(Review) Pengalaman Menginap di Hotel Rattan Inn Banjarmasin - A Resort in the City

December 30, 2021

 Hello Beauites

Gimana kabar kalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat, ya! Kali ini aku ga bahas tentang tentang skincare atau makeup dulu karena kita sekali-sekali juga perlu refreshing untuk membuat pikiran tenang dan segar kembali. Selalu berhadapan dengan laptop dan smartphone dan kena radiasinya bisa-bisa bikin kulit cepat terlihat tua, keriput, dan lain sebagainya hehehe ga mau kan pasti. So, aku memutuskan untuk staycation saja (seperti biasa hehe) di hotel yang belum pernah aku datangi di Banjarmasin ini.

Sebenarnya aku sudah memimpikan bisa menginap di hotel ini sejak 5 tahun yang lalu di awal-awal aku menikah. Aku pikir hotel ini unik dan mereka mengklaim bahwa mereka ga hanya sekedar hotel, tapi juga sebuah resort di tengah kota. Wuihh.. penasaran dong gimana di dalamnya seperti apa, tapi baru kesampaian bisa menginap sekarang di hotel ini karena kebetulan ada rejeki sedikit (Alhamdulillah sekarang sudah tercapai).

RATTAN INN BANJARMASIN - A RESORT IN THE CITY

Alamat : Jl. A. Yani, Km 5,7 Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70238, Indonesia.
Contact : reservasi@rattan-inn.com
Instagram : @rattan_inn_bjm

Sumber : Hotelmurah.com

Review Hotel Rattan Inn Banjarmasin

AREA GEDUNG HOTEL DAN PARKIR

Parkir Hotel Rattan Inn ini sangat luas, baik untuk motor maupun mobil (sayang aku ga sempat foto area parkir ini) saking luasnya, kalau parkir motor kita harus berjalan cukup jauh menuju hotel. Terdapat juga parkir yang dekat dengan lobby dan itu khusus untuk tamu VIP saja. Security selalu men-cek secara berkala untuk parkir disini jadi dijamin aman.

Sedangkan untuk area gedung hotel ini sendiri berada di tengah kota, pinggir jalan besar dan sekelilingnya juga terdapat pemukiman yang cukup padat. Akses masuk untuk motor dan mobil tentu melewati jalan masuk yang di pinggir jalan raya A. Yani, dan keluar melalui jalur belakang yang dekat dengan pemukiman warga.

PROSES CHECK-IN

Jadwal check-in ku sebenarnya jam 14.00 WITA, tapi seperti biasa aku selalu datang lebih awal 1 jam. Kalau di Novotel kemarin aku bisa masuk pukul 13.30 WITA (lebih cepat setengah jam) ternyata disini ga semudah itu karena disini harus tepat waktu dengan jadwal dan ada beberapa kendala pada saat check-in. Sepertinya dataku ga terekam oleh pihak hotel padahal aku sudah memesan hotel ini tepat seminggu sebelum check in.

Suasana lobby Rattan Inn

Suasana lobby Rattan Inn

Suasana lobby Rattan Inn

Review Hotel Rattan Inn Banjarmasin
Suasana lobby Rattan Inn pada malam hari

Namun, saat itu receptionist agak kebingungan mencari pesanan kami dan berulang kali menanyakan pemesanan atas nama siapa. Oh iya, aku kemarin memesannya lewat Agoda seperti biasanya dan belum pernah ada masalah seperti ini. Kemudian, aku disuruh menunggu sembari kamar disiapkan, dan mereka akan menghubungi jika sudah ready. Btw, kamar yang aku pesan saat itu adalah kamar tipe Deluxe with pool view + breakfast (2 pax) + no smooking room + kamar lantai atas. 

Deskripsi Kamar dan Harga di Agoda

Proses check-in

Tepat pukul 14.00 WITA, receptionist menghubungi ku melalui telpon dan memberitahukan bahwa kamar sudah siap, mengambil kunci kamar dan menyerahkan deposit sebesar Rp. 200.000 yang akan dikembalikan setelah proses check-out nanti. 

