KWETIAU GORENG SZECHUAN (SZECHUAN STYLE FRIED KWAY TEAW)

July 28, 2017
Halooo Eat Lovers!
I'am back again niihh mau review makanan.. kemaren kan gue udah review makan Wonton Scallop yang berkuah-kuah gitu. Baca : Kulineran Yuk di Tiga Wonton Duta Mall Banjarmasin (Part I) 
Sekarang gue mau review makanan ditempat yang sama tapi kali ini makanannya ga berkuah alias goreng, masih ga jauh dari chinese food, ada yang bisa nebak makanan apa? Kwetiau! yeay!
Cuss deh kita simak..

Gue yakin kalian yang baca ini pasti udah pernah makan kwetiau, tapi kalian tau ga kwetiau itu apa dan terbuat dari apa? FYI aja sih buat yang belom tau, kwetiau adalah jenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras, masaknya bisa berkuah atau goreng, kwetiau sudah cukup populer di Indonesia, gue salah satu fans beratnya hihi.

KWETIAU GORENG SZECHUAN (SZECHUAN STYLE FRIED KWAY TEAW)


Setelah gue pesan Wonton yang berkuah, ada baiknya gue juga nyoba yang digoreng dengan begitu gue bisa bedain mana yang jadi favorit gue di Resto Tiga Wonton Banjarmasin ini kan yaa!
Gue pesen kwetiau goreng szechuan, yang artinya kwetiau yang digoreng ala szechuan. Kenapa namanya begitu? Karena pas gue ngerasain makanan ini, bumbu-bumbu khas Szechuan (daerah Sichuan) itu terasa banget. FYI lagi nih ya, Sichuan merupakan salah satu provinsi di Cina, masakannya terkenal dalam kuliner Tiongkok sebagai masakan yang memiliki kombinasi rasa pedas, asam, dan manis.

FYI : Masakan Szechuan terkenal sejak zaman Dinasti Han, bahan-bahan untuk menciptakan rasa yang beragam itu berasal dari saus yang terdiri dari kecap asin, cuka, saus taoco, mustard pedas, dan garam. Szechuan bedara didaerah yang memiliki kelembaban tinggi dan sering hujan, maka dari itu mereka menggunakan cabai merah sebagai bahan masakan yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

ISI : Kwetiau, beberapa jenis sayura, sawi hijau, kol, bawang bombay, dan beberapa irisan daging sapi dimasak dengan bumbu khas szechuan yang pedas, manis, agak berminyak.


TASTE : Endeeeeeesssss banget, mungkin karena rempah yang digunakan dalam masakan khas szechuan ini hampir sama dengan yang digunakan masakan Indonesia jadinya rasanya ga asing dilidah, semacam asam manis gitu, tapi jauh lebih enak dan ga ada rasa asamnya, bisa dibayangin ga sih? bumbunya kuat lebih mengarah ke manis dan sedikit rasa pedas yang masih sopan dilidah.

PRICE : Rp. 33.000-,

RATE : 9 dari 10

WHAT I LIKE?
Gue suka kwetiau ini karena kwetiaunya itu sedikit lebih premium dari kwetiau kebanyakan, lebih kenyal dan enak tapi ga bikin eneg, kombinasi bumbunya pas banget.. pedas manisnya itu selaras, pas diperut (ga kebanyakan ga sedikit), pokoknya dish ini recomended banget deh kalo kalian makan di Tiga Wonton ini.
DISLIKE : Sama dengan postingan gue sebelumnya, gue ga sukanya karena cangkir minum nya kecil, gue mesti berhemat minum, serta letak saos tomat, kecap dan saos sambal yang ga ditaroh di meja pelanggan, gue juga ga ngerti apa mesti ngambil sendiri apa biasanya diambilin sama pelayan. 


So, kalau disuruh milih antara Wonton Scallop sama Kwetiau Szechuan ini, gue jelas memilih kwetiau ala szechuan ini, karena lebih endes dan kaya rasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu yang lagi cari refrensi kuliner yang enak-enak, bye!
Previous
Next Post »

10 comments

  1. waduh namanya lumayan unik dan bikin bibir monyong2 ya bacanya jhahah! tapi kayaknya enak ya

    ReplyDelete
  2. Penasaran iih.. endeees banget kayaknya kwetiaunya ya Mba ��

    ReplyDelete
  3. gue pecinta mie lho dan makanan ini membuat saya ngiler

    ReplyDelete
  4. pengen nyoba juga, kwetiau-nya terlihat sangat enak soalnya..

    ReplyDelete
  5. makanan ini membuat aku ngiler dean menggoda sekali

    ReplyDelete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^