Berikut Syarat dan Cara Refinancing Mobil yang Benar

July 10, 2022

Refinance atau refinancing adalah istilah perbankan yang biasanya digunakan untuk mendapatkan dana segar ketika sedang mencicil kendaraan. Ketika membahas soal refinancing, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti di bawah berikut.

seva.id

Umumnya, terdapat 3 jenis refinancing yang berlaku pada perusahaan leasing atau bank, seperti:

Cash in refinancing

Cash in refinancing artinya adalah membayar sebagian utang dengan uang tunai supaya nilai utangnya menjadi lebih sedikit.

Cash out refinancing

Cash out refinancing artinya menarik uang tunai tambahan saat harga agunan naik untuk keperluan lain.

Rate and term refinancing

Rate and term refinancing ialah tipe refinancing yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Jadi prosesnya menutup utang lama dengan utang baru yang bunganya lebih kecil.

Untuk melakukan refinancing, ada syarat-syarat finansial yang perlu Anda perhatikan. Karena jika Anda bukan salah satu yang masuk ke dalam syarat ini, Anda tidak bisa melakukan refinancing. Seperti apa syaratnya

Memiliki utang yang sedang berlangsung

Jika tidak memiliki utang yang berlangsung cicilannya, Anda tidak bisa melakukan refinancing. Jika Anda tidak memiliki utang tetapi butuh dana, jatuhnya lebih kepada meminjam biasa.

Mengajukan utang baru

Saat mengajukan utang baru, sampaikan ke pihak kreditur bahwa Anda sedang melakukan proses refinancing. Jika Anda memilih cash out refinancing, prosesnya akan jauh lebih cepat karena Anda tidak pindah kreditur

Pelunasan utang lama

Jika Anda melakukan rate and term refinancing, utang Anda akan terbayar lunas dengan utang baru dengan nilai yang sama atau lebih besar.

Dalam melakukan refinancing, ada beberapa tahapan yang harus dijalani. Tahapan ini kira-kira membutuhkan waktu setidaknya seminggu lebih mulai dari menghitung total pinjaman hingga mendapatkan dana segar. Agar lebih jelas, simak tahapan berikut.

  • Mempelajari total pinjaman

Pastikan untuk mempelajari dengan baik berapa total pinjaman yang Anda butuhkan dan berapa yang sekiranya akan diberikan oleh pihak leasing. Jangan lupa cek berapa bunga dari harga mobil yang akan Anda bayar per bulannya

  •  Lengkapi dokumen

Lengkapi dokumen mulai dari KTP, KK, Akte nikah, NPWP, slip gaji, hingga fotokopi rekening 3 bulan terakhir

  •  Melakukan simulasi kredit

Simulasi kredit berguna untuk melihat gambaran yang jelas mengenai skema pembayaran berdasarkan tenor dan bunganya.

  •  Melakukan survey

Pihak leasing akan melakukan survey mobil Anda untuk memastikan kendaraan tersebut dalam keadaan baik dan bisa berfungsi. Biasanya proses ini cukup detail dari eksterior hingga pengecekan mesin.

  •  Menunggu refinancing disetujui

Jika semua sudah dilakukan, saatnya menunggu pihak leasing menyetujui refinancing. Biasanya memakan waktu hingga 7 hari kerja, namun lamanya proses ini berbeda di tiap perusahaan.

Jika Anda ingin melakukan refinancing dengan aman, pastikan perusahaan leasing tersebut memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Kini sudah banyak perusahaan leasing yang menawarkan jasa terbaik, salah satunya adalah SEVA.

Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial, baik untuk mobil baru maupun over kredit. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

Yuk, beli mobil yang jelas hanya di SEVA.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^