Game Online tak Selalu Buruk, Ini Dia Beberapa Manfaatnya

July 30, 2023

Hallo bestie,

Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik-baik, ya!

Btw, kalian yang banyak menghabiskan waktu di rumah seperti aku atau saat waktu luang ngapai aja sih biar ga bosan? Kalau aku selain nonton, baca buku, aku juga sempetin bermain game online

Mortage Calculator's Games

Rasanya setelah bermain game online itu pikiran jadi lebih refresh kembali, deh. Yah, walaupun umur sudah kepala 3 tapi ga ada salahnya dong untuk main game, ga cuma anak-anak yang suka game online.

Oh iya, banyak parents yang khawatir juga ya saat anak-anaknya suka bermain game online? Padahal game online ga selalu buruk, kok. Bagi anak dan orang dewasa, game online juga ada manfaatnya loh, bund untuk perkembangan mereka asal ga berlebihan.

Apa aja sih manfaat game online?

Mengenalkan Teknologi dan Gadget

Bermain game online, secara ga langsung bisa memperkenalkan anak pada teknologi loh, khususnya gadget yang digunakan untuk bermain game, entah itu menggunakan handphone, tablet, PC, atau laptop.

Anak akan menjadi terbiasa dengan gadget dan teknologi yang ada di dalamnya, sehingga dapat membantu menambah pengetahuannya tentang teknologi sejak dini. Tentunya harus selalu dalam pengawasan orang tua ya.

Melatih Otak serta Mental Anak

Bermain game juga secara tidak langsung dapat melatik kemampuan motorik anak karena membutuhkan keterampilan tangan dan berfikir serta kemampuan spasial anak.

Bermain game online melatih anak untuk dapat melewati tantangan dan belajar memecahkan masalah dengan logikanya sehingga makin terasah. Selain itu bermain game juga dapat meningkatkan fokus, dan membuat anak belajar mengasah strategi melalui game.

Pengetahuan Baru

Bermain game online pastinya juga dapat menambah pengetahuan baru untuk anak, bund. Karena game memiliki banyak tema dan kategori, seperti game yang dapat membantu anak untuk berhitung, mengenal benda angkasa, membuat resep makanan sederhana, dan lain-lain.

Melatih Pengendalian Emosi

Saat bermain game, anak akan dilatih untuk mengendalikan emosinya dan tetap tenang agar ia bisa melewati tantangan yang dihadapinya dengan baik karena memiliki pikiran yang tenang.

Mengurangi Stress

Bagi orang dewasa, bermain game online dapat memberikan manfaat yang baik pula untuk otak yang sedang lelah, disela waktu luang istirahat bekerja atau setelah melakukan aktifitas, maupun di kala santai, game online mampu mengurasi tingkat stress sehingga otak kembali refress

Sebagai Sarana Belajar

Sekarang, game online memiliki banyak sekali kategori edukasi, seperti menjawab pertanyaan, translate ke bahasa asing lain, atau menyusun sebuah puzzle. Hal ini tentu saja bisa menjadi sarana belajar yang menarik untuk anak-anak secara tidak langsung.

Mengatasi Disleksia

Percaya ga percaya, ternyata game dapat mengatasi Disleksia loh. Ada sebuah penelitian di Inggris yang mengatakan bahwa bermain game dapat merangsang fokus sehingga dapat membantu anak diskelsia untuk belajar membaca dengan akurasi yang lebih baik.

Gimana? Masih khawatir ga ada manfaatnya saat bermain game online? Tentunya selama jika anak-anak bermain dengan gadget dan game online-nya harus selalu di awasi oleh orang tua ya. Anak masih harus diarahkan dan di bimbing untuk dapat memilah mana yang baik dan mana yang ga, khususnya dalam memilih kategori game online.

Sedangkan untuk yang dewasa, harus pandai-pandai membagi waktu untuk bermain game dan kegiatan sehari-hari, jangan sampai game membuat jadi kecanduan.

---------

Ngomong-ngomong tentang game online, aku punya rekomendasi nih bund game online yang ramah anak. Selain itu bunda ga perlu install-install game di gadget jadi ga bikin gadget berat. Oh iya, disini juga pilihan game-nya sangat banyak dan dijamin ga bakalan bosan, bisa dimainkan oleh orang tua maupun anak-anak juga.


Aku biasanya main game online sendiri atau ajak ponakan-ponakan di Mortgage Calculator . Disini aku suka bermain game kategori cooking, game-nya semua bersifat ringan dan ga bikin stress, malah membantu lebih rileks dan mudah juga dimainkan oleh anak-anak.


Nah, game yang sering aku mainkan ini adalah Cooking Street yang merupakan game masak-masakan sederhana namun juga menantang kecepatan tangan dan berfikir. Game-nya ga bikin bosan, ga bakalan nge-lag, dan cukup challenging.

Selain game bertema cooking, ada banyak permainan lain juga yang seru-seru seperti permainan berkebun, kasir, Lego, dan lain-lain. Dijamin ga borring karena bisa ganti-ganti game dengan mudah di hp tanpa drama nge-lag atau memory penuh.



You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^