Cara Mengajarkan Rukun Iman Kepada Anak Sejak Usia Dini

September 30, 2021

Mengajarkan kepada anak tentang agama Islam sejak dini adalah kewajiban setiap orang tua. Sebab menanamkan kepercayaan dan keyakinan kepada Allah Swt. serta agama Islam merupakan dasar untuk menjadi seorang Muslim yang taat. Kepercayaan ini tidak hanya diyakini di dalam hati, tetapi juga harus bisa diamalkan dalam tindakan dan kehidupan sehari-hari. Agar tidak bingung, berikut akan diuraikan cara mengajarkan Islam kedapa anak melalui rukun-rukun Allah.

Rukun Iman

Iman Kepada Allah Swt.

Rukun iman pertama dan yang paling wajib Anda ajarkan kepada di kecil ialah iman kepada Allah Swt. Artinya percaya dengan sepenuh hati bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Allah adalah Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan kepada anak dengan senantiasa memberitahunya agar menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan Allah Swt.

Iman Kepada Malaikat

Rukun selanjutnya yang wajib diimani oleh setiap Muslim ialah iman kepada malaikat-malaikat Allah. Allah Swt. menciptakan malaikat dari nur atau cahaya, mereka tidak pernah berbohong serta selalu patuh dan taat kepada-Nya. Anda bisa mengajarkan nama-nama 10 malaikat beserta tugasnya kepada si kecil, serta memberitahunya agar senantiasa menjaga setiap perbuatan dan lisannya.

Iman Kepada Kitab-Kitab

Selanjutnya ada iman kepada kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. melalui perantara malaikat. Masing-masing kitab tersebut berisi firman Allah yang disampaikan sebagai wahyu melalui malaikat Jibril kepada  rasul-rasul-Nya.

Kitab-kitab yang diturunkan tersebut di antaranya kitab Zabur kepada Nabi Daud AS, kitab Taurat kepada Nabi Musa AS, kitab Injil kepada Nabi Isa AS, dan kitab Al-Qur’an sebagai penyempurna kitab-kitab lain diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Anda bisa mengajarkan kepada si buah hati dengan cara menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Iman Kepada Rasul

Beriman kepada nabi dan rasul artinya yakin dan percaya bahwa Allah Swt. mengutus untuk mereka menyampaikan wahyu dan memberikan keselamatan. Sikap percaya kepada nabi dan rasul bisa Anda ajarkan kepada anak dengan cara meneladani kisah-kisahnya dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Iman Kepada Hari Kiamat

Artinya percaya bahwa suatu saat akan datang hari akhir serta yakin akan adanya hari setelah kematian yaitu kehidupa di akhirat tempat manusia mempertanggungjawabkan segala perbuatannya. Cara mengajarkan kepada anak dengan cara rajin menunaikan ibadah serta berdoa demi keselamatan dunia dan akhirat.

Iman Kepada Qada’ Dan Qadar

Meyakini bahwa semua takdir baik dan buruk terjadi atas kehendak dan ketetapan Allah Swt. Anda bisa mengajarkan si kecil agar selalu bersyukur, sabar, dan tawakal kepada Allah Swt. serta senantiasa bersikap rendah hati.

Itulah tadi cara mengajarkan rukun iman kepada anak, semoga artikel ini bisa membantu Mama dan anak agar senantiasa beriman kepada Allah Swt.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Jakarta Beauty Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger