Bayi Liburan Menyenangkan Tanpa Drama Ruam Popok Dengan MAKUKU SAP Diapers Slim

December 18, 2022

Halo moms, sebentar lagi libur Natal dan Tahun Baru, nih. Ada rencana apa nih untuk liburan nanti? Rekreasi, berkunjung ke tempat hiburan atau pergi ke tempat yang cukup jauh? Sebagai orang tua, sudah persiapkan apa saja untuk liburan nanti? Pastinya, jangan lupa siapkan juga perlengkapan dan kebutuhan si kecil, ya moms! Khususnya masalah per-popok-an nih moms, si kecil pasti suka rewel kalau menggunakan popok yang ga nyaman dan menimbulkan ruam popok . Moms harus pandai-pandai memilih popok yang tepat dan nyaman agar bayi liburan tanpa drama ruam popok.

Bayi Liburan Tanpa Drama Ruam Popok

Popok merupakan salah satu kebutuhan bayi yang harus diperhatikan oleh orang tua saat akan berlibur, tetapi memilih popok yang nyaman digunakan selama liburan itu wajib banget. Selain menghindari si kecil rewel selama liburan, ruam popok juga harus dicegah dan aku punya rekomendasi popok yang nyaman digunakan oleh bayi selama liburan nih, yaitu dengan menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim.

Kalau membicarakan masalah ruam popok memang terdengar sepele. Namun, akibat yang ditimbulkannya bisa jadi fatal loh moms. Dikutip dari website Halodoc, ruam popok dapat memicu infeksi pada kulit bayi dan membutuhkan obat-obatan dengan resep dokter untuk penanganannya.  Tentunya, mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? Belum lagi rasa gatal dan ga nyaman yang dirasakan si kecil ga bisa dibiarkan moms, sehingga untuk mencegah ruam popok bayi juga perlu dikonsultasikan dengan ahli/dokter mengingat kondisi kulit bayi yang berbeda-beda agar mendapatkan penanganan yang tepat dan ga asal-asalan.

Pencegahan ruam popok pada si kecil

Langkah pertama untuk mencegah ruam popok pada si kecil dapat orang tua lakukan adalah dengan konsultasi ke dokter agar bisa mengetahui kondisi kulit si kecil dan tidak salah tindakan atau salah dalam memilih produk bayi (termasuk popok) dalam memelihara kulit bayi yang dapat menimbulkan ruam popok, khususnya saat liburan.

Dokter spesialis anak, yaitu dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A menjelaskan, pentingnya mengganti popok bayi selama 3-4 jam sekali karena kulit bayi dengan urin dan fases bersentuhan, jika hal ini dibiarkan berlama-lama akan membuat pH basa pada kulit bayi menjadi meningkat.

Popok yang penuh dan rasa ga nyaman yang dirasakan oleh bayi dapat membuat bayi rewel bahkan menimbulkan ruam popok saat liburan maupun saat aktifitas lainnya di rumah maupun di luar rumah. Untuk itu, penting sekali untuk orang tua mengonsultasikan si kecil ke ahli/dokter agar hal buruk itu tidak terjadi, ya!

Ada kabar baik untuk para orang tua nih, MAKUKU Diapers berkolaborasi dengan 10 rumah sakit di kota-kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Palembang, Bandung, Makassar, Semarang, Tangerang, Surabaya, Karawang, Lampung, dan Medan. Melalui kolaborasi tersebut, MAKUKU mengadakan konsultasi ibu dan anak untuk memberikan edukasi tentang ruam popok bayi guna mendukung kesehatan dan pertumbuhan si kecil.

Orang tua dapat tanya dokter gratis dengan dokter spesialis #RUAMPOPOKEXPERT secara langsung di rumah sakit berikut ini:

1. RS St. Carolus di Jakarta

2. RSIA Azzahra di Palembang

3. RS Hermina Pasteur di Bandung

4. RSIA Ananda di Makassar

5. RS Hermina Pandanaran di Semarang

6. RSIA Bina Medika di Tangerang

7. RSIA Putri di Surabaya

8. RS Lira Medika di Karawang

9. RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

10. RS Mitra Medika Premiere di Medan

Moms, selain dapat melakukan konsultasi dokter gratis di 10 rumah sakit yang sudah aku sebutkan tadi, orang tua juga akan mendapatkan MAKUKU Diapers gratis. Konsultasi dokter gratis ini diselenggarakan pada tanggal 16 Desember 2022 – 18 Desember 2022. Para orang tua dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi dengan para ahli tentang ruam popok. Asik banget kan moms? Jangan sampai kelewatan kesempatan ini.

Nah, langkah berikutnya yang bisa kita sebagai orang tua lakukan untuk dapat mencegah ruam popok pada bayi adalah dengan menggunakan popok yang nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Slim.

Kenapa MAKUKU SAP Diapers Slim dapat mencegah ruam popok?

For your information, MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan pelopor pertama popok yang menggunakan teknologi inti baru dengan struktur SAP (Super Absorbent Polymer), moms. Sebelum memasuki pembahasan, aku akan akan menjelaskan SAP (Super Absorbent Polymer) terlebih dahulu, ya. Jadi, SAP (Super Absorbent Polymer) adalah polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan penyerapan yang lebih maksimal.