KAMAR LANTAI 1

Dalam hati aku bergumam, oh.. lantai satu lagi, kemarin di Novotel juga dapat kamar lantai satu haha, eh ternyata, lantai satu disini sama seperti lantai dua, karena lantai dasar itu disebut ground. Aku naik menggunakan lift yang ada di sebelah kiri receptionist. Oh iya, karena aku menginap di Rattan Inn ini pada hari minggu, jadinya suasana hotel sangaaaaattt ramai pengunjung, mulai dari yang wedding, acara seminar-seminar (sepertinya lebih dari 2 acara), dan lainnya. Niat hati mau nyepi di hotel ini akhirnya agak sedikit stress, bahkan saat menunggu panggilan dari receptionist, di lobby ada beberapa anak muda yang nyaring sangat berbicara bahkan teriak-teriak hufttt I'm lil bit stress.

Oke, kita bahas masalah kamar, yang ternyata beda dengan yang di foto aplikasi Agoda haha. Entah mau senang atau sedih karena memang ada plus minusnya, sih. Kalau di Agoda aku pesan kamar dengan tipe Deluxe dan ternyata aku dapat kamar yang kalau di Traveloka ini adalah tipe kamar Grand Deluxe (dilihat dari furniture dan kamar mandinya), happy dong!


Review Hotel Rattan Inn


Sedihnya, aku pesan kamar yang pool view tapi ternyata "atap view" huhuhuhu ga ada yang bisa dilihat selain atap, karena atapnya terlalu lebar dan cuma bisa liat gedung atau ruko tinggi di seberang sana. Mungkin juga ketersediaan kamar dengan pool view udah habis kali ya, tapi kenapa ga diberitahu. Tapi, okelah, sebagai gantinya mungkin aku dapat kamar tipe grand deluxe dengan luas 28m2

FASILITAS KAMAR

Saat pertama kali masuk kamar, disambut oleh lemari pakaian besar sebelah kanan pintu dan tempat untuk meletakkan sendal di bawah dilanjutkan tempat meletakkan baju beserta barang-barang lain. Sedangkan sebelah kiri terdapat toilet. Oke, disini kita bahas fasilitas yang ada di kamar terlebih dahulu, ya. Oh iya, brangkas juga ada namun setelah aku coba, ga berfungsi.


Fasilitas Kamar Hotel Rattan Inn Banjarmasin

Then, disambut oleh TV besar sebelah kanan dan meja yang besar dan kursi, sedangkan tempat tidur berada di sebelah kiri adalah tempat tidur besar dengan segala hiasannya (halah hiasan) dan cermin di kedua sisinya yang membuat kamar ini terlihat lebih luas, di samping itu terdapat meja kecil tempat menaruh lampu tidur dan masing-masing sisi dapat colokan buat charge hp hehe.

Tempat tidurnya empuk, bantal empuk, sprei super bersih, wangi. Biasanya aku agak kurang nyaman dengan tempat tidur dan sprei hotel yang kadang-kadang terdapat noda-noda kuning bahkan kadang-kadang bau apek, untungnya disini super bersih dan nyaman.

Tempat Tidur Hotel Rattan Inn Banjarmasin

Tempat Tidur

Oh iya, lantainya dilengkapi dengan karpet tebal, ga seperti hotel bintang 4 sebelumnya, jadi kalau jalan ga bunyi nget-ngot. Selain itu fasilitas kamarnya ada AC central, Wi-Fi (pastinya), Coffee/Tea Maker lengkap dengan kopi, teh, dan gula. Sayangnya, pada kamar deluxe seperti ini masih belum include kulkas (huhu kecewa, deh) tapi memang ga ada keterangan pada aplikasi, namun biasanya kalau aku pesan kamar deluxe otomatis pasti udah include kulkas.


Karena aku aktif menggunakan internet, Wi-Fi salah satu yang paling penting buat aku, selama menginap sepertinya aku lebih banyak menggunakan data internet pribadi dibandingkan internet dari hotel karena ga terlalu stabil, kadang terputus, atau lelet. Jadi aku memutuskan untuk menggunakan data seluler saja untuk bekerja (sayang banget).

Terdapat lagi gangguan lain dari kamar yang ga kedap suara, karena sebenarnya selain ingin bekerja, aku mau relaksasi menikmati keheningan suasana di sana berharap mendapatkan tidur yang berkualitas, karena jujur, akhir-akhir ini aku mengalami kesulitan tidur, migrain, dan aku juga hypersensitive oleh suara. Malam itu karena hari minggu, pastinya banyak acara disana, dan sepertinya kamarku berada tepat di atas ballroom yang sedang digunakan untuk acara tertentu, jadilah sampai tengah malam aku ga bisa tidur karena suara yang tembus ke kamar haha.

