Berasal dari Keluarga Broken Home, Nia Ramadhani Ungkap Perasaannya dalam Buku Cerita Ade

November 12, 2022

Nia Ramadhani - Anak kelahiran 80 & 90-an pasti sudah sangat tidak asing lagi dengan aktris cantik Nia Ramadhani. Sinetron Bawang Merah Bawang Putih yang tayang pada tahun 2004 itu semakin membuat nama Nia Ramadhani dikenal oleh masyarakat dan karirnya melejit sejak usia belia. Namun, memiliki karir cemerlang sejak kecil tak lantas membuat Nia Ramadhani bahagia, ia harus menghadapi kenyataan pahit orang tuanya sudah tidak bersama lagi. Yup, Nia Ramadhani berasal dari keluarga broken home.

Nia Ramadhani

Aktris kelahiran tahun 1990 itu menyaksikan kedua orang tuanya bertengkar hingga berakhir pada perceraian. Tentu tidak ada anak yang menginginkan orang tuanya berpisah, apalagi jika usia anak itu masih di bawah umur; masih membutuhkan kasih sayang, perhatian, dan dorongan dari kedua orang tua. Hal ini membuat Nia Ramadhani terpuruk dan menjadi titik terberat dalam hidupnya sehingga menyebabkan Nia Ramadhani memiliki emosi yang tumpul dan mengalami krisis eksistensialis (kekosongan), ia mempertanyakan tentang dirinya sendiri dan merasa diabaikan. Pikiran seperti itu terlalu dini untuk menjadi beban yang ditanggung oleh anak usia 4 tahun.

Padahal tidak semua anak mendapatkan bantuan untuk menerima kenyataan dan mampu menghadapi masalah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan sang anak memiliki trauma berkepanjangan. Masing-masing anak memiliki cara mereka sendiri untuk bangkit dan kemampuan yang mereka miliki pun berbeda-beda. Sehingga, bagi sebagian anak yang mengalami broken home, trauma ini tidak dapat mereka selesaikan, tetapi ada pula yang mampu menyelesaikannya.

Nia Ramadhani Memutuskan untuk Menikah di Usia Muda

Pada tahun 2010, Nia Ramadhani memutuskan untuk menikah di usia muda dengan seorang komisaris utama salah satu stasiun televisi, yaitu Anindra Ardiansyah Bakrie atau kerap disapa dengan nama Ardi Bakrie. Saat itu, Nia Ramadhani masih berusia 20 tahun, ia juga kemudian mengganti namanya menjadi Ramadhania Ardiansyah Bakrie pada tahun 2010. Sekarang Ardi Bakrie dan Nia Ramadhani telah dikaruniai 3 orang anak, yaitu Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie, dan Magika Zalardi Bakrie. 

Hal ini membuat kita berpikir bahwa Nia Ramadhani menjadi wanita yang sangat beruntung dan kehidupannya nyaris sempurna karena memiliki suami yang kaya raya dan dapat membentuk keluarga yang harmonis. Namun, Nia Ramadhani pasti pernah mengalami masa sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya sebagai istri hingga menjadi ibu ketika mereka mempunyai anak.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Tersandung Kasus Narkoba

Berita mengejutkan menghampiri pasangan ini pada Juli 2021 lalu, mereka ditangkap karena kasus penyalahgunaan narkotika dan terbukti menggunakan barang haram tersebut berdasarkan hasil tes urine. Dikutip dari GalamediaNews, pada April 2021 Nia Ramadhani menggunakan narkoba karena terpuruk atas kepergian ayahnya tahun 2014 silam.

Kerinduan Nia Ramadhani Kepada Sang Ayah

Seperti yang kita tahu, orang tua Nia Ramadhani, yaitu Priya Ramadhani dan Chanty Mercia telah bercerai sejak Nia Ramadhani masih kecil. Kemudian ia kembali bertemu dengan sang ayah saat usianya 17 tahun, tetapi pertemuan tersebut tidak berlangsung lama, ayah Nia Ramadhani meninggal dunia setelah 4 tahun mereka bertemu. Nia Ramadhani kembali harus menghadapi pahitnya hidup saat sang ayah pergi untuk selama-lamanya. Hal inilah yang membuat Nia Ramadhani merasakan titik terberat dalam hidupnya. 

Buku ‘Cerita Ade’

Setelah tersandung kasus narkoba bersama sang suami, Nia Ramadhani tidak berhenti berkarya. Proses rehabilitasi yang ia jalani saat itu tidak ia lewatkan begitu saja, tetapi ia manfaatkannya untuk melakukan hal positif, yaitu menulis sebuah buku. Ia mengungkapkan perasaannya dan menceritakan tentang kehidupan pribadinya dalam buku ‘Cerita Ade’, sebuah karya yang ia garap bersama Pidi Baiq. 

Membangun keluarga setelah mengalami broken home tentu tidak mudah karena anak yang memiliki keluarga broken home pasti terluka secara batin dan mengalami berbagai macam kesulitan, termasuk ketidakpercayaan terhadap hubungan. Namun, Nia Ramadhani membuktikan pada dirinya sendiri bahwa hal itu dapat ia lewati dengan menata hidupnya menjadi lebih baik agar keluarga yang ia bangun tidak mengalami hal serupa dengan masa lalunya. Ditambah pula dengan ketulusan sang suami kepada Nia Ramadhani, bahkan saat Nia Ramadhani sudah ditangkap atas kasus narkoba, Ardi Bakrie menyusul dan menyerahkan diri pada polisi kemudian meyakinkan Nia Ramadhani bahwa mereka bisa menghadapi semuanya bersama-sama. 

Dari kisah ini lah yang membuat Nia Ramadhani terdorong untuk menulis buku ‘Cerita Ade’, ia mengungkapkan perasaannya tentang kisah cintanya kepada sang ayah, suami, dan kehidupannya. Dalam kisah ini, Nia Ramadhani membuktikan bahwa anak yang mengalami broken home mampu untuk bangkit dan menata hidup agar masalah serupa tidak terulang.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Diawal kemunculannya dulu sempet gak suka sama Nia Ramadhani, karena sering jahaad sama adek angkat ane Marshanda. Tapi pas udah tahu kalau itu cuman ekting malah jadi demen.haha
    Sempet kaget sih waktu dia tertimpa masalah narkoba kemarin. Tapi namanya manusia punya masalah hidupnya sendiri. Keren kalau dia bikin buku di bantu ayah Pidie, Jadi pengen baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, siapa sih hidupnya yg ga punya masalah? Ya kebetulan aja mereka yg keekspos. Dibalik itu, patut diapresiasi segala usahanya untuk memperbaiki diri dan melakukan hal-hal positif untuk memberikan contoh juga kepada yang lainnya.

      Delete
  2. Anak2 dari keluarga yg harmonis aja, kadang ada rasa takut gagal. Apalagi yg dari keluarga broken home. Antara trauma & insecure ya campur aduk. Tapi Alhamdulillah Nia bisa melewatinya sampe sekarang ya...

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^