Resep Pisang Crispy Enak - Jajanan Sehat Murah Meriah

February 24, 2022

Jika berbicara di bidang kuliner tentu tidak akan ada habisnya, apalagi dengan makanan yang berbahan dasar pisang. Pisang memang menjadi andalan untuk berbagai menu camilan ataupun untuk berjualan, di samping bahan baku yang mudah di dapatkan, harga dan tenaga yang di keluarkan pun dapat terbilang cukup terjangkau. Saat ini, banyak orang-orang kreatif yang mencoba mengolah pisang menjadi makanan lain yang memiliki rasa lebih lezat. Salah satu olahan pisang yang sering dijumpai adalah pisang goreng crispy. Pisang goreng crispy ini dibuat dengan dilengkapi berbagai topping yang semakin membangkitkan selera. 

Sumber Gambar : Pinterest

Pisang crispy adalah pisang goreng yang diolah dengan bahan utama seperti tepung terigu, dan tepung beras. Jajanan ini menjadi jajanan yang laris karena memiliki cita rasa dan tekstur yang khas seperti crispy di luar namun tetap empuk di dalamnya. Pisang yang dapat Anda gunakan pun sangat beragam seperti halnya pisang uli, pisang raja, pisang tanduk, dan lain-lain sesuai dengan selera Anda. Beberapa jenis pisang yang paling sering digunakan untuk membuat pisang goreng yang nikmat di antaranya adalah pisang kapok, pisang raja, pisang tanduk, dan pisang nangka. Jajanan ini juga cocok untuk menemani Anda ketika bekerja maupun bersantai dengan teman maupun keluarga karena jajanan ini akan terasa lebih nikmat jika disandingkan dengan teh manis ataupun kopi panas.

Jika Anda sedang menginginkan jajanan pisang crispy ini namun malas untuk keluar rumah dan antre, dan boan dengan varian yang dijual oleh yang ada di pasaran sedangkan Anda adalah salah satu penggemar jajanan ini maka Anda dapat membuatnya sendiri loh, Anda juga dapat membuat kreasi pisang crispy Anda sendiri dan tentunya dengan porsi yang Anda inginkan. Berikut resep pisang crispy yang dapat menjadi inspirasi Anda untuk camilan di rumah ataupun sebagai ide Anda untuk berjualan.

Resep Pisang Goreng Crispy Mesir

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 5 – 7 buah pisang kepok
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 – 3 sdm gula pasir sesuai selera Anda
  • Air matang secukupnya
  • Tepung panir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya untuk membaluri pisang

Untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Pertama, kupas dan potong pisang sekitar 3 cm kemudian sisihkan. 

Untuk membuat adonan pencelup siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, tepung maizena, gula pasir, dan air matang kemudian atur adonan agar jangan terlalu kental ataupun terlalu encer.

Kemudian balurkan pisang kepok yang sudah dipotong tadi ke tepung terigu kering lalu celupkan ke adonan basah. Setelah itu balurkan hingga merata ke tepung panir.

Siapkan penggorengan, kemudian goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan, angkat, lalu sajikan bersama saus cocolan sesuai selera Anda. 

Untuk saus cocolannya, berikut ini dapat Anda gunakan sebagai inspirasi ketika ingin membuatnya.

Resep Saus Cokelat

Bahan yang dibutuhkan:

Bahan saus cokelat:

  • 100 ml susu cair
  • 100 gr cokelat blok iris iris
  • 1 sdm margarin

Cara membuatnya:

Rebus susu hingga mendidih, kemudian masukkan cokelat batang aduk sebentar, matikan api, aduk terus sampai cokelat leleh, lalu masukkan margarin dan aduk hingga rata, saus cokelat pun siap dihidangkan.

Kemudian siram di atas pisang goreng atau jadikan saus cokelat sebagai cocolan pisang, jika ingin diberi toping, tambahkan sesuai selera Anda. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku sukaaaaa pisang goreng begini. Tapi ga mau pake meses biasanya 😁. Jadi kalo mesen ini, pake keju aja. Suami yg biasanya pake meses. Memang cemilan paling cocok buat temen ngopi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cemilan yang cocok dinikmati pas nonton tv atau sambil ngobrol ya mbak 😊

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^