Perencanaan Keuangan Jangka Panjang untuk Financial Freedom

January 18, 2023

Sumber foto : Freepik

Setiap orang perlu melakukan perencanaan keuangan jangka panjang untuk menghadapi ketidakpastian di  masa depan.  Dengan perencanaan keuangan, Anda bisa meminimalisir risiko permasalahan finansial di kehidupan mendatang. Salah satu langkah yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan rekening bank untuk mengelola keuangan.

Menyimpan uang di rekening bank dapat membantu Anda menjaga kondisi finansial tetap aman hingga bisa bertumbuh. Adanya rekening bank akan membantu anda mengatur keuangan untuk mengejar financial freedom. Apalagi sekarang membuka rekening sangatlah mudah, yakni bisa dilakukan secara online tanpa perlu pergi ke kantor bank.

Kemudahan layanan perbankan tersebut hadir berkat adanya inovasi teknologi yang semakin maju. Setiap bank telah menyediakan platform keuangan digital berupa mobile banking. Dengan kelebihan ini maka perencanaan keuangan untuk mencapai financial freedom pun bisa dilakukan lebih mudah.

Apa itu Financial Freedom

Financial Freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi seseorang memiliki tabungan yang cukup, investasi, termasuk uang tunai yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan gaya hidup tanpa harus berhutang.

Mencapai kebebasan finansial di masa sekarang dan masa depan tentunya menjadi impian banyak orang. Saat Anda mencapai financial freedom maka tidak ada lagi rasa khawatir akan kekurangan uang saat membeli macam-macam kebutuhan yang diinginkan.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum berhasil dalam mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pengelolaan keuangan dengan memperhatikan income dan pengeluaran Anda, serta berinvestasi. Dengan pengelolaan dan perencanaan keuangan yang baik maka sangat mungkin bagi Anda untuk mencapai financial freedom.

Manfaat Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Perencanaan keuangan merupakan strategi menyusun alur pemasukan dan pengeluaran keuangan untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Anda bisa menentukan perencanaan keuangan untuk waktu jangka pendek dan jangka panjang.

Berikut beberapa manfaat dari melakukan perencanaan keuangan, khususnya untuk waktu jangka panjang.
  • Memudahkan Anda untuk mengawasi pemasukan dan pengeluaran.
  • Membantu mengontrol pengeluaran keuangan lebih terarah, sehingga bisa mengurangi kebiasaan membeli hal-hal yang  tidak penting.
  • Membantu menyusun rencana yang lebih akurat untuk mencapai tujuan dan lebih siap dalam menghadapi risiko-risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang.
  • Terhindar dari inflasi.

Tips Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

Sumber foto : Freepik

Sesuai dengan namanya, perencanaan keuangan jangka panjang adalah strategi mengatur keuangan untuk mencapai tujuan yang ingin diraih dalam kurun waktu di atas 5 tahun. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan harus disesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaran setiap orang. Meski kondisinya berbeda-beda, namun itu bukan menjadi persoalan. Kunci keberhasilan perencanaan keuangan adalah memiliki kebiasaan keuangan yang sehat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi acuan untuk memulai perencanaan keuangan jangka panjang.

1. Menghitung Total Pemasukan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencatat seluruh total pendapatan selama satu bulan. Dengan begitu, Anda dapat menyusun alokasi pengeluaran apa saja yang diperlukan. Misalnya untuk kebutuhan pembayaran tetap, seperti pajak, asuransi, dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kesalahan alokasi keuangan, seperti pengeluaran yang berlebihan.

2. Tentukan Prioritas Keuangan dan Target Waktu

Langkah selanjutnya adalah merumuskan semua tujuan keuangan secara rinci beserta jangka waktunya. Misalnya Anda ingin menyiapkan dana untuk pensiun di usia tua. Maka yang perlu Anda lakukan adalah menghitung dan membuat anggaran untuk berbagai kebutuhan sesudah pensiun. Anda bisa menentukan berapa uang yang perlu ditabung dengan berpatokan pada pemasukan dan pengeluaran saat ini.

3. Membuat Anggaran Belanja Bulanan

Setelah semua penghasilan tercatat, Anda bisa membuat daftar alokasi pengeluaran untuk biaya belanja bulanan. Seperti biaya makan, transportasi, listrik, internet, dan lainnya.

Dengan membuat daftar pengeluaran bulanan, Anda bisa mengetahui berapa sisa yang bisa Anda alokasikan untuk menabung atau sebagai dana darurat. Langkah ini juga membantu Anda menghindari pengeluaran berlebihan.

4. Melunasi Semua Hutang

Saat Anda sudah memulai merencanakan keuangan jangka panjang, pastikan Anda sudah bebas dari hutang. Jika masih memiliki hutang, gunakan strategi pelunasan hutang dengan tepat dan konsisten untuk tidak berhutang lagi. Langkah ini akan sangat membantu Anda dalam mempersiapkan keuangan jangka panjang dengan tenang.

5. Alokasikan Dana untuk Investasi

Untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan, Anda bisa memulai membuat rencana alokasi aset dan keuangan untuk investasi. Pastikan Anda memilih investasi  yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Investasi membantu Anda mendapatkan passive income yang berguna untuk menumbuhkan keuangan Anda.

Mendaftar Rekening Bank Online

Lewat mobile banking Anda bisa mendaftar rekening online secara praktis. Proses pendaftaran rekening menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan ketika harus datang menemui customer service di kantor bank. Pembuatan rekening online tidak akan mengganggu kesibukan Anda, serta menghemat waktu dan tenaga.

Selain bisa untuk mendaftar rekening, mobile banking juga menyediakan banyak fitur yang mendukung kebutuhan transaksi online. Berbagai fitur yang ada, di antaranya cek rekening bank, transfer uang, pembayaran tagihan, top up e-wallet, cek mutasi rekening, tarik tunai menggunakan fitur mobile cash, dan lainnya.

Tabungan Online PermataME

Saat ini mungkin Anda baru memulai perencanaan keuangan ataupun sudah menjalankannya. Anda bisa memaksimalkan perencanaan keuangan dengan membuka rekening online. Salah satu produk tabungan online yang bisa menjadi pilihan tepat adalah PermataME. Anda bisa mengajukan pendaftaran tabungan online PermataME secara mudah, cukup melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa Anda unduh di Play Store dan App Store.

PermataME akan menunjang pengelolaan keuangan Anda secara profesional, baik dalam hal layanan dan keamanan. Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa batas di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, bebas transfer ke bank lain tanpa batas dan syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.


You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^