5 Alasan Kenapa Kentang Bagus Dikonsumsi saat Diare?

September 29, 2020

Diare masih menjadi penyakit  yang sering menyerang masyarakat di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Ketika diare menyerang, seseorang akan terhambat aktivitasnya. Hal ini disebabkan karena harus mondar-mandir toilet serta timbulnya rasa tidak nyaman di bagian perut. Rasa mulas terus mengganggu penderita diare sepanjang hari. Frekuensi buang air besarnya yang tinggi pun membuat penderita diare memiliki potensi kehilangan banyak cairan tubuh.

Kehilangan banyak cairan tubuh tidak dapat dianggap sepele lho. Sebab, kehilangan cairan tubuh dapat berakibat fatal hingga berujung kematian.

Sumber Gambar : Suara.com

Diare dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari terpapar bakteri, virus atau makan makanan yang tidak higienis. Oleh sebab itu, cuci tangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena dapat mencegah tubuh dari gangguan atau masalah pencernaan.

Bila sudah terlanjur kena, cara mengatasi diare di rumah yang utama adalah dengan mengganti cairan tubuh yang hilang untuk menurunkan risiko penyakit lain.

Selain itu, kamu juga sebaiknya mencari tahu mengenai makanan apa saja yang direkomendasikan untuk pasien diare. Salah satunya adalah kentang.

Pernahkah kamu mendengar bahwa kentang dapat meringankan diare? Kok bisa? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini mengenai 5 alasan kenapa kentang bagus dikonsumsi saat diare.

1 . Dapat menjadi sumber energi

Menjadi salah satu jenis makanan sumber karbohidrat, kentang sangat dianjurkan bagi pasien diare. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan dikonversi oleh tubuh menjadi sumber energi. Hal tersebut sangat diperlukan ketika seseorang sedang lemah akibat diare yang menyerang.

2. Kentang dapat memadatkan feses

Kentang tergolong ke dalam makanan yang mengandung rendah serat sehingga mudah dicerna. Semakin makanan tersebut mudah dicerna oleh tubuh, semakin memiliki kemampuan dalam memadatkan feses. Makanan karbohidrat lain yang juga memiliki kemampuan untuk memadatkan feses adalah roti gandum. Jika kamu memiliki roti gandum ketika sedang diare, makanlah tanpa tambahan selai dan lainnya.

3. Memiliki kandungan Potasium

Potasium atau dikenal juga dengan kalium (dalam bahasa Indonesia) merupakan jenis mineral dan elektrolit yang sangat diperlukan bagi tubuh. Potasium sangat berperan dalam menjaga cairan tubuh,mengatur kerja otot dan saraf, menjaga kesehatan jantung, serta berperan dalam membantu penyerapan nutrisi. Seseorang yang kurang potasium dalam tubuhnya dapat mengalami berbagai macam gangguan kesehatan, mulai dari diare hingga palpitasi atau kondisi jantung yang berdebar. Kentang memiliki kandungan potasium sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pasien diare.

4. Mengandung pati resisten

Pati resisten yang terdapat pada kentang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kentang mengandung pati resisten yang dapat kamu konsumsi untuk meringankan diare yang sedang kamu alami.

5. Memiliki rasa hambar

Ketika sedang mengalami diare, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak memiliki cita rasa atau hambar. Hal ini terdapat pada kentang. Oleh sebab itu, konsumsilah kentang dengan cara direbus lalu dikupas kulitnya. Kamu tidak perlu langsung makan kentang rebus dalam porsi besar. Cukup sedikit saja namun frekuensinya yang ditambah. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja usus saat mencerna makanan.

Itulah lima alasan kenapa kentang bagus dikonsumsi saat diare. Selain mengkonsumsi kentang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi diare. Misalnya seperti minum larutan oralit, menghindari makanan yang kaya akan serat, mengkonsumsi probiotik, minum obat diare seperti entrostop, mengkonsumsi sup, serta air kelapa. Yuk segera atasi diare untuk kelancaran aktivitasmu!

 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Selain itu kentang sumber karbo yg LBH bagus drpd nasi. Makanya papaku yg ga bisa makan nasi, slalu pake kentang untuk karbonnya mba

    Akupun kepengin bisa gitu, tp blm bisa tiap hari. Blm terbiasa aja sih sbnrnya. Apalagi suami ga mau juga diajak berubah , ganti nasi ke kentang. Pdahal LBH sehat efeknya ke tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.. Abah juga harusnya berpindah dari nasi ke kentang juga, tapi masih ga bisa.
      Aku juga maunya gitu, tapi susah banget kalau circle kita ga dukung.

      Delete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Subscribe