Mana yang Lebih Baik, Sunscreen atau Sunblock? Ketahui Dulu Perbedaannya

August 11, 2021

 Hello Beauties!

Apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat-sehat, ya!


Guys, kalian termasuk yang rutin menggunakan sunscreen atau sunblock ga pada saat di luar maupun di dalam ruangan? Untuk kalian yang jarang menggunakan sunscreen atau sunblock, sebaiknya kalian harus mengubah kebiasaan itu dari sekarang, kenapa? Karena kulit yang ga memiliki perlindungan dan terus menerus terpapar oleh sinar matahari akan mengalami penuaan dini. Contoh penuaan dini ada berbagai macam, seperti : kerutan, dark spot, flek, sunburn, hingga kanker kulit.

Perbedaan sunscreen dan sunblock

Sinar UVA dan UVB, serta Dampaknya

Sinar UVA merupakan sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang yang lebih tinggi, tetapi tingkat energunya lebih rendah dibandingkan dengan sinar UVB. Sinar UVA ini dapat menembus jendela serta awan. Jadi walaupun dalam keadaan mendung atau sedang berada di dalam rumah.

Sinar UVA ini dapat menembus dan mempengaruhi sel kulit lebih dalam. Selain itu, sinar UVA dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan penuaan dini, seperti noda hitam, bahkan dapat menyebabkan kanker. Itulah mengapa sinar UVA sering dikaitkan dengan beberapa kanker kulit.

Sinar UVB merupakan sinar ultraviolet yang memiliki panjang gelombang lebih pendek namun tingkat energinya lebih tinggi dibandingkan sinar UVA. Sebagian besar sinar UVB diserap oleh lapisan ozon, sedangkan sebagian lagi dapat menembus atmosfer. Berbeda dengan sinar UVA, sinar UVB tidak dapat menembus jendela dan awan. 

Sumber : google.com

Jika terpapar berlebihan oleh sinar UVB ini, dapat menyebabkan kerusakan lapisan kulit terluar dan dapat secara langsung merusak DNA. Beberapa efek negatif dari sinar UVB ini adalah menyebabkan sunburn, kulit memerah yang disertai perih, rasa terbakar hingga merusak melanin sehingga membuat kulit terlihat lebih gelap.

Dilihat dari banyaknya efek negatif dari paparan sinar UVA dan UVB yang berlebihan inilah alasan mengapa penggunaan sunscreen atau sunblock menjadi sangat penting dalam keseharian kita di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Nah, antara sunscreen dan sunblock apa bedanya, sih? Dan mana yang lebih baik?

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen dan sunblock keduanya sama-sama memiliki fungsi sebagai pelindung kulit dari paparan buruk sinar matahari, namun yang membedakan mereka berdua adalah cara kerjanya, sebagai berikut :

Sunscreen

Biasa disebut chemical sunscreen, merupakan tabir surya yang memiliki cara kerja dengan memfilter dan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Chemical sunscreen ini harus digunakan 15 - 20 menit sebelum kita melakukan aktifitas atau berada di bawah sinar matahari, karena kandungannya memerlukan waktu untuk terserap dengan baik ke lapisan kulit.

Sunblock

Sunblock sering disebut sebagai physical sunscreen, memiliki cara kerja menghalau atau memantulkan sinar matahari (UVA, UVB) dari kulit. Sunblock melakukan perlindungan di atas permukaan kulit dan pengaplikasian sunblock tidak memerlukan waktu yang lama sebelum melakukan aktifitas di bawah sinar matahari karena sunblock dapat langsung bekerja langsung setelah pengaplikasiannya pada kulit. 

Sunblock atau Sunscreen, Mana yang Lebih Baik?

Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi paparan sinar matahari berlebih yang dapat merusak kulit kita, penggunaannya dapat kita sesuaikan dengan kondisi atau keperluan kita. Misalnya untuk daily use dan kita banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, ruangan, atau tidak terpapar langsung oleh sinar matahari ada baiknya menggunakan sunscreen, karena biasanya sunscreen memiliki tekstur yang ringan dibandingkan sunblock sehingga nyaman untuk digunakan saat beraktifitas sehari-hari.

Sedangkan sunblock lebih cocok digunakan pada orang-orang yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan atau sering terpapar langsung sinar matahari, karena cara kerja sunblock menghalau paparan sinar UV yang akan masuk ke kulit. Biasanya tekstur dari sunblock lebih berat dibandingkan sunscreen dan kebanyakan sunblock meninggalkan warna putih atau whitecast saat diaplikasikan.

__________

Sebelum menentukan untuk menggunakan sunscreen atau sunblock apa, ada baiknya kita juga memperhatikan dan mengenali label pada kemasan produk tabir surya berikut :

  • Board Spectrum : Jika tabir surya memiliki label ini maka produk ini dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB agar kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dan sunburn
  • SPF : SPF atau Sun Protector Factor, merupakan indikator seberapa baik sebuah sunscreen atau sunblock melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Angka SPF menjadi penentu seberapa lama kita dapat terpapar sinar matahari tanpa terbakar selama menggunakan produk tabir surya tersebut. Namun begitu, tetap pilih tabir surya yang memiliki SPF yang sesuai dengan kebutuhan kulit, karena yang paling penting adalah jangan lupa untuk melakukan re-apply tabir surya setiap 2 jam sekali untuk hasil dan perlindungan yang maksimal.
Nah, sekarang sudah tau kan gambaran secara umum perbedaan antara sunscreen dan sunblock dan mana yang lebih baik atau cocok dengan kegiatan kalian sehari-hari. Terima kasih sudah mampir ❤

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^