3 April 2018

# aplikasi # Pasar Terapung

Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner dan Menikmati Sensasi Belanja Di Pasar Terapung

Ngomong-ngomong soal liburan, tentunya memerlukan sebuah perencanaan mulai dari destinasi yang ingin dituju, trasportasi yang digunakan, tanggal bepergian, tempat menginap dan yang pastinya budget. Untuk bepergian apalagi liburan biasanya aku pesan tiket pesawat dan hotel hanya menggunakan aplikasi karena yang pastinya sangat praktis dan ga perlu capek-capek pergi keluar untuk pesan tiket pesawat.


Biasanya yang menjadi pertimbangan aku memesan tiket pesawat dan kamar hotel untuk liburan adalah "Promonya", yup, siapa sih yang ga suka dengan promo karena pastinya harganya akan jauh lebih murah dibandingkan harga normal. Tapi kalau mencari promo di banyak situs perjalanan kan cukup pusing untuk membandingkan mana yang termurah, ujung-ujungnya kita malah stres. Tapi jangan khawatir, sekarang aku punya rekomendasi aplikasi perjalanan yang menyediakan promo termurah untuk liburan atau perjalanan luar kota hingga luar negeri kamu, aplikasi tersebut adalah Skyscanner.






Skyscanner merupakan situs pencarian perjalanan global terkemuka, tempat dimana orang terinspirasi untuk merencanakan perjalanan dan memesan langsung dengan jutaan pilihan perjalanan dengan harga terbaik, ada sekitar 60 juta orang yang menggunakan aplikasi ini dalam setiap bulannya dan mempercayakan rangkaian pilihan penerbangan, hotel dan penyewaan mobil yang disediakan oleh Skyscanner. 

Perusahaan ini memiliki 900 anggota tim yang tersebar di 10 kantor di penjuru dunia, misalnya Glasgow, Miami, Singapura, Becelona, Beijing, Budapest, Sofia, London, Shenzen, dan Edinburg. Oh iya, Skyascanner ini juga bekerjasama dengan berbagai maskapai dan agen perjalanan online dan Skyscanner menyediakan layanan gratis loh untuk para traveller yang suka mencari tiket promo termurah baik perjalanan domestik maupun luar negeri dan tidak dikenakan biaya tambahan.

Aplikasi Skyscanner ini telah di unduh lebih dari 70 juta kali dan tersedia dalam lebih 30 bahasa dan 70 mata uang. So, apa lagi yang kalian tunggu? cuss buruan download aplikasinya dan nikmati kemudahan perjalanan bersama Skyscanner serta promo-promo termurah yang disediakan oleh Skyscanner untuk para traveller.


Biasanya untuk bepergian atau liburan keluar kota menggunakan pesawat aku lebih dulu cek harga Tiket Pesawat Garuda Indonesia, karena menurut aku perjalanan akan terasa lebih nyaman jika menggunakan maskapai ini, jika tiket pesawat maskapai ini tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai lain, aku pasti mempercayakan maskapai ini untuk mengantarku bepergian keluar kota.

Pokoknya nih ya, di Skyscanner itu semuanya lengkap mulai dari promo tiket pesawat, hotel, hingga sewa mobil sampai transfer bandara gratis yang mudah dan praktis, cocok banget kan buat para traveller. Tinggal download dan buka aplikasinya melalui smartphone, kita sudah bisa menikmati perjalanan tanpa ribet dan mahal.

By the way, aku suka banget berkunjung ketempat-tempat yang nilai budaya masyarakatnya masih sangat tinggi, misalnya Yogyakarta dan Banjarmasin. Loh kok Banjarmasin? iya, karena cuma di Banjarmasin kita bisa menikmati sensasi berlanja di Pasar Terapung. Destinasi ini cocok banget buat kalian yang udah bosan berbelanja ditempat biasa seperti pasar, mall dan semacamnya.


Pasar Terapung ini merupakan budaya sungai yang sudah ada sejak zaman dahulu yang dilakukan oleh nenek moyang Suku Banjar hingga sekarang, mereka banyak melakukan aktifitas kesehariannya di sungai, mulai dari mencuci, mandi, sampai jual-beli (sayur, ikan, buah) dilakukan diatas sungai. Pemandangan seperti ini tidak akan kita temukan didaerah lain selain di Kalimantan Selatan. 

For your Information, jika dulu hanya ada 2 Pasar Terapung di Kalimantan Selatan yaitu Pasar Terapung Kuin, Banjarmasin dan Pasar Terapung Lok Baintan, Kab. Banjar, sekarang sudah ada pasar terapung yang ke-3 loh, berada di pusat Kota Banjarmasin dengan akses yang sangat mudah dijangkau yaitu Pasar Terapung Siring Piere Tendean, Banjarmasin.



Pertunjukan Kai (Kakek) Api
Tarian Burung Enggang (Burung Khas Kalimantan)


Pertunjukan Musik Panting Khas Kalimantan Selatan
Menurut aku Pasar Terapung Siring Piere Tendean ini adalah Malioboro nya Kota Banjarmasin, kenapa? karena ditempat ini khsusnya saat weekend sangat banyak pengunjungnya dengan jalur jalannya yang lumayan panjang ditambah dengan berbagai macam atraksi pertunjukan kesenian khas Kalimantan Selatan, selain itu tiap weekend disini juga terdapat bazzar kuliner dan aksesoris yang tempatnya berada di Taman Siring Piere Tendean.


Jual Beli dengan Acil (bibi) Pasar Terapung
Tak hanya bazar, tempat ini juga dilengkapi dengan sport centre. Tempat ini wajib dikunjungi setiap Sabtu sore, Malam Minggu dan Hari Minggu karena disini akan sangat ramai pengunjungnya, dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Oh iya, jika berkunjung kesini, wajib coba makan jajanan khas banjar yang dijual di Pasar Terapung, makan nya juga diatas dermaga loh, jadi kalian akan menikmati sensasi makan sambil merasakan gelombang sungai.


Menikmati Jajanan Khas Banjar di Atas Sungai
Selain itu kalian juga bisa menikmati sensasi menyusuri sungai menggunakan kelotok (perahu dalam Bahasa Banjar) hanya dengan Rp.5000-, / orang. Seru banget kan? lebih seru lagi pada saat perayaan hari ulang tahun Provinsi Kalimantan Selatan dan Hari Ulang Tahun Kota Banjarmasin yang jatuh pada tanggal 14 Agustus dan 24 September, biasanya Pemerintah Kota akan mengadakan berbagai macam festival dalam jangka waktu seminggu, seperti Festival Sasirangan dan Jukung (Perahu kecil khas Banjar).

Susur Sungai Menggunakan Kelotok (Perahu Mesin)
Tempat ini mungkin masih kalah pamor dibandingkan tempat wisata lainnya di Indonesia yang sudah terkenal kemana-mana, misalnya Bali, Lombok, Malang, dan lainnya. Tapi percayalah kalian akan memiliki suatu kenangan yang tak terlupakan jika kalian mengunjungi Wisata Pasar Terapung Banjarmasin ini. Banyak hal yang akan kita pelajari dimanapun kita bersinggah, disini kebudayaan nya masih sangat kental dan religius, serta masyarakat heterogen yang hidup berdampingan dengan damai. Disekitar tempat ini juga terdapat Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Klenteng, Gereja, Vihara, dan Pura. Selain dekat dengan tempat ibadah juga memiliki akses jalan yang mudah dengan berbagai pilihan transportasi dan banyak pilihan penginapan yang tak jauh dari titik wisata.


Tentunya berwisata akan lebih menyenangkan jika semua fasilitas yang kita perlukan ada dalam satu aplikasi saja, apalagi banyak promo nya seperti Skyscanner. Berwisata no worry lagi, ga takut kantong bolong dan kita bisa menikmati liburan.


Untuk info lebih lanjut kalian bisa follow Akun Sosial Media Skyscanner :
Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

16 comments:

  1. lomba kak.. btw emang harus masukin ttg skycannerny ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya beigitu menurut ku pas baca di kategori pemenang point #3

      Delete
  2. Hiks, jaman aku disana belum ada pasar terapung di Siring Tendean. Adanya pasar wadai kalo pas Ramadhan. Aiiih, udah mau deket Ramadhan aja. Kangen hamparan tatak sama ipau

    ReplyDelete
  3. Ramai sekali ya
    *Ya iya lah, namanya juga pasar

    Aku belum pernah ke Banjarmasin. Jadi penasaran sama pasar terapungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, jalan-jalan ke Banjarmasin mbak.. asik looh

      Delete
  4. Menikmati kuliner khas Banjar di atas sungai, duh... nikmatnyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiada bandingannya mas di kota-kota lain :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bukanya jam brp yang di siring tandean itu? Hari2 kah atau minggu pagi aja? Belom pernah menamui pas ke banjar pas ada terapungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pagi banget udah buka mbak, tiap hari Minggu sampai sore, tapi kalau hari sabtu bukanya mulai dari jam 3 sore sampai malam. Kalau hari libur nasional sama seperti hari minggu biasanya

      Delete
  7. Waaa saya pingin deh main ke pasar terapung ini. Sensasi belanja sayur di atas perahunya itu ya, haha... Apalagi banyak kuliner khas Banjarnya juga ya. Bisa sekalian wiskul deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyenangkan sekali mbak Nita, dijamin ini pengalaman yang tak terlupakan dan ga bisa ditemui di kota-kota lainnya ^_^

      Delete
  8. Hiks...aku yang orang Kalimantan aja belum pernah ke Pasar terapung, padahal sering ke Banjarmasin heheee

    ReplyDelete
  9. Kapan kapan nyoba ah maen kesana

    ReplyDelete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)