Perubahan Iklim: Musuh Besar Muda Mudi Bumi

October 13, 2022

Jika sering memperhatikan berita, kalian pasti sering mendengar banjir di berbagai daerah yang disebabkan oleh hujan ekstrem. Namun, sadarkah kalian? Hal tersebut disebabkan oleh perubahan iklim. Perubahan iklim memang sudah lama terjadi, tetapi seiring berjalannya waktu perubahan iklim semakin buruk jika manusia tidak peduli atau justru terus melakukan aktivitas yang dapat membuat perubahan iklim menjadi semakin parah. 

Perubahan iklim
Foto : Pixabay.com

Perubahan iklim yang semakin parah akan membuat berbagai macam kerugian di muka bumi. Sebaiknya, kita para muda mudi bumi mulai menyadari bahwa memelihara alam merupakan salah satu tugas manusia selaku makhluk yang hidup di dalamnya, contohnya dengan cara mengurangi polusi. 

Polusi yang Menyebabkan Perubahan Iklim

Dampak Perubahan Iklim
Foto : Pixabay.com

Ada banyak aktivitas manusia yang mengakibatkan munculnya polusi, seperti pembakaran bahan bakar fosil, asap pabrik, dan pembakaran hutan. Polusi yang muncul akibat dari aktivitas-aktivitas tersebut akan merusak keseimbangan alami gas di atmosfer yang berfungsi untuk melindungi bumi dari paparan matahari, akhirnya bumi akan terasa sangat panas dan volume air laut akan bertambah karena kemampuan atmosfer bumi dalam menahan sinar matahari telah berkurang. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, selimut polusi membuat bumi semakin panas dan menyebabkan perubahan iklim

Dampak Perubahan Iklim Terhadap Manusia

Jika kita tidak mengurangi aktivitas yang menimbulkan #SelimutPolusi, dampak negatif dari perubahan iklim akan semakin mengancam manusia, di antaranya:

  • Infeksi Saluran Pernafasan

Pada suhu bumi yang tinggi karena perubahan iklim, sering kali terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan manusia dapat terkena penyakit infeksi saluran pernafasan karena terhirup asap dari kebakaran hutan tersebut.

  • Penyakit Malaria dan Demam Berdarah

Selain karena suhu bumi yang tinggi, perubahan iklim juga mengakibatkan hujan yang ekstrem. Akhirnya, lingkungan sekitar menjadi lembap dan cenderung kotor sehingga menjadi tempat yang tepat untuk nyamuk berkembang biak.

  • Mengganggu Produksi Kebutuhan Pokok

Hujan secara terus menerus dan kekeringan mengakibatkan para petani menjadi gagal panen sehingga produksi kebutuhan pokok menjadi terganggu.

  • Bencana Banjir dan Kekeringan 

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir pada suatu daerah, sementara di daerah lainnya dapat terjadi kekeringan karena suhu yang sangat tinggi.

Hutan Menyelamatkan Kita dari Polusi dan Perubahan Iklim

Foto : pixabay.com

Ada banyak cara untuk mengatasi perubahan iklim, tetapi hutan sangat berperan pada masalah ini sehingga hutan menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi polusi dan perubahan iklim. Pepohonan yang ada dalam hutan dapat menyerap karbon dioksida yang terkandung pada polusi dan kemudian mengubahnya menjadi oksigen. 

Kemampuan hutan dalam mengubah karbon dioksida mengurangi proses perusakan atmosfer bumi dan mencegah perubahan iklim menjadi semakin parah. Selain itu, hutan juga mencegah kekeringan dan banjir. Saat hujan turun, hutan akan menyerap air dan menyimpannya di dalam tanah untuk dialirkan saat musim kemarau.

Muda Mudi Bumi Bersama Melawan Perubahan Iklim 

Menjadi #TeamUpForImpact dan kesadaran untuk mengatasi perubahan iklim harus ditanamkan kepada muda mudi bumi se dini mungkin karena hal tersebut tidak hanya berdampak pada generasi kita, tetapi juga generasi-generasi yang akan datang. Dengan cara berpikir yang lebih modern, muda mudi bumi dapat saling berkolaborasi dan berinovasi demi menjaga bumi; tempat tinggal berbagai macam makhluk hidup.

Bayangkan, jika muda mudi bumi tidak peduli dengan perubahan iklim yang kian memburuk, siapa lagi yang akan mencegahnya? Mengatasi perubahan iklim juga dapat diawali dari diri sendiri dengan melakukan hal kecil, tetapi bermanfaat terhadap lingkungan.

Menanam Minimal 1 Pohon

Selimut Polusi
Foto : Pixabay.com

Pohon memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat mengurangi polusi. Jika semua orang membudayakan gerakan menanam minimal 1 pohon di sekitar rumah, maka lingkungan kita menjadi lebih hijau dan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Apalagi jika kita tinggal di kota-kota besar yang umum sekali memiliki tingkat pencemaran udara yang tinggi, mau bagaimana pun tubuh kita membutuhkan udara yang bersih untuk tetap sehat. 

Jika semua orang mengikuti gerakan menanam minimal 1 pohon di sekitar rumahnya, ini akan mencegah perubahan iklim menjadi parah karena pepohonan yang telah ditanam sudah mengubah karbon dioksida menjadi oksigen sehingga tidak merusak lapisan atmosfer bumi. 

Tunggu apalagi #MudaMudiBumi, ayo mulai sekarang kita biasakan untuk menanam pepohonan di sekitar rumah minimal 1 pohon agar bumi kita menjadi semakin sehat untuk generasi kita dan berikutnya karena #UntukmuBumiku















You Might Also Like

1 komentar

  1. Sereeem 😔. Berasaaa banget kok iklim semakin parah, ga kayak dulu lagi. Tempat yg tadinya ga banjir, sekarang dipastikan banjir tiap hujan deras dan lama. Udah ada tanda2 begitu, kadang masiih ada aja manusia serakah yg mentingin profit buat dirinya sendiri ya mba :(. Nebangin hutan seenaknya dll.

    Aku tinggal di kawasan yg ga bisa punya halaman juga saking terbatasnya. Jadi selama ini aku ikut support UMKM yang menjual produk dan sebagian hasilnya utk menanam mangrove . Lumayanlah, mungkin tidak secara langsung, tapi aku pengen ttp ada kontribusi dalam hal ini

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^