KAMAR MANDI

Kamar mandi untuk ruangan ini harus aku acungi jempol, karena super bersih dibandingkan hotel-hotel sebelumnya, fasilitas di dalamnya ada toiletries lengkap (sabun cair, sabun batangan, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, cotton bud, sisir, penutup kepala). Dua handuk mandinya paling bersih, ga ada noda sama selaki, dan wangi (ini yang paling bersih yang pernah aku temui).

Tolietries, Kamar Mandi/Toilet Hotel Rattan Inn Banjarmasin

Selain itu, ada 2 shower dan air hangat pada shower juga di wastafel cepat panasnya, air deras dan bersih, wastafel besar + cermin besar, lampu sangat terang hingga di bawah wastafel juga terdapat lampu LED. Sayangnya, ga terdapat hair dryer, hair dryer harus request dulu ke staff, entah itu kena charge lagi atau ga.


Kamar Mandi/Toilet Hotel Rattan Inn Banjarmasin

Kamar Mandi/Toilet Hotel Rattan Inn Banjarmasin

Oh iya, satu lagi kurangnya dari kamar mandi ini, ga ada keran bawah yang bisa dipakai buat wudhu.. huhu.. kan susah mau wudhu pakai shower wkwkw but, it's okay lah, aku pakai shower biar lebih savage. Selain itu ga ada lagi sih kekurangannya, kamar mandinya super bersih, I LIKE IT, A  LOT!

Kamar Mandi/Toilet Hotel Rattan Inn Banjarmasin

BREAKFAST

Breakfast! Yeay! Sesuatu yang paling ditunggu-tunggu, karena sengaja aku pesan kamar di hotel ini include breakfast yang kata orang disini makanannya banyak macamnya dan enak-enak. Yuhuu.. Jiwa foodies-ku sontak bergetar dong kalau denger soal makanan hehe. Breakfast di Rattan Inn di mulai dari jam 6 pagi sampai dengan 10 pagi, kalau telat katanya bisa ga kebagian lagi yang enak-enak.

Berangkatlah kami ke Restoran Palmea tempat kami akan sarapan di lantai 2 pada pukul 7, lumayan banyak sih yang lagi sarapan, dan aroma wangi makanan sudah menghantui hidungku sejak keluar lift. Pada pintu masuk sudah di sodori pemandangan Soto Daging lengkap dengan gerobaknya, tahan..tahan.. jangan keburu ambil, di dalam pasti masih banyak godaannya. Satu demi satu makanan di lalui, nasi goreng yang langsung dibuat oleh abangnya, telur dadar, Soto Banjar, aku lewati semunya.




Menu sarapanku di Rattan Inn

Palmea Coffee Shop 

Sampailah pada ruangan makan utama, di dalam terpampang nyata berbagai menu hidangan nusantara yang dibuat oleh chef, aku ambil nasi langsung dan comot beberapa lauk beserta sayur. Memang, lidahku sangat lokal, aku ambil telur masak habang, pesmol patin, tumis sawi kembang kol aka capcay, dan empal jagung, suami juga bawa beberapa kue dan buah.

Rasanya? Hmm.. aku kasih rate aja, ya! Buat aku, yang suka makan melanglang buana ini (jiahh), aku beri rate rasa makanan + cemilannya 7,5/10. Tapi ga terlalu mengecewakan juga sih, karena semuanya habis ga bersisa dan kenyang bangett. Awalnya aku mencari-cari sosis, sup, dan kentang, aku suka banget sarapan di hotel dengan itu, tapi disini sepertinya ga tersedia menu tersebut.

-Perut kenyang, hati senang, saatnya kembali ke kamar lagi untuk hibernasi-

FASILITAS KOLAM RENANG DAN TAMAN

Kolam renang adalah salah satu tujuan utama aku ke Hotel Rattan Inn ini, bukannya mau berenang, tapi cuma mau menikati suasana kolam dan berfoto-foto, pasti bagus, deh! Ternyata ekspektasi aku ketinggian. Diawali dengan pintu menuju kolam yang memerlukan akses khusus, sehingga kami ga bisa sesuka hati masuk, memerlukan bantuan staff untuk membukakan pintu tersebut atau menunggu orang lain yang menginap yang memiliki akses karena kamar mereka harus melalui pintu ini (fasilitas kolam sebenarnya free untuk setiap pengunjung hotel).

