Solitaire, Game Legend Seru Anak 90-an

November 10, 2021

Kalian masih ingat game Solitaire? Atau bahkan kalian masih sering memainkan permainan kartu ini? Tidak heran, permainan ini memang seru dan tidak membosankan meskipun sering dimainkan selama bertahun-tahun. Anak kelahiran tahun 90-an pasti banyak yang mengenal game ini dari komputer mereka karena game ini sangat berjaya pada masanya, maka dapat dikatakan bahwa Solitaire game legend seru anak 90-an. Tidak hanya sebatas anak 90-an, bapak-bapak dan ibu-ibu pun masih banyak yang memainkan game seru ini. Selain Solitaire, biasanya pada masa itu di komputer juga ada game lainnya: Minesweeper, Mahjong, dan Free Cell.

Solitaire Game

Aku sendiri masih sering memainkan game Solitaire untuk mengusir kebosanan, berhubung memori smarthphone sering penuh, maka aku tidak mengunduh aplikasinya, tetapi memainkannya lewat browser di smarthphone. Cara memainkan game Solitaire ini memang keliatan sulit pada awalnya, tetapi sebenarnya game ini super gampang, lho!

Cara Memainkan Klondike Solitaire

Aku biasanya memainkan game Klondike Solitaire karena termasuk game Solitaire paling populer daripada jenis game Solitaire lainnya, berikut ini aku jelaskan bagaimana cara memainkannya.
  • Kunjungi website www.solitaire.org/solitaire-games. Itu merupakan website bermain game Solitaire secara online yang dapat dimainkan lewat browser smartphone ataupun laptop, sama sekali tidak berat ketika dibuka dan tidak membuat permainan jadi tersendat-sendat. Oleh karena itu, aku sering memainkan game legend Solitaire di sana.
  • Setelah kamu membuka websitenya, kamu pilih Klondike, maka tampilannya akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Solitaire Game
  • Tekan tombol play berwarna merah yang berada di tengah, kemudian pilih tingkat kesulitannya. Aku sarankan untuk pemula lebih baik memilih tingkat easy (mudah) dahulu karena ia hanya akan muncul 1 kartu ketika kamu butuh kartu baru. Namun, jika kamu sudah cukup handal memainkannya, kamu dapat memainkan yang tingkat normal. Tingkat kesulitan normal akan memunculkan 3 kartu sekaligus ketika kamu butuh kartu baru.
Solitaire Game
  • Beginilah tampilan game Klondike Solitaire untuk tingkat easy.
Solitaire Game
  • Pada bagian kanan atas merupakan kartu-kartu yang harus disusun, kartu-kartu tersebut harus tersusun mulai dari King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, dan 2. Ketika menyusun kartu-kartu tersebut, warna dari kartu harus selang seling merah-hitam atau hitam-merah, tidak dapat disusun dengan warna yang sama. Sambil menyusun kartu tersebut, kamu harus mencari kartu Ace/As dari masing-masing jenis kartu (♠ Spade, ♥ Heart, ♦ Diamond, dan ♣ Club) yang kemudian diletakkan pada bagian kiri bawah sesuai dengan jenis kartunya, agar kartu-kartu yang sudah disusun pada bagian kanan atas sebelumnya dapat dikelompokkan sesuai dengan jenis kartunya secara berurutan, yaitu: Ace/As, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 19, Jack, Queen, dan yang paling atas adalah King. Oh ya, kamu dapat mencari kartu yang kamu butuhkan pada kartu yang tersusun di bagian kiri atas.
Seperti yang sudah dipilih pada pemilihan tingkat kesulitan sebelumnya, yaitu easy, maka kartu yang muncul hanya 1, tetapi kamu dapat mengklik pada kartu tersebut secara berkali-kali sampai menemukan kartu yang kamu cari. Bagaimana jika tidak menemukannya? Maka kamu harus mencari pada kartu di bagian kanan atau kamu harus membuat strategi agar dapat mengambil kartu kamu cari yang berada di tumpukan kartu-kartu tersebut.


Pada bagian inilah yang membuat game Solitaire seru, kamu harus memakai strategi agar semua kartu dapat tersusun pada bagian kiri sesuai dengan jenis kartunya. Jika kamu berhasil mengumpulkannya, maka kamu menang.

Masih kesulitan memainkan game legend seru Solitaire yang ini? Masih ada game Solitaire lainnya yang lebih mudah, tetapi tetap menjadi game Solitaire yang paling populer, yaitu Spider Solitaire.


Cara Memainkan Spider Solitaire
  • Kembali kunjungi website www.solitaire.org/solitaire-games, pilih Spider Solitaire. Kemudian tekan tombol play berwarna hijau yang berada di tengah seperti Solitaire sebelumnya.
  • Pilih tingkat kesulitannya, untuk pemula kembali aku sarankan untuk memainkan yang tingkat easy terlebih dahulu.
  • Sedikit berbeda dengan Klondike Solitaire, kartu yang disusun pada Spider Solitaire semuanya memiliki warna dan jenis kartu yang sama dengan urutan dimulai dari King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan yang terakhir Ace/As. Itulah sebabnya aku katakan Spider Solitaire lebih gampang daripada Klondike Solitaire. Setelah semua kartu tersusun, dengan otomatisnya kartu-kartu itu tersusun pada bagian kanan atas. Kemudian kamu dapat melanjutkan menyusun kartu hingga semua kartu  habis.

Ini ketika aku berhasil memenangkan Spider Solitaire. By the way, jangan salah fokus dengan jumlah scorenya karena aku tidak sangat handal dalam memainkan Solitaire. 


Gampang, kan? Selain Klondike Solitaire dan Spider Solitaire, ada juga Solitaire lainnya yang tidak kalah populer.

Free Cell

Golf Solitaire

Pyramid Solitaire

Tripeaks Solitaire

Semua jenis game Solitaire ada di website game online, bahkan jika kamu ingin mencari game legend lainnya seperti Mahjong, kamu juga dapat memainkan di website game online www.solitaire.org.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^