Peran Internet Membantu UMKM dalam Mendorong Kemajuan Keuangan Digital

October 11, 2022

Saya sering mengamati bagaimana cara UMKM di daerah pinggiran kota tetap bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi akibat COVID-19. Sebagai pihak yang paling rentan terkena imbas dari ketidakpastian kondisi ekonomi, tentunya para pelaku UMKM harus pintar-pintar mengambil tindakan agar usaha mereka tidak ambruk. Namun, pada kenyataannya UMKM di daerah pinggiran kota tidak hanya mampu bertahan, tetapi juga mampu berkembang dengan adanya internet murah yang mampu menjangkau hingga ke pinggiran kota.

Foto : Dokumentasi Pribadi

Berdasarkan perkembangannya, saya memprediksi pelaku UMKM yang melek digital dan memanfaatkan internet tidak hanya membuat mereka mampu bertahan dan berkembang, tetapi juga mendorong kemajuan keuangan digital.

Peran Internet Membantu UMKM untuk Berkembang

Seiring dengan keinginan melawan ketertinggalan kemajuan teknologi digital di bidang keuangan dan keinginan untuk tetap mengikuti protokol COVID-19, banyak UMKM yang berada pada wilayah pinggiran kota mulai memanfaatkan internet murah sebagai sarana untuk mengembangkan usaha mereka. Sebagian dari mereka memang masih awam dengan digitalisasi ini, tetapi minat literasi keuangan digital yang mereka miliki sangat tinggi.

Mereka dapat mengakses literasi keuangan digital di berbagai sumber dengan internet murah. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam laman Kominfo, UMKM akan mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan teknologi digital, di antaranya menjangkau konsumen lebih luas, meningkatkan pendapatan, dan memantau perkembangan usaha.

Pelaku UMKM akan terdorong untuk menjadi melek digital agar memperoleh manfaat yang lebih luas, saat itulah internet dan teknologi berkolaborasi dalam mengembangkan UMKM. Contohnya saja, baru-baru ini Pasar Terapung di Banjarmasin mulai menggunakan transaksi cashless QRIS, artinya para pedagang di pasar tradisional ini telah sadar akan manfaat digitalisasi dengan memanfaatkan internet untuk mengembangkan usaha mereka.

Jika dulu transaksi yang digunakan di Pasar Terapung Banjarmasin hanya menggunakan uang cash saja, sekarang Pedagang atau Kelotok (perahu mesin yang biasa untuk membawa penumpang untuk menikmati susur sungai) sudah bisa menggunakan sistem pembayaran aplikasi uang elektronik server based, e-wallet, atau M-Banking (QRIS) untuk berbagai pembelian barang dan jasa di tempat ini.

Sumber Foto : beritabanjarmasin.com

Para pedagang di Pasar Terapung Banjarmasin tidak perlu mengkhawatirkan masalah internet di tempat ini, karena di sepanjang Siring Tendean Banjarmasin tempat para pedagang berkumpul terdapat hotspot wifi gratis yang bisa diakses oleh siapa saja, dan tentu saja hal ini sangat memudahkan untuk bertransaksi cashless di Pasar Terapung.

Sumber Foto : unsplash.com

Kenapa UMKM dapat Mendorong Kemajuan Keuangan Digital?

Dikutip dari laman Kementerian Investasi/BKPM, UMKM memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% dari total PDB nasional pada tahun 2020. Sementara itu, dikutip dari laman Kominfo yang menunjukkan hasil survei dari salah satu e-wallet yang sering digunakan di Indonesia, yaitu pada tahun 2021 ada sebanyak 84% UMKM menyatakan sistem pembayaran menggunakan e-wallet mempermudah transaksi dan sebanyak 70% mengalami peningkatan pendapatan per harinya.

Dari peran UMKM yang besar terhadap PDB nasional dan banyaknya pelaku UMKM yang merasa dipermudah berkat adanya e-wallet, sangat tidak menutup kemungkinan prediksi UMKM yang memanfaatkan internet akan mendorong kemajuan keuangan digital. Sebab, penggunaan internet murah oleh UMKM akan terus bertambah dan beriringan dengan peningkatan literasi keuangan digital, mengingat internet akan semakin menjangkau daerah-daerah yang belum tersentuh internet atau belum memiliki internet stabil yang nantinya akan mendorong kemajuan teknologi digital di bidang keuangan untuk menjadi lebih baik lagi.

Tersedianya Infrastruktur Internet yang Mendorong Kemajuan Keuangan Digital

Kualitas internet mempengaruhi performa pelaku UMKM dalam menggunakan transaksi keuangan digital. Maka sudah pasti pelaku UMKM dapat menggunakan internet murah, tetapi memiliki koneksi yang cepat agar dapat merasakan kemajuan teknologi digital di bidang keuangan. Kehadiran Telkom Group yang menyediakan infrastruktur internet hingga ke pelosok negeri sangat berpengaruh terhadap kemajuan teknologi digital di bidang keuangan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk lebih maju.

Foto : IndiHome.co.id

IndiHome hadir dengan berbagai macam paket sehingga pelaku UMKM dapat menyesuaikan bujet yang mereka punya untuk memulai menjadi UMKM go digital, paket-paket tersebut mulai dari High Speed, Paket 1P, Paket 2P, hingga Paket 3P dengan kecepatan mulai dari 20 Mbps sampai 100 Mbps. IndiHome juga sering memberikan tawaran promo, seperti Promo Paket Jitu yang harganya mulai dari Rp 200.000/bulan.

Tentunya, paket internet se murah itu sangat memudahkan UMKM untuk semakin berkembang, ditambah lagi dengan adanya benefit tambahan pada paket atau disesuaikan dengan yang pelaku UMKM inginkan. Sehingga pelaku UMKM siap menjalankan dan mengembangkan usaha mereka yang akhirnya dapat mendorong kemajuan teknologi digital di bidang keuangan, sekalipun jika UMKM tersebut berada pada pinggiran kota.

 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita

https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia

https://bisnis.tempo.co/read/1614584/transaksi-di-pasar-terapung-banjarmasin-bakal-pakai-qris


You Might Also Like

14 komentar

  1. Peran IndiHome sungguh luar biasa ya.
    Beneran memberikan dampak positif utk banyak pihak.
    Terutama pegiat umkm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak. UMKM yang melek digital berpeluang lebih maju dan bisa menyasar pasar lebih luas

      Delete
  2. Indihome ini selalu terdepan dengan berbagai inovasinya yang luar biasa, dan sangat berperan terhadap kiprah para UMKM di dalam era digital sekarang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, internet yang mumpuni sangat membantu para UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, pastinya makin terbantu lagi dengan adanya Internet Murah 😊

      Delete
  3. Oh sekarang IndiHome ada paket yang 200 ribu ya? dapat berapa Mbps kak? di rumah aku juga pakai IndiHome sebulannya 400 ribu kurang. Puas banget berinternet. Adanya internet memang sangat membantu para pelaku UMKM ya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, aku pakai yg 300rb an juga hampir mendekati 400 lah perbulan dan kecepatannya oke juga walaupun dipakai 5 orang di rumah.

      Iyes, UMKM pastinya sangat terbantu kak dengan adanya Internet apalagi Internet Murah seperti IndiHome

      Delete
  4. setuju banget, internet bakal sangat membantu UMKM
    Selain untuk marketing, banyak aplikasi yang bakal membantu mereka bertransaksi
    seperti diketahui UMKM lemah banget dalam hal pembukuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, dengan adanya Internet selain memperluas pemasaran, juga mempermudah dalam hal pembayaran ya kak

      Delete
  5. Aku di Jakarta sudah hampir cahsless semua saat beli-beli...digitalisasi memang praktis dan memudahkan baik penjual ataupun pembeli. Snenagnya jika Pedagang atau Kelotok sudah bisa menggunakan sistem pembayaran aplikasi uang elektronik server based, e-wallet, atau M-Banking (QRIS) untuk berbagai pembelian barang dan jasa di Pasar Terapung Banjarmasin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, senang ya di Jakarta sekarang bisa hampir cashless. Semoga di kota ku juga bisa seperti itu, soalnya praktis banget mau makan, beli sesuatu bisa cashless, tanpa ribet cari uang kecil, kembalian, dll 😊

      Delete
  6. Alhamdulillah ya.. MashaAllah~
    Kini teknologi kian canggih dan berkembang sehingga bisa dinikmati hingga pelosok negeri.
    Untuk mengembangkan UMKM agar semakin maju dan menghasilkan bisa menggunakan internet. Ini akan menjangkau pasar yang lebih luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Kak. Dengan adanya Internet Murah dari IndiHome maka akan semakin mempermudah UMKM untuk maju berkembang

      Delete
  7. Internet sekarang memfasilitasi seluruh aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Karena jumlah pelaku UMKM juga banyak, otomatis mereka mendorong kemajuan keuangan digital. Sekarang mana ada pedagang yang gak tahu apa itu aplikasi berbasis mPOS misalnya. Selama terkoneksi dengan internet, terlebih leading seperti IndiHome, UMKM akan makin maju.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, betul banget kak, internet sangat berperan penting khususnya untuk perkembangan dan kemajuan UMKM, apalagi yg berada di pinggiran kota namun dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^