Pintu masuk menuju taman dan kolam renang & kamar lainnya
Sumber : Tribunnews.co.id

Suasana Kolam Renang Rattan Inn Hotel


Pas sudah berhasil masuk, ternyataaaa.. ada acara guys di kolam wkwkw acara salah satu instansi gitu dan pastinya suasana disana sangat ramai ditambah ukuran kolam yang ga terlalu besar (ga sebesar Novotel), dan kami hanya berfoto ala kadarnya, duduk sebentar lalu balik ke sarang. Besoknya, kami coba ke kolam lagi tapi ternyata kolam masih sangat ramai.

Sebelah kiri : view dari lift


Tempat duduk outdoor

Hotel ini memiliki lift yang transparant, lift tersebut terdapat di area taman atau centre gedung ini, naik lift transparan so satisfying haha tapi bikin mabok (memang akunya sih yang ndeso). Di sekitar taman juga terdapat beberapa area tempat duduk untuk santai, tapi agak panas, kurang teduh kalau siang hari.

Oh iya, kalau kalian mau jajan di luar aksesnya juga sangat mudah dan dekat. Cukup jalan kaki sekitar 50m, kalian sudah bisa menemukan Indomaret, warung makan, serta berbagai cemilan dengan harga yang terjangkau.

Foto ini aku ambil dari samping Indomaret

PROSES CHECK-OUT

Proses check-out sangat lancarrr tanpa kendala, kami check-out sebelum pukul 12, dan hari itu cuaca hujan sedari pagi. Yahh.. entah kenapa setiap kami melakukan staycation ke hotel selalu diiringi dengan hujan, baik saat pergi maupun pulang haha. Oh iya, deposit juga dikembalikan utuh.

Over all, menginap disini cukup menyenangkan buat aku, kamar dan toilet yang super bersih menjadi nilai plus, namun untuk mengheningkan cipta sepertinya aku kurang tepat memilih waktu karena saat weekend pastinya akan ada banyak pengunjung yang datang ke sini. Kamar yang aku pesan termasuk murah karena dapat diskon dari Agoda, normalnya mungkin kamar tipe deluxe yang aku pesan sekitar 700k lebih.

So, apakah aku akan kembali staycation ke hotel ini lagi? Maybe.. tapi aku masih ingin mencoba menginap di hotel bintang 4 lainnya dulu. Do'ain aku banyak rejeki ya biar bisa staycation dan review hotel lagi ^^

Rate : 3,5/5

You Might Also Like

8 komentar

  1. Kalau ga salah di Banjarmasin ada Blogger Banua ya? Salah seorang blogger yang saye kenal Ayead, kenal kah Kak? Btw, ulasannya cukup lengkap dan detail. Keren deh pokoknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Saya juga bagian dari Blogger Banua 😊 Ayead juga kenal, kami berteman juga sejak 2011.
      Terima kasih kak kunjungan dan komennya 😊

      Delete
    2. Alhamdulillah ternyata kenal, salam aja ya buat Ayead.

      Delete
  2. Tapi agak aneh aja bintang 4 ga provide fridge ya mba. Baru kali ini aku baca ada hotel yg begitu. Bintang 3 masih wajar, tapi 4 seharusnya ada.

    Bisa jadi krnpesanan di awal ada masalah, makanya kalian di upgrade kamarnya, tapi sayang ga pool view. Cuma Agoda kadang2 memang suka eror. Aku pernah juga pesen dari situ dan ga masuk pas di hotel. Untungnya pihak hotel akhirnya bisa solve the problem, tapi lama nunggunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak Fanny, selama aku menginap di Hotel Bintang 3 atau 4 kalau pesan kamar deluxe pasti dan selalu ada kulkasnya, karena itu hal yg paling standar banget menurutku untuk kamar deluxe 🥲

      Iyakan? Kamar yg aku pesan harusnya pool view, ternyata lebih parah dari jalan raya view atau pemukiman view, yaitu Atap view 😆 ga bisa liat apa2 selain awan.

      Salahnya kemarin aku ga komplain sih pas udah liat kamar.. badan juga lagi ga terlalu fit, jadi ya sudahlah.. menjadi pengalaman 😊

      Delete
  3. Mantap shov jd pengen staycation juga wkwkw

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^