Transit Venus

June 04, 2012
Transit Venus dan Exoplanet

Bagi para astronom masa kini, Transit Venus masih sangat penting karena transit planet merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menemukan planet extrasolar yang berada di bintang lain.

Seperti kita ketahui, planet extrasolar itu letaknya sangat jauh dan sangat redup untuk bisa diamati secara langsung. Tapi, kalau ada obyek yang melintas di “wajah” bintang yang berhadapan dengan kita (transit) maka si obyek itu akan menghalangi sedikit cahaya bintang. Nah, peristiwa ketika bintang meredup sejenak atau mengedip inilah yang dideteksi oleh para astronom untuk mengetahui kalau bintang itu punya planet. Selain untuk menentukan keberadaan planet, hasil analisa cahaya bintang juga dapat digunakan untuk mengetahui ukuran, temperatur dan komposisi atmosfer si planet.

Transit Venus tahun 2012 merupakan kesempatan bagi para astronom untuk “berlatih” melacak perubahan optis yang terjadi selama transit. Transit Venus tidak hanya penting bagi para astronom. Bagi publik, Transit Venus juga menjadi kesempatan untuk mengenal astronomi dan bagi para penggemar astronomi ini kesempatan langka untuk melihat Venus melintasi Matahari. Bagi para guru dan siswa, Transit Venus justru menjadi kesempatan untuk mengenal sains dari dekat tidak hanya satu bidang yakni astronomi tapi juga matematik dengan melakukan perhitungan ulang jarak Matahari – Bumi.

Transit Venus 2012

Setelah transit Venus tahun 2004, transit venus terakhir di abad ini terjadi di tahun 2012 tepat nya pada tanggal 5/6 Juni 2012 (bergantung zona waktu). Transit venus akan dapat diamati selama 6 jam dalam berbagai lokasi di dunia, namun tempat pengamatan terbaik transit venus adalah di Samudera Pasifik. Tapi buat penduduk di area pasifik, asia timur dan di atas lingkaran artik, keseluruhan transit akan dapat diamati (dari awal sampai akhir), lalu bagaimana dengan Indonesia??

Indonesia secara umum akan dapat melihat Transit Venus sejak Matahari terbit. Tapi, wilayah Indonesia bagian Barat dan sebagian wilayah Indonesia bagian tengah tidak akan dapat menikmati transit venus dari awal karena ketika Matahari terbit, Venus sudah masuk piringan Matahari atau Matahari terbit bersamaan dengan terjadinya transit.

Lokasi terbaik untuk mengamati transit Venus 2012 di Indonesia adalah di wilayah Indonesia bagian Timur dan sebagaian wilayah Indonesia bagian tengah, karena Matahari terbit lebih dahulu barulah Venus mulai proses transit. (lihat peta untuk lebih jelasnya) :

Indonesia jadi salah satu yang beruntung nih, tempat yang bagus buat menyaksikan transit venus sampai selesai :D
BTW, gue bisa liat ga ya ntar? secara, gue ga punya teleskop :(
Ga mungkin lah gue liat matahari secara langsung tanpa alat bantu.. hiks



Sumber

Previous
Next Post »

9 comments

  1. @secangkir teh dan sekerat roti : wah gitu ya gan.. mesti bangun pagi2 :D

    ReplyDelete
  2. @ KAPAK Comunity :sama.. ga sempet liat juga :(

    ReplyDelete
  3. melihat transit venus lewat youtube aja deh :-D

    ReplyDelete
  4. Artikel yang luar biasa, sangat bermanfaat...
    I like it.. :)

    ReplyDelete
  5. daerah rmh saya mndung trus. kebetulan gak punya tlskopnya juga. :(. gmana mo liat yak.

    ReplyDelete
  6. @Arriyadh Prayugo saya liatnya di tipi aja :D

    @Lukman Hakim : thax.. :)

    @Fazri : wah, sayang sekali,, :)

    ReplyDelete
  7. @sniper : wkwkwkwkwkw bole juga tuh..

    ReplyDelete
  8. @aswadz : betul betul betul ^^

    ReplyDelete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^