Menginap di Hotel Bintang Empat Budget 200rb-an (Review Novotel Banjarmasin Airport)

August 19, 2021

Hallo teman-teman!

Gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat-sehat, ya!

Wah, rasanya sudah lama sekali ga staycation dan terakhir kali staycation mungkin pada tahun 2017 atau 2018 mungkin, kemudian setelah itu terjadilah pandemi yang membuat kita semua sulit untuk pergi kemana-mana (demi kebaikan kita semua). Well, sebenarnya staycation kali ini benar-benar ga direncanakan, dan aku menginap tepat satu minggu yang lalu yaitu 13-14 Agustus 2021.

Beberapa hari sebelumnya aku merasa agak down yang membuat mood hancur dan bawaannya ingin nangis aja, pas hari kamis suami mengajak aku buat staycation untuk menenangkan pikiran. Hotel incaran kami saat itu adalah Aston, tapi karena saat kami pesan waktu sudah menunjukkan hampir jam 8 malam dan kami menggunakan pembayaran melalui Alfamart (karena mobile banking suami bermasalah), setelah sampai Alfamart, ternyata mereka ga menerima pembayaran apapun lagi (karena sudah mapir tutup, di masa PPKM minimarket wajib tutup jam 8 malam), dan gagal lah kami booking Aston pada malam itu.

Bangun pagi, aku buka handphone dan search di Google Map kemudian mengetik "Hotel Novotel Banjarbaru", muncul map beserta list harga di bawahnya untuk penawaran hari ini dari berbagai travel agent dan aku lihat di sana terpampang harga Rp. 237.150,-. Masih belum percaya dengan harga tersebut untuk kamar Superior/malam dan aku teruskan untuk pesan dan sampai ke proses checkout, ternyata hanya ditambah pajak dan lainnya sebanyak Rp. 49.801,- saja, dan total yang harus dibayarkan adalah Rp. 286.951,-. Harga yang sangat murah dibandingkan melalui aplikasi si biru yang menawarkan kamar superior dengan harga Rp. 411.000,- keatas untuk permalamnya di sana.

Ga pakai pikir panjang, langsung kami bayar saat itu juga dan langsung mulai packing karena waktu check-in pada jam 14.00 Wita, cukup jauh dari rumah karena posisinya di luar Kota Banjarmasin, yaitu sekitar 29km dari rumah kami. We're so excited hari itu mendapatkan harga terbaik dan bisa langsung staycation di hotel bintang empat.

NOVOTEL BANJARMASIN AIRPORT

Alamat : Jl. Ahmad Yani Km. 27 No. 1A Landasan Ulin Timur, Banjarbaru, 70724

Instagram : @novotel_banjarmasin_airport

Parkir motor sebelah kiri, mobil sebelah kanan

Tamu yang parkir dapat naik lewat tangga ini dan bisa juga diantar ke depan lobi

Novotel Banjarmasin Airport ini memiliki letak yang cukup strategis, berada di pinggir jalan besar yang jika ke arah kiri menuju ke Kota Banjarmasin, sedangkan jika ke arah kanan menuju ke Kota Banjarbaru. Tepat di depan hotel ini adalah Bandara International Syamsudin Noor, ga heran kalau hotel ini menjadi salah satu hotel favorit para wisatawan atau mereka yang melakukan perjalanan bisnis.

Novotel Banjarmasin Airport ini memiliki bangunan seperti berada di atas bukit yang cukup tinggi, jadi kita harus menaiki tangga untuk menuju ke lobi hotel. Sebelum memasuki lobi harus mencuci tangan terlebih dahulu dan melewati pemindai metal detector, kemudian cek suhu badan serta ga lupa menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan oleh pihak hotel.

Suasana lobi hotel

Proses Check-in Sangat Cepat

Langsung menuju ke resepsionis untuk check-in dan saat itu waktu menunjukkan pukul 13.30 WITA, menyerahkan data diri, memilih kamar no smooking dan kemudian tanpa menunggu lama kami langsung diberikan kartu kamar dan boleh masuk. Ga seperti hotel sebelum-sebelumnya yang mana kami harus menunggu karena waktu check-in harus sama dengan yang tertera pada aplikasi yang kami pesan.

Kamar Lantai 1

Kamar kami berada di lantai 1, cukup kebingungan awalnya mencari jalan menuju kamar kami karena kami belum pernah ada yang menginap di sini. Beruntung saat itu kami bertemu dengan staf hotel yang sangat ramah dan mau menunjukkan kamar kami. Oh iya, kamar kami bukan yang pool view, ya hihi but, menurut aku ini sudah tergolong sangat murah.

Tangga menuju lantai 1

Pemandangan Kolam yang Asri

Saat kami keluar dali lobi hotel menuju kamar, kami disuguhi pemandangan kolam renang hotel yang indah, asri dan pastinya sepi hihi. Sejenak pikiran ini menjadi tenang dan kembali fresh setelah segala macam keruwetan yang ada. Kami sempatkan untuk berfoto di sini sebelum menuju kamar mumpung suasananya sangat sepi, bahkan di sana hanya ada kami berdua. Tempat ini mirip seperti resort, ya :D








Kamar Tipe Superior Twin Room 25m2

Buat aku, kamarnya cukup luas dengan lantai yang terbuat dari vinyl, membuat suasana kamar lebih santai dan warm. Hanya saja, karena sudah lama dibeberapa bagian lantai ada yang sudah mulai berbunyi. Dilengkapi dengan tv layar datar sekitar 32 inch dan banyak channel pilihan dengan gambar yang bagus. Di bawahnya terdapat meja baca + lampu baca sebagai penerang dan juga kursi empuk.

