Begini Cara Pakai Body Scrub Yang Benar Dan Tepat Agar Kulit Cerah Dan Merona

January 24, 2024

Selain kulit wajah yang membutuhkan eksfoliasi, kulit tubuh pun perlu dibersihkan dari kotoran dan debu dengan menggunakan body scrub. Tidak hanya sekedar untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit saja, namun pemakain scrub juga bisa membuat kulit lebih cerah dan glowing.

Body Scrub
(Sumber : Freepik) 

Agar manfaatnya terasa lebih optimal, kamu tentu harus menggunakan body scrub dengan benar dan tepat. Sebab, pemakaian yang salah justru tidak akan baik bagi kulit tubuh. Nah, agar terhindar dari beberapa kesalahan umum, berikut ini akan dibahas cara pakai body scrub yang benar dan tepat agar kulit cerah dan merona:

1. Mandi Terlebih Dahulu Menggunakan Air Hangat Dan Sabun

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam hal waktu pemakaian body scrub, kamu bisa menggunakannya sebelum atau sesudah mandi, boleh pilih salah satu waktu tersebut. Namun, sangat dianjurkan untuk menggunakannya setelah mandi dengan sabun dan air hangat. Maka artinya, kulit tubuh sebaiknya harus dalam keadaan bersih terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan body scrub. 

Mengaplikasikan body scrub setelah mandi dengan air hangat dipercaya sangat efektif membantu membersihkan pori – pori kulit untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran. Hal itu lantaran air hangat berguna untuk membuka pori – pori kulit, sehingga menjadi lebih mudah membersihkannya. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mandi seperti biasa terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun. Setelah selesai, keringkan badan menggunakan handuk namun tidak harus sampai terlalu kering.

Membersihkan badan secara menyeluruh sampai ke pori – pori bisa membuat kulit tubuh tampak lebih cerah dan tidak kusam.

2. Memastikan Tangan Dalam Kondisi Bersih

Sebelum mengaplikasikan body scrub sebelum atau sesudah mandi, hal terpenting adalah memastikan tangan dalam kondisi bersih. Jika belum bersih, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu agar tidak mengkontaminasi saat lulur mandi.

Kondisi tangan yang bersih bisa membantu lulur mandi bekerja lebih maksimal. Hal itu lantaran kotoran tidak akan ikut menempel pada kulit yang hendak diaplikasikan body scrub. Oleh sebab itu, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu pakai sabun dan bukan dengan air saja.

3. Mengaplikasikan Body Scrub Dengan Gerakan Memutar Dan Perlahan

Setelah itu, aplikasikan body scrub ke tangan, kaki, dan leher secukupnya saja. Aplikasikan scrub dengan gerakan memutar dan memijat. Sebaiknya tidak aplikasikan scrub pada area kulit sensitif, ada luka bakar, dan area yang baru dilakukan waxing atau baru cukur agar tidak semakin parah kondisinya. 

Lakukan pinjatan lembut kurang lebih sekitar 5 menit, kemudian gosokkan secara perlahan hingga kotoran terangkat dan rontok. Melakukan kedua hal itu dipercaya efektif membuat scrub lebih meresap sekaligus relaksasi ketegangan otot tubuh. Selain itu, jangan langsung membilasnya untuk memberi waktu lulur mandi agar meresap ke kulit selama 10 menit. 

Jika ada area kulit yang memar, sebaiknya tidak menggosoknya terlalu keras namun lakukan secara perlahan saja dan tidak perlu memijatnya agar tidak semakin parah. 

4. Membilas Hingga Bersih dan Mengeringkan Dengan Handuk Halus

Selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih dan tidak ada lagi sisa kotoran yang menempel di badan. Kemudian gosok perlahan di seluruh area hingga benar – benar bersih dan tidak terasa licin sama sekali, lalu keringkan menggunakan handuk berbahan lembut. 

5. Jangan Lupa Menggunakan Lotion atau Pelembap Badan

Meskipun body scrub sudah mengandung pelembap, namun produk ini tetap saja akan membuat kulit badan kering karena termasuk produk untuk proses eksfoliasi. Karena itu, kamu juga harus pakai produk pelembab badan atau lotion yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit sesudah menggunakan scrub. Oleskan lotion ke seluruh tubuh maksimal selama 5 menit setelah melakukan eksfoliasi agar bisa menghidrasi secara maksimal. 

Agar lebih maksimal, pastikan kamu menggunakan Naturally Speaking Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub. Produk ini merupakan body scrub terbaik yang terbuat dari bahan – bahan alami, sehingga cocok bagi kamu yang menginginkan body scrub vegan. Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub tidak mengandung bahan – bahan hewani seperti madu, susu, atau lainnya, sehingga aman kamu pakai jika memang menghindari penggunaan produk berbahan tersebut. Produk dengan butiran – butiran scrub yang terbuat dari biji anggur atau grapeseed yang halus dan tidak kasar ini cocok untuk membersihkan sel – sel kulit mati tanpa merusak lapisan kulit. 

Smooth Grapeseed Exfoliating Body Scrub

Terdapat kandungan vitamin C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam produk ini yang juga berguna untuk memberikan kelembapan pada kulit, membuat kulit terasa lebih lembut dan halus, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi tanda – tanda penunaan dini, dan mengeksfoliasi sel kulit. Sebagai produk vegan, body scrub terbaik ini diproduksi tanpa menggunakan bahan – bahan yang berasal dari hewan. Jadi, hal itu juga bisa membantu menjaga keberlangsungan hidup hewan dan lingkungan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Aku juga gini kok caranya. Setidaknya mandi dulu pakai sabun, lalu keringkan sedikit. Baru pakai scrub. Jadi lebih mudah juga krn kulit dlm kondisi lembab kak.

    Pernah pakai sebelum mandi, jujur tenaga jadi ekstra krn kulit bener2 kering. Dan scrub jadi boros.

    Wah ini produk baru ya mba. Baru tahu nih setelah baca postingan mba. Kebetulan aku rutin pakai scrub. Seminggu sekali. Makanya selalu nyetok scrub badan di rumah

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^