Nah, teknologi terkini dari SAP itulah yang dijadikan oleh MAKUKU sebagai bahan baku diapers. Beda banget dengan popok pada umumnya yang masih menggunakan pulp sebagai bahan bakunya. Pulp sendiri merupakan hasil pemisahan dari bahan baku yang memiliki serat (contohnya kayu), pulp juga dikenal sebagai bubur kertas.

Dari yang aku baca pada konferensi pers yang diselenggarakan oleh MAKUKU, Pulp sendiri ga memiliki daya serap optimal yang bisa menimbulkan berbagai macam rasa ga nyaman pada kulit bayi, seperti lembap dan panas hingga ruam. Lalu, bagaimana teknologi SAP MAKUKU dapat membantu para moms di Indonesia mengatasi ruam popok? Ini dia aku jabarkan keunggulan penggunaan dari SAP itu sendiri sesuai pengalaman aku, yaitu:

1. MAKUKU Anti gumpalan walau terisi cairan

MAKUKU menggunakan bahan baku SAP (Super Absorbent Polymer) ga menggunakan pulp seperti halnya popok lain. Maka dari itu popok ini anti gumpal walaupun popok terisi cairan, cairan terserap lebih maksimal dan tetap ringan. Sehingga ga menimbulkan rasa lembab sada permukaan kulit bayi, bakteri pun ga mudah berkembang biak.

Pastinya, popok dengan anti gumpalan seperti ini dapat membuat bayi moms merasa nyaman dan cairan pun ga bocor dari sisi mana pun. Hal ini juga dapat membuat bayi ga rewel selama liburan maupun aktifitas lainnya.

2. Tipis banget, ketebalannya hanya 1.6mm

Teknologi SAP ini ternyata ga hanya membuat popok anti gumpalan, tapi juga membuat MAKUKU SAP Diapers Slim menjadi tipis, yang tebalnya hanya 1.6mm. Popok yang tipis seperti ini pasti akan membuat bayi merasa nyaman saat bergerak karena popok terasa ringan kan moms? Beda banget dengan popok yang berbahan baku pulp, setelah menggumpal, popok menggelembung, dan terasa berat, sehingga membuat bayi malas bergerak bahkan jadi rewel karena merasa ga nyaman lagi.

Selain itu, tipisnya MAKUKU SAP Diapers Slim ini konsisten banget, walaupun popok sudah penuh dengan cairan. Walaupun MAKUKU SAP Diapers Slim tipis jangan anggap remeh masalah kemampuan penyerapannya, popok ini ternyata mampu menyerap cairan hingga 40 kali atau daya serap hingga 500ml (melebihi dari popok dengan bahan baku pulp dengan daya serap 10 – 12 kali saja), jadi si kecil dapat aktif bergerak dengan nyaman selama liburan dan si kecil juga dapat merasakan keseruan liburan.

3. Menjaga cairan agar tidak bocor

Kita pastinya tau, khusunya moms pasti selalu khawatir kalau popok si kecil bocor, apalagi saat liburan, pasti akan sangat merepotkan karena harus sering ganti. Tapi, Meskipun MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki daya serap hingga 500ml yang melebihi daya serap popok pada umumnya, MAKUKU SAP Diapers Slim ternyata mampu menjaga atau mengunci cairan agar ga bocor dan tetap terasa nyaman oleh si kecil.

Oh ya, jangan khawatir juga moms saat bayi dalam posisi digendong atau duduk, cairan ga  mengalami osmosis dan pada sisi-sisi popok bayi tidak mengalami kebocoran, si kecil jadi bebas aktif bergerak.

MAKUKU SAP Diapers Slim

Yang aku suka dari MAKUKU SAP Diapers Slim sebagai popok generasi baru ga hanya mengunggulkan penggunaan struktur inti SAP, tetapi desain popoknya juga sangat unik. Desain unik ini memiliki fungsi yang ga kalah penting dengan penggunaan SAP tadi, seperti :

1. Desain berbentuk “U” untuk MAKUKU SAP Diapers Slim NB

Desain berbentuk “U” ini berfungsi untuk melindungi dan mengurangi gesekan pada tanggul tali pusar  bayi yang baru lahir. Desain ini khusus untuk varian NB atau New Born ya, moms.

2. Memiliki struktur 3D

MAKUKU SAP Diapers Slim didesain memiliki struktur 3D untuk mengurangi gesekan antara kulit bayi dengan permukaan popok, sehingga kulit bayi mendapatkan sirkulasi udara yang cukup & lebih baik membuat kulit bayi lebih kering dan ga lembab, sehingga dapat meminimalisir terjadinya ruam popok.

3. Permukaan berongga

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki permukaan yang berongga, hal ini berfungsi untuk mencegah popok terasa panas dan lembap pada kulit bayi, karena kedua hal tersebut dapat menimbulkan ruam popok pada kulit bayi.

