Pengertian, Keunggulan Dan Apa Saja Manfaat Digital Marketing

June 11, 2024

Digital marketing sekarang ini memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis online, karena menjadi bagian dari kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk bisa mendongkrak penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Sayangnya memang masih sedikit yang menguasai kemampuan tersebut, padahal jika bisa maka manfaat digital marketing yang akan dirasakan nantinya tidak main-main. Apalagi sekarang ini persaingan bisnis online juga lebih ketat dibandingkan dengan sebelumnya.


Pengertian Digital Marketing

Lalu apa sebenarnya digital marketing itu sendiri? banyak orang yang masih belum tahu. Bisa dikatakan bahwa digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran produk ataupun jasa yang menggunakan internet atau berbasis teknologi digital. Dimana diharapkan nantinya dengan teknik pemasaran yang satu ini mampu untuk menjangkau konsumen atau target market secara lebih luas dibandingkan dengan sebelumnya.

Keunggulan Pemasaran Secara Digital

Tentunya dibandingkan dengan teknik pemasaran yang dilakukan secara konvensional atau langsung, maka pemasaran berbasis digital ini menawarkan lebih banyak keunggulan bagi Anda, diantaranya adalah:

1. Lebih hemat biaya, jika melihat dari segi keuangan atau biaya yang harus dikeluarkan, maka tidak dapat dipungkiri bahwa pemasaran yang dilakukan secara online ini jauh lebih hemat, dibandingkan dengan pemasaran langsung. Coba saja cek biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan di TV maupun di media cetak, bandingkan dengan iklan di internet.

2. Jangkauan lebih luas, selanjutnya jika dilihat dari segi jangkauannya, pemasaran lewat banner atau baliho misalnya hanya bisa diakses oleh sebagian kecil orang, artinya memang sangat terbatas. Berbeda ceritanya jika Anda memilih untuk memasang iklan secara online atau lewat internet, dimana untuk jumlah penggunanya sendiri jauh lebih banyak, sehingga secara otomatis calon konsumen yang dapat dijangkau juga jauh lebih besar bukan dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan langsung.

3. Bisa diukur, keunggulan yang lainnya adalah dapat dengan mudah diukur hasilnya, dibandingkan dengan Anda yang menggunakan teknik pemasaran secara langsung, hal ini juga sangat membantu dalam efisiensi biaya pemasaran, karena memang sudah jauh lebih jelas.

Manfaat Penerapan Digital Marketing

Pastinya dengan menerapkannya, maka banyak manfaat digital marketing yang nantinya dapat dirasakan, yaitu:

1. Meningkatkan brand awareness, yaitu kesadaran masyarakat akan produk atau merk yang ditawarkan tersebut, karena bagaimanapun juga ketika Anda menerapkan digital marketing secara tepat, maka nantinya orang-orang akan lebih mudah sadar akan brand yang Anda miliki tersebut. Semakin sering dilihat maka tidak akan ragu untuk mencobanya.

2. Meningkatkan traffic organik, jika Anda memiliki website yang di optimalisasi dengan SEO atau salah satu teknik dalam digital marketing. Nantinya akan ikut berdampak pada traffic atau jumlah kunjungan menuju website tersebut. Dimana nantinya jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan jadi lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, begitu juga untuk ranking website yang ikut mengalami peningkatan. 

3. Meningkatkan penjualan produk, ketika teknik digital marketing ini dijalankan secara tepat, termasuk juga untuk hasil yang diterima bisa optimal. Tentu dampaknya secara langsung akan terlihat pada penjualan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut, dimana bisa penjualan produk tentunya menjadi terdongkrak kian optimal. Pastinya hal ini menjadi tujuan utama dari para pelaku bisnis bukan.

4. Meningkatkan keuntungan, ketika penjualan produk bisa optimal atau laku keras, sudah pasti keuntungan yang diterima oleh perusahaan meningkat berkali-kali lipat dibandingkan dengan sebelumnya. Hal inilah yang membantu membuat perusahaan menjadi lebih berkembang. Bahkan ada juga potensi untuk menerima keuntungan lain, misalnya adalah ketika Anda memiliki website dengan traffic yang tinggi ataupun media sosial yang punya banyak pengikut atau followers, maka secara otomatis bisa masuk iklan kesana dan mendapatkan pemasukan tambahan.

Tidak main-main manfaat digital marketing ini, sehingga jangan ragu jika ingin menerapkannya kedalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Namun karena jenisnya banyak serta sifatnya kompleks tentunya tidak sembarangan orang dapat melakukannya, Anda harus belajar terlebih dahulu bagaimana teknik-tekniknya, diantaranya adalah dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI, segera daftar jangan sampai kehabisan kelasnya. Prasmul-ELI memberikan jaminan garansi dan sudah pasti bersertifikat, sehingga tidak perlu ragu lagi.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^