Kelas Online, Sistem Pembelajaran yang Sedang Tren dengan Banyak Keunggulan

July 25, 2021

 


Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah “Kuliah Online”, sebuah sistem pembelajaran yang saat ini menjadi tren karena dijadikan sebagai alternatif dari kelas atau kuliah bertatap muka secara langsung yang terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Namun, sebelum adanya pandemi Covid-19, kelas online sudah dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk meraih impian mereka, yaitu mendapatkan gelar Sarjana (S1). Bukan tanpa alasan, kelas online untuk kuliah memiliki keunggulan yang dapat mempermudah aktivitas mereka, khususnya mereka yang berencana untuk kuliah sambil bekerja atau sedang bekerja. Saat ini, ada banyak sekali anak muda yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ada yang sekadar untuk menambah relasi, memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, menambah pengalaman kerja, dan bahkan untuk mencukupi kebutuhan hidup. 


Namun, bekerja dan kuliah merupakan kegiatan yang sangat sibuk, maka mereka memanfaatkan keunggulan dari kelas online dan menjadikannya solusi untuk mengimbangi keduanya. Lalu, apa saja keunggulan dari kelas online? Berikut ini adalah pembahasannya.

  • Fleksibel

Berbeda dengan kelas tatap muka secara langsung yang terikat dengan jadwal dan harus datang ke kampus, kelas atau kuliah online bersifat fleksibel dari segi waktu maupun tempat, kuliah online dapat dilakukan kapan saja, serta lokasi untuk mengikuti perkuliahan tidak harus datang ke kampus. Fleksibilitas ini dimanfaatkan oleh mereka yang sibuk bekerja sehingga waktu perkuliahan tidak bertabrakan dengan waktu bekerja dan cukup diakses melalui gawai.

  • Hemat

Karena sifat kuliah online yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, hal tersebut juga memiliki kelebihan lain, yaitu menghemat tenaga, waktu, dan biaya. Ketika pergi ke kampus, tentunya memakan waktu dan tenaga, apalagi yang rumahnya jauh dari kampus. Dengan diadakannya kuliah online, mereka yang sibuk bekerja tidak perlu membuang waktu dan tenaga serta mengeluarkan biaya untuk transportasi menuju kampus.

Itulah keunggulan yang pada umumnya ditemui pada kelas dan kuliah online. Tak heran kelas online tidak sepi peminatnya. Mengingat ada banyak universitas yang mengadakan program kuliah online, tentunya berbeda kampus, maka berbeda pula keunggulan yang didapat. Hal tersebut sering kali membuat mereka yang ingin kuliah online takut salah pilih universitas. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai universitas yang menyediakan program kelas atau kuliah online dan kemudian membandingkan universitas mana yg mempunyai banyak keunggulan.

BINUS University merupakan univeritas yang masuk ke dalam kategori TOP Indonesian University menurut QS World University Rankings 2022 dan berada pada urutan ke-8. BINUS Online Learning menjawab kebutuhan anak muda yang berencana bekerja sambil kuliah  dan karyawan dengan mengeluarkan program pembelajaran jarak jauh yang tidak hanya ditujukan pada lulusan SMA/SMK, tetapi juga Diploma (D3) untuk memperoleh gelar sarjana (S1). Sehingga pekerjaan tetap jalan, kuliah pun tidak tertinggal. Menggunakan Learning Management System (LMS) di BINUSMAYA sebagai media atau platform kelas online, maka mahasiswa dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Program pembelajaran online ini menyediakan 5 jurusan yang memiliki peluang kerja yang sangat luas dan sangat diminati oleh anak muda saat ini, yaitu:

  1. Akuntansi (Accounting)
  2. Teknik Informatika (Computer Science)
  3. Teknik Industri (Industrial Engineering)
  4. Sistem Informasi (Information Systems)
  5. Business Management

Kelas online ini terbagi menjadi 62,5% perkuliahan online menggunakan Learning Management System (LMS) yang terdapat fitur-fitur pada umumnya digunakan dalam aktivitas perkuliahan, yaitu forum, menjawab kuis, upload tugas, diskusi, dan materi kuliah. Perkuliahan ini dilakukan selama 10 minggu. Adapula, sebesar 37,5% perkuliahan offline (bertatap muka menggunakan video conference) yang dilakukan pada pertemuan ke-1 dan ke-9 untuk penjelasan materi secara umum dan pertemuan ke-7, ke-8, ke-15, dan ke-16  untuk mengulas. Sehingga perkuliahan yang dilaksanakan pada program pembelajaran jarak jauh ini merupakan kuliah online secara penuh.

Kuliah online dari BINUS ini tentunya terdapat banyak keunggulan, diantaranya:

  • Pembelajaran Global

Seperti kuliah online pada umumnya, perkuliahan menggunakan metode pembelajaran online dan tidak terikat pada waktu dan tempat. Sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya dan sangat memudahkan para mahasiswa yang juga disibukkan oleh pekerjaan.

  • Fleksibel

Sibuknya bekerja membuat waktu untuk bertemu dan berdiskusi dengan teman kuliah dan dosen menjadi terbatas, tetapi melalui program pembelajaran jarak jauh oleh BINUS Online Learning ini, mahasiswa tidak perlu khawatir tertinggal materi karena tetap dapat berinteraksi atau berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa lain tanpa terikat waktu dan tempat.

  • Sistem Modular

Apa itu Sistem Modular? Sistem Modular adalah sebuah sistem di mana mahasiswa dapat menentukan atau memilih sendiri mata kuliah dan jumlah mata kuliah yang ia butuhkan sesuai dengan jadwal yang tersedia. Sehingga mahasiswa dapat menyesuaikan waktu antara kuliah online dan kesibukannya sendiri tanpa takut membuat kegiatan menjadi bertabrakan. Keunggulan ini sangat memudahkan para mahasiswa yang bekerja.

  • Biaya Kuliah Fleksibel

Tidak hanya mata kuliah dan jumlah mata kuliah saja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, besaran biaya kuliah pun dapat disesuaikan oleh mahasiswa itu sendiri sesuai dengan kemampuan finansialnya. Sama seperti sistem modular, keunggulan ini juga sangat memudahkan mahasiswa yang bekerja dari segi finansial.

  • Ujian Dilakukan Secara Online

Program pembelajaran jarak jauh ini merupakan kuliah online secara penuh, tidak hanya kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara online, ujian juga dilakukan secara online yang dapat dilakukan di mana saja.

  • Berkualitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, BINUS University merupakan univeritas yang masuk ke dalam kategori TOP Indonesian University menurut QS World University Rankings 2022, maka tidak perlu lagi diragukan kualitasnya. Memiliki Learning Management System (LMS) berintegritas yang sangat mendukung untuk melakukan aktivitas perkuliahan secara online.

BINUS Online Learning memperoleh kesan-kesan yang sangat bagus dari mahasiswa yang pernah berkuliah dengan program pembelajaran jarak jauh ini, mulai dari mereka yang tetap dapat melanjutkan kuliah sambil bekerja di negara atau kota yang berbeda, mereka yang memiliki jadwal sangat padat, mereka yang mendapatkan materi kuliah yang sangat menunjang pekerjaannya saat itu, hingga mereka yang mendapatkan soft-skill baru dari kegiatan perkuliahan.

Saat ini, banyak sekali lulusan sarjana (S1) yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan karena kurangnya keahlian untuk memasuki dunia kerja. Kuliah online sambil mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah merupakan salah satu cara yang tepat karena yang didapat tidak hanya soft-skill tetapi juga teori-teori untuk menunjang pekerjaan. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kuliah online di BINUS Online Learning dapat dijadikan solusi untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana (S1) tanpa harus mengganggu pekerjaan atau aktivitas lainnya. 

Nah, buat kalian yang mencari Universitas berkualitas dan terpercaya yang menyediakan kelas online, BINUS University tempatnya.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^