4. Tape pembuang

MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki tape pembuang yang akan mempermudah orang tua saat ingin membuang popok yang sudah tidak dapat digunakan dengan cara melipat popok dan merekatkan tape pembuang agar lipatan ga tebuka saat popok dibuang. Tape pembuang ini juga berfungsi untuk menjaga lingkungan tetap bersih, khususnya saat liburan.

5. Terdapat indikator urin

Jika moms perhatikan pada bagian luar bawah MAKUKU SAP Diapers Slim, terdapat tiga garis berwarna kuning, fungsinya agar moms bisa mengetahui bahwa popok yang sedang digunakan si kecil sudah penuh. Jadi, indikator ini mempermudah orang tua untuk mengganti popok si kecil dan mengcegah adanya ruam pada kulit si kecil. Ketika popok yang sudah penuh, indikator urin ini akan berubah warna menjadi biru.

Jangan khawatir, MAKUKU SAP Diapers Slim tersedia dalam berbagai macam size, mulai dari NB (New Born) hingga XXL dan ada pula yang berbentuk celana serta perekat. Lengkap banget, kan?

MAKUKU membuat pembaruan dari produk sebelumnya

Sebagai produk yang mengutamakan kenyamanan pada bayi, MAKUKU melakukan banyak inovasi dari produk sebelumnya, di antaranya:

  • Daya Tampung : Sebelumnya MAKUKU memiliki daya tampung 400ml, sekarang memiliki daya tampung yang lebih besar, yaitu 500ml.
  • Ukuran : MAKUKU sekarang memiliki ukuran yang lebih besar dari produk MAKUKU sebelumnya, pembaruan ini juga berfungsi untuk menghindari kebocoran.
  • Area Penyerapan : Area penyerapan juga bertambah hingga 10mm pada permukaan popok agar dapat mencegah kebocoran.
  • Elastisitas : Tingkat elastisitas pada karet bagian pinggang meningkat agar bayi merasa lebih nyaman namun sirkulasi udara tetap lancar.
  • Jenis Kain : Jika sebelumnya MAKUKU menggunakan jenis kain non-woven hot air, setelah pembaruan MAKUKU menggunakan kain yang lebih lembut, yaitu non-woven fabric hot air yang memiliki bulu halus lebih sedikit dan sentuhan yang lebih lembut untuk mengurangi gesekan permukaan popok pada kulit bayi.
MAKUKU SAP Diapers Slim

Pendapat para ahli

dr. Andreas seorang konsultan dokter spesialis anak MAKUKU mengatakan bahwa penggunaan pulp pada popok tidak memiliki daya serap yang optimal. Sementara, penggunaan SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki daya serap yang luar biasa meskipun memiliki ketebalan yang jauh lebih tipis dari popok pada umumnya. Jadi, penyerapan daya tampung lebih maksimal tetapi popok masih terasa nyaman digunakan oleh si kecil karena ga berat.

Dimana saja MAKUKU SAP Diapers Slim tersedia?

Jangan khawatir, MAKUKU SAP Diapers Slim mudah didapatkan, baik di e-commerce resmi MAKUKU di Tiktok Shop, Shopee, Lazada, JD.ID, Tokopedia bahkan juga tersedia di toko-toko offline yang menjual keperluan bayi di seluruh Indonesia. Kemarin aku beli MAKUKU SAP Diapers Slim di salah satu toko perlengkapan bayi di Kota Banjarmasin yang ukuran M seharga Rp. 103.900,-

Review MAKUKU SAP Diapers Slim



Gimana, moms? Setelah membaca review MAKUKU SAP Diapers Slim ini, apakah moms mulai tertarik untuk berpindah pada popok yang menggunakan inovasi terkini teknologi SAP yang membuat bayi selalu merasa nyaman dalam berbagai aktifitas selama menggunakan popok dan para orang tua juga ga perlu khawatir akan popok bocor, dan menggumpal. So, bayi bisa liburan tanpa drama ruam popok dengan MAKUKU SAP Diapers Slim.

Untuk info lebih lengkap, moms bisa kunjungi social media MAKUKU :

@makuku.indonesia.official (Instagram)

@makukuindonesia.official (TikTok)

#TakutRuamDiapersUseMAKUKU



REFERENSI:

https://makuku.co.id/id/artikel/ahli/mulai-era-sap-makuku-luncurkan-popok-terbarunya

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mungkin kalo anakku masih pake popok, aku bakal cobain juga mba 😄. Ingeeet bangt dulu perjuangan cari popok yg cocok Krn kulit mereka sensitif bangetttt. Aku harus cobain banyak merk sampe akhirnya Nemu yg sesuai kulit mereka dan ga bikin ruam. Belum lagi ttp harus pake krim khusus ruam.

    Untung2an sih Yaa cari popok itu. Even yg premium sekalipun ternyata ada juga yg ga cocok buat kulit anakku dulu.

    Naah kalo features yg pake tape perekat utk buang, aku selalu cari yg begitu. Jadi popok bisa lebih rapi dibuangnya. Untung popok yg dulu anakku pake juga ada perekat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah juga ya mbak cari popok yg cocok untuk anak, apalagi kalau kulit anak lebih sensitif, harus lebih selektif memilih popok 😊

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^