Gejala Penyakit Pada Jantung Manusia yang Sering Tidak Disadari

December 19, 2020

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia karena jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh, ketika jantung mengalami masalah maka kinerja organ tubuh lainnya juga akan terganggu hingga dapat merenggut nyawa. Masyarakat pun masih memiliki pengetahuan yang minim mengenai gejala dan cara mencegah penyakit ini, kerap kali masyarakat beranggapan bahwa penyakit jantung hanya menyerang yang telah lanjut usia dan ada pula yang merasa bahwa ia aman dari penyakit jantung karena ia tidak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehingga tidak ada kewaspadaan sejak dini terhadap penyakit jantung. Hal-hal itu juga menjadi faktor penyebab penyakit berbahaya ini membunuh banyak orang.

Gejala Penyakit Pada Jantung  Manusia yang Sering Tidak Disadari
Sumber Foto : Health.detik.com

Ada beberapa gejala penyakit pada jantung manusia yang sering tidak disadari oleh banyak orang yang sebenarnya harus diwaspadai, berikut ini adalah gejala-gejalanya:

Mudah Merasa Lelah

Ketika kamu sedang beraktivitas namun merasakan lelah dengan cepat, maka patut diwaspadai, bisa jadi itu adalah gejala penyakit jantung. Dilansir oleh Halodoc, mudah merasa lelah merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung, hal ini disebabkan oleh jantung dalam kondisi lemah tidak dapat memasok oksigen dan sel darah secara cukup ke otak dan otot sehingga mengakibatkan seseorang mudah lelah serta sesak nafas.

Apa yang dapat dilakukan ketika kamu merasakan gejala ini? Mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti sering berolahraga dan istirahat yang cukup serta mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, berbagai biji-bijian, dan daging yang tanpa lemak. Hindari pula makanan yang tidak sehat seperti lemak jenuh dan alkohol.

Merasakan Nyeri atau Pegal Pada Leher

Orang yang memiliki pola hidup yang tidak sehat dan tidak waspada dengan adanya penyakit jantung dapat merasakan pegal atau nyeri pada bagian leher yang bisa menjalar ke bagian rahang. Biasanya, rasa pegal ini dianggap remeh karena mirip seperti sedang kelelahan, namun ini juga merupakan gejala serangan jantung. Rasa pegal atau nyeri ini muncul dari jantung dengan memberikan sinyal melalui sumsum tulang belakang yang mana sumsum tulang belakang ini berada di dekat leher, itulah sebabnya leher terasa nyeri atau pegal.

Bagaimana cara membedakan pegal karena penyakit jantung dan kelelahan? Biasanya pegal karena penyakit jantung tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat dan diberikan pijatan. Jika merasakan gejala itu, maka segeralah periksa ke dokter.

Merasakan Pusing dan Sakit Perut

Pusing dan sakit perut hingga muntah-muntah umumnya dirasakan oleh orang yang menderita penyakit asam lambung dan masuk angin, padahal gejala itu juga merupakan gejala dari serangan jantung dan jantung koroner disebabkan oleh tidak efektifnya jantung dalam memompa darah yang dapat berakhir dengan kematian.

Dikutip dari Alodokter, gejala ini akan terasa selama setengah jam bahkan lebih dan tidak akan hilang walaupun sudah meminum obat untuk meredakan nyeri.

Mendengkur

Dalam Alodokter, seseorang yang tidur dengan mendengkur disebabkan oleh terhalangnya atau menyempitnya saluran pernafasan. Mendengkur banyak dialami oleh orang-orang, tetapi jika diikuti gejala lain seperti terbangun dalam keadaan tersedak, sakit kepala ketika bangun tidur, gelisah, tekanan darah tinggi, dan adanya rasa nyeri di dada maka jangan disepelekan, segeralah periksa ke dokter karena itu merupakan gejala dari penyakit jantung.

Itulah gejala-gejala penyakit jantung pada manusia yang sering tidak disadari, sadarilah gejala-gejala dari penyakit jantung mulai dari saat ini sehingga dapat ditangani dengan cepat dan berkesempatan untuk sembuh dari penyakit jantung.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Subscribe