Menghemat Biaya Listrik di Rumah

January 19, 2020

Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik dan air terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakan tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik maupun air harus disiasati dengan pola hidup hemat. Terutama untuk energi listrik, sering kali kita memiliki kebiasaan yang sangat jelek dengan menggunakan listrik bahkan saat siang hari, efeknya terasa setelah diakumulasi pada akhir bulan. Untuk menghindari hal tersebut, beberpa cara dan tips untuk menghemat listrik ini dapat diterpakan dalam kehidupan sehari-hari.

Source : via.co.uk
1. Cabut kabel atau peralatan dari saklar saat tidak digunakan 

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisian gadget, TV, setrika maupun barang elektronik lainnya. Ketika kita merasa tidak perlu menggunakan listrik itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik kita. Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia dan kita harus membayar tagihan listrik yang sebenarnya beberapa persen dari tagihan itu merupakan tagihan listrik yang terbuang percuma. Lebih baik cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik yang mengalir dan akhirnya terbuang begitu saja. 

2. Gunakan listrik dengan sistem pulsa
 
Alat listrik hemat energi dengan sistem pulsa akan membantu kita dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Alat listrikhemat energi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah kita rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu kita dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat kita lebih bijak dalam menggunakan listrik.

3. Hemat pemakaian lampu
 
Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan pnerangan dirumah dengan hanya menggunakan lampu pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari dan gunakan lampu hemat energi.

4. Matikan alat elektronik saat tidur

Hindari kebiasaan tidur dengan bebagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala, misal TV masih menyala ketika tidur, lampu masih menyala, gedget sedang dalam pengisian baterai.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat biaya listrik di rumah, selain untuk menghemat pengeluaran tagihan listrik di rumah, hemat listrik juga merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Yuk, hemat listrik dari sekarang 😉

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe