Ga usah terlalu sering cerita, ceritakan ke temen terdekat kamu aja.. ntar kalo kamu kebanyakan cerita tentang mantan kamu, yang ada kamu mewek terus tiap kali cerita.. itu mah bukannya bantu ngelupain tapi malah ngingetin kandas nya cinta sejati kamu.. huaaaa.

5. Mendekatkan diri dengan keluarga mungkin juga bisa membantu, bisa jadi selama ini kita terlalu sibuk atau terlalu memperhatikan pacar kita sampe-sampe keluarga sendiri ga diperhatiin, simpel aja ko.. contohnya nonton tv dirumah bareng ortu, kakak, adek, nenek, kakek, kucing kesayangan kamu.. itu bisa membantu loh hehe.

6. Enjoy mamen... putus cinta bukan akhir dari segalanya, dunia ga bakal kiamat, ayam masih berkokok, siang berganti malam, malam berganti siang.. loh?? hehe
terus berfikir positif aja dan jangan di bawa stres.. life must go on, waktu ga akan nunggu kamu sampe kamu bener-bener pulih dari keadaan terpuruk kamu untuk siap menjalani kehidupan seperti biasanya lagi. Jangan sampe kamu ketinggalan dari yang lain, masih banyak hal-hal penting lainnya yang harus kamu pikirkan, cinta mah no kesekian aja... hoho. Bahagia'in ortu itu yang harus jadi tujuan utama kalian, jangan cuma sibuk mikirin masalah cinta sampe-sampe kalian terpuruk dan ga bisa berbuat apa-apa lagi..
Bayangkan betapa sedihnya orang tua kita kalo mereka tau kalian lebih mikirin pacar yang udah ninggalin/mutusin kamu.. apa yang jadi no. 1 dipikiran kamu itu cuma sang mantan pacar??
sedangkan ada yang lebih setia dikehidupan kita yang selalu ada untuk kita.. ckckck how stupid we are :)

7. Berhenti berharap!! itu yang sangat penting.. mengharapkan dia kembali lagi sama kita?? berharap kalo dia bakal nyesel mutusin kita suatu hari nanti terus mohon-mohon buat balikan sama kita lagi? dan berharap kita adalah pacar yang terbaik yang pernah dia miliki selama ini? udah laah.. ga usah mkirin tentang harapan-harapan kosong itu lagi.. "Buang-buang waktu, pikiran dan tenaga". Percaya ga percaya kalo kita mikirin harapan-harapan tersebut, makin sulit kita melupakannya.. jadi buang aja jauh-jauh pikiran macam tu.. :)

8. The last.. harus ada kemauan kuat dari diri kita sendiri untuk bangkit dan menjalani kahidupan seperti biasanya.. lihat disekitar kita, peka lah dengan lingkungan sekitar.. masih banyak orang-orang yang punya masalah yang jauuhh lebih berat dari pada kamu, harus nya kita malu donk kalo cuma gara-gara cinta kita mewek n mata sembab tiap hari.. hehe
apa lagi sampe kapikiran mau bunuh diri.. wuiiihhh.. jangan sampe deh ckckck malu-maluin.

Mudah-mudahan bisa jadi renungan n direnungakan ya kata-kata bijak dari saya yang sudah menguras otak saya ini, ahahaha apaa cobaa..?? :D

1 November 2011

Tadi siang aku nemu selembar kertas di atas mejaku, tulisannya full satu halaman. Aku liat namanya ternyata tulisan dari salah satu anak murid ku yang putra.
Iseng-iseng baca, ternyata aku suka walaupun kata-katanya masih campur-campur sama bahasa banjar hehe maklum, masih kelas 2 SMP.
Ini isi tulisannya :
"Pada pukul 03.00 subuh, ibu saya mengulah wadai kukus dengan ayah, saya membantu usaha ibu saya dengan membungkus wadai kukus dan sampai pukul 08.00 pagi ayah dan ibu mengantar wadai kepasar Jumput, dan sehabis jam 8 pagi. Ayah saya begawi kawat, bulik begawi kawat pada pukul 06.00 sore. Sehabis bulik, ayah saya mandi dan sehabis mandi ayah saya kecapean.
Pukul 08.00 malam saya sekeluarga makan bersama-sama sambil menonton TV dan sesudah menonton TV ibu saya mengulah kelemben pisang untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan untuk mencukupkan kekurangan keluarga. Pada pukul 09.00 malam, ibu saya sembahyang isya bersama ayah saya sambil berdoa meminta kepada Allah SWT, dan pukul 10.00 malam ayah saya menjaga banyu sambil menanai untuk mandi pagi, sehabis menjaga banyu ayah saya tidur.
Pukul 07.00 pagi ayah saya menungkar nasi untuk sarapan pagi setelah itu ayah mengantar saya kesekolah. Pukul 02.00 ayah menjemput saya kesekolah dan ayah kembali pergi begawi kawat dan mengantar ke gudang".

Dari ceritanya, dia berasal dari keluarga yang sangat sederhana, ayah sama ibu nya mesti kerja ini itu buat menuhin keperluan sehari-hari keluarga nya.. ckckck
Kayak gini ya kalo anak SMP disuruh cerita tentang kehidupan di dalam keluarga nya, polooos banget dengan bahasa nya sendiri he he ^__^