Panduan Cara Memasak agar Menghasilkan Masakan yang Lezat dan Menjadi Aktivitas Menyenangkan

January 14, 2023

Setiap orang tentunya bisa memasak. Namun memasak bukan sekadar mencampur bahan-bahan dan berharap mendapatkan hidangan yang lezat. Anda pun wajib memahami istilah dan teknik dasar dari memasak. Dengan mengetahui cara menyiapkan berbagai komponen makanan dan urutan pengolahannya dapat membantu mendapatkan timing yang tepat, dan mencegah makanan terlalu cepat dingin. Apabila telah menguasai dasar-dasarnya, maka Anda bisa meningkatkan rasa dan tekstur makanan dengan beragam saus, rempah, dan bumbu yang lain.

Cara memasak
Sumber foto : Freepik


Panduan Cara Memasak

  • Gunakanlah bahan yang segar jika memungkinkan, dan selalu cuci sayuran terlebih dahulu
Di saat Anda membeli bahan makanan atau daging segar, pilih tekstur, warna, dan kualitas yang terbaik di kumpulannya. Usahakan pula untuk memasak dengan bahan makanan yang sedang musim pada saat ini karena memiliki rasa terbaik.

  • Siapkan peralatan dan bahan sebelum memasak 
Oleh para koki professional, kegiatan untuk mengumpulkan, menyiapkan, dan menakar semua alat dan bahan yang dibutuhkan dinamakan "mise en place". Hal ini dianggap sangat penting agar memasak menjadi efisien. "Mise en place" wajib sudah siap dan berada di dekat Anda sebelum kompor dihidupkan. 

  • Masukkan tekstur kontras dalam makanan
Sejumlah makanan yang lezat akan menyertakan gabungan dari berbagai tekstur yang saling melengkapi. Gabungan dari beberapa tekstur tersebut menghasilkan hidangan yang lezat ketika berada di dalam mulut.

  • Bumbui makanan dengan garam dan merica 
Pemberian merica dan garam dalam jumlah yang sesuai dapat meningkatkan rasa makanan. Dengan sedikit garam dan merica benar-benar bisa membuat makanan menjadi hidup, dan mengeluarkan cita rasa terbaik pada masing-masing bahan. 

  • Gunakan mentega pada masakan
Mentega bisa memberikan rasa yang lembut, lezat, dan sedikit terasa seperti kacang (nutty) pada makanan, dan harus digunakan dalam jumlah besar pada berbagai masakan dan kue. Gunakan mentega apabila dibutuhkan di dalam resep, bahkan walaupun tidak tercantum di resep.

  • Buatlah saus andalan
Saus yang baik dapat mengubah hidangan yang hambar dan membosankan menjadi makanan yang lezat dan lebih menarik. Dengan mempelajari cara membuat beberapa saus dasar, maka Anda dapat meningkatkan kemampuan memasak menjadi beberapa tingkat lebih baik, hanya dengan sedikit usaha.

  • Lakukan eksperimen dengan herbal 
Herbal dapat mengubah rasa hidangan, dengan menciptakan ciri khas yang membuatnya menjadi masakan ciri khas suatu negara. Herbal dapat meningkatkan rasa dan warna makanan, yang membuatnya menjadi lebih menarik untuk dimasak dan disantap. 

  • Cobalah menggunakan rempah dalam resep
Seperti halnya herbal, menambahkan satu rempah atau gabungan beberapa rempah dapat menghasilkan hidangan dengan rasa yang khas, dan mencerminkan masakan tertentu. Pastikan agar selalu tersedia bumbu dan rempah yang sering digunakan di dapur.

Jenis-jenis bumbu dapur
Jenis-jenis bumbu dapur
Sumber foto : Freepik

  • Kayu manis adalah rempah aromatik dengan rasa manis yang sering digunakan pada kue panggang, misalnya pai apel dan kukis oatmeal. Rempah ini pun biasa digunakan pada banyak masakan Maroko, India, dan Meksiko.
  • Paprika akan memberi tambahan warna merah yang cerah dan rasa pedas pada makanan. Rempah ini banyak digunakan pada masakan Hongaria, Spanyol, dan Portugis.
  • Jintan adalah rempah populer yang sering digunakan untuk memberi tambahan warna dan rasa pada kari. Jintan umum digunakan pada masakan Mediterania, Timur Tengah, dan Asia.
  • Biji ketumbar (coriander) merupakan biji tanaman cilantro yang memiliki aroma seperti lemon. Rempah  ini pada umumnya digunakan pada kari dan masakan berbahan cabai. Biji ketumbar digunakan secara luas pada masakan Timur Tengah, Latin, dan India.
  • Jahe adalah rempah serbaguna. Apabila digunakan dalam keadaan segar, jahe bisa menambah rasa pedas dan manis pada kari, tumis, dan daging panggang. Dalam bentuk bubuk kering, jahe kerap kali ditambahkan pada makanan panggang.


You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^