Mengenal Kartu Debit dan Kartu Kredit Beserta Fungsinya

February 02, 2020

Hello teman-teman, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat ya!

Teman-teman pastinya sudah familiar dong dengan yang namanya bank dan sering bertransaksi dengan menggunakan bank? Entah itu untuk keperluan berbagai macam pembayaran, transfer uang, peminjaman, menabung, maupun investasi. Keberadaan bank saat ini memang sudah menjangkau berbagai kalangan hingga sebagian orang lebih banyak bertransaksi menggunakan layanan bank daripada cash untuk berbagai keperluan.

Kartu Debit

Selama ini pastinya kita sudah sering mendengar isitilah-istilah perbankan, seperti Kartu Kredit dan Kartu Debit. Mungkin saat ini kartu kredit terdengar lebih populer dibandingkan kartu debit, namun apakah kalian tau kalau masing-masing kartu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda namun memiliki satu tujuan yang sama, yaitu untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi tanpa menggunakan cash.

Bagi teman-teman yang masih awam dan ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan kartu kredit dan kartu debit beserta fungsinya, di sini akan aku bahas hal tersebut secara singkat.

Pengertian Kartu Debit dan Kartu Kredit

Kartu Debit Merupakan sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank, kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan yang kita miliki pada bank penerbit kartu tersebut. 

Sedangkan kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank penerbit kartu tersebut untuk memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi. Kartu kredit ga mengacu pada saldo rekening nasabah, namun kartu kredit fungsinya meminjamkan nasabah uang terlebih dahulu yang nantinya tagihannya akan diakumulasikan sesuai penggunaannya pada tempo tertentu untuk dibayar ke bank.

Apa Fungsi Kartu Debit dan Kartu Kredit

- Kartu Debit

Di beberapa negara penggunaan dari kartu debit memang sudah cukup populer dan luas, karena kartu debit dapat menggantikan transaksi tunai (cash) menjadi non-tunai sehingga nasabah lebih mudah, praktis, dan efisien dalam melakukan transaksi. Pembayaran kartu debit ini langsung ditransfer dari rekening si pemegang kartu (dari saldo tabungan yang dimiliki), bukan membayarnya kemudian.

Fungsi kartu debit ga hanya sebagai alat pembayaran elektronik, namun dengan kartu debit juga bisa melakukan penarikan uang tunai dengan mudah, dikarenakan kartu debit dapat berfungsi sebagai kartu ATM dan melakukan penarikan tunai. Selain itu, beberapa bank biasanya juga menawarkan berbagai cashback untuk pengguna kartu debit-nya.

- Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki fungsi yang hampir sama dengan kartu debit, yaitu untuk mempermudah nasabahnya untuk bertransaksi, bedanya hanya pada sistem pembayarannya saja. Transaksi menggunakan kartu kredit tidak langsung ditransfer dari saldo tabungan nasabah, melainkan nasabah dapat pinjaman uang untuk bertransaksi dari bank bersangkutan dengan limit tertentu yang sudah disepakati sebelumnya dalam bentuk tagihan.

Semua tagihan yang muncul dalam kartu kredit tersebut harus dibayarkan nasabah/pengguna kartu kredit tersebut dan wajib dibayarkan oleh nasabah/pengguna sebelum jatuh tempo yang telah ditetapkan oleh bank. Pihak bank menetapkan beberapa kebijakan padalayanan kartu kredit tersebut jika terjadi keterlambatan dalam pembayaran oleh nasabah, yang mana setiap tunggakan akan dikenakan bunga dan biaya lainnya yang harus dibayarkan oleh nasabah.

Pilih Kartu Debit Atau Kartu Kredit?

Mau menggunakan kartu debit atau kartu kredit memang sama-sama membuat transaksi menjadi lebih mudah dan praktis, namun penggunaan keduanya memerlukan kebijaksanaan oleh penggunanya, karena jika berlebihan dan ga bijaksana menggunakan keduanya, pada akhirnya kita yang akan merugi, tabungan yang ada akan semakin sedikit karena selalu menggunakan kartu debit atau tagihan kartu kredit akan semakin membengkak. 

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Subscribe