Jendela yang sangat besar adalah hal yang paling aku suka kalau menginap di hotel soalnya pencahayaan foto menjadi bagus. Tepat di depan jendela besarnya, terdapat sofa bed yang lumayan besar plus meja. Fasilitas kamar menurut aku cukup lengkap dengan adanya kulkas dan pembuat kopi/teh, untuk kulkas agak kurang dingin dan pembuat kopi/teh-nya berfungsi dengan baik.

Review Hotel Novotel Banjarmasin Airport








Mungkin karena kami menggunakan promo hemat, jadinya kami ga mendapatkan minibar seperti pada staycation di hotel-hotel sebelumnya, kami hanya mendapatkan 2 botol air mineral yang diletakkan di atas meja. But it's okay, karena Alfamart sangat dekat dengan hotel kalau ingin mencari cemilan, hehe.



Nah, untuk kasur kami pilih yang twin single bed. Yah.. lumayan lah kasurnya empuk dilengkapi dengan selimut tebal. Namun, sayang sarung bantalnya mungkin sudah lama ga diganti baru (hanya di cuci) ada noda sedikit kuning pada satu sarung bantal. So far, everything ga ada yang bau apek (karena pada hotel sebelumnya ada yang bau apek).

Pada sebelah kiri pintu masuk terdapat 2 lemari tinggi besar yang diantaranya terdapat kaca besar yang bisa untuk selfie seperti ini :D


AC yang digunakan pada kamar sepertinya AC central, ga memiliki remote dan hanya ada tombol untuk mematikan atau menghidupkan AC pada dinding kamar. Suhu ruangan ga bisa diatur sendiri (otomatis), tapi karena kamarnya sudah terasa sangat dingin, kami memutuskan untuk ga menggunakan AC tersebut.

Kamar Mandi

Kamar mandi, is good. Cukup luas dan nyaman. Fasilitasnya shower, sikat gigi + pasta gigi, ga ada gelas untuk di wastafel, hairdryer yang berfungsi dengan baik, air panasnya cukup cepat panas, toilet duduk ga ada kendala, dan tersedia 2 handuk. 





Over all, kamar dan hotel ini cukup nyaman apalagi mengingat harga kamar ini yang ga sampai 300k jadi worth it banget. Hanya terdapat beberapa kekurangan dari kamar yang kami pesan (entah apakah sama dengan kamar-kamar lainnya) yang ga kedap suara sehingga suara dari luar bisa masuk, orang-orang yang berjalan di lorong kamar, suara pesawat yang take off ataupun landing, dan suara lainnya, serta masalah sarung bantal yang menguning.

Selain itu, hotel ini sangat nyaman dengan berbagai fasilitasnya. Sayangnya kami ga mencoba menu sarapannya karena kami berdua memutuskan untuk hunting makanan yang ada di daerah sekitar hotel sambil menikmati suasana pagi dan malam di sana berdua. Untuk nambah sarapan di hotel ini cukup membayar Rp. 80.000,- per orang guys.

Smooking Area (Out door)

Suasana Malam di Sekitar Kolam Renang


Proses check-out dilakukan sebelum jam 12.00 Wita, sama dengan proses check-in nya yang ga ribet dan ga memakan waktu lama. Seneng sih karena pelayanannya cepat, staf hotel juga sangat ramah, bikin betah menginap di sini.

Oh iya, buat kalian yang menginap di sini juga bisa pesan makanan melalui aplikasi Grab maupun Gojek, terdapat beragam makanan enak di sana, tapi buat kalian yang ingin mencari kuliner sekitar hotel, aku sarankan untuk mencari ke arah Banjarmasin. Soalnya pada masa PPKM seperti sekarang, kalau kalian mencari kuliner ke arah Banjarbaru terlihat sangat sepi (mungkin karena beda aturan).

Kembali ke Novotel Banjarmasin Airport lagi? Pastinya iya. Aku bakal kembali menginap di sini lagi karena suasana dan pemandangan di dalam hotelnya yang asri. 

Rate : 4.5/5

You Might Also Like

2 komentar

  1. Novotel itu chained hotel favoritku :D. Sayang ga pakai sarapan mba, Krn biasanya sarapan mereka banyak dan enak. Tapi ntah ya selama pandemi, Krn banyak hotel berbintang yg mengurangi varian buffet breakfastnya demi cut cost.

    Suamiku kalo sdg tugas ke sana, pasti dari kantornya nyediain Novotel ATO Aston. Antara 2 itu aja. Akupun kalo bingung mau book hotel apa pas sdg ke kota2 lain, lgs pilihannya kalo ga Novotel ya Aston. Yg udah pasti bagus :D

    ReplyDelete
  2. Wah, next aku harus cobain sarapan di Novotel nih. memang cozy banget hotelnya dan pengen balik lagi.. hehe

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Jakarta Beauty Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger