Foam Atau Gel, Mana Facial Wash yang Cocok Untuk Jenis Kulitmu?

January 19, 2020

Hello Beauties, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan cantik ya!

Belakangan, produk kecantikan maupun skincare sangat pesat berkembang dengan berbagai macam manfaat dan kegunaan yang ditawarkan. Biasanya aku selalu tertarik ingin mencoba berbagai produk baru baik itu kosmetik atau produk perawatan wajah/skincare (namanya juga wanita, yakan? hehe). Tapi biasanya saat kita mencoba produk terbaru ga selalu sesuai dengan harapan kita, terkadang ada yang cocok dengan kulit wajah ada pula yang ga cocok dengan kulit wajah sehingga menyebabkan berbagai efek negatif, seperti ; jerawat, kulit kering, kulit terlalu berminyak, komedo, hingga iritasi.

Beauty Blogger

Hal Tersebut ga hanya berlaku pada produk kosmetik saja loh, produk skincare-pun bisa demikian dapat menyebabkan efek negatif jika salah memilih produk. Sama halnya pada produk perawatan wajah yang paling dasar, yaitu sabun cuci muka atau facial wash. jika salah memilih facial wash yang ga cocok dengan karakteristik kulit wajah kita bisa berakibat ga baik loh.

Loh, bukannya facial wash itu cuma sekedar untuk membersihkan wajah? kok bisa demikian harus diperhatikan juga pemilihannya? Yang penting kan wajah bersih aja?

Jenis-jenis Facial Wash

Seiring berkembangnya industri dunia kecantikan, tentu saja untuk produk facial wash pun sekarang memiliki ragam dan jenisnya, supaya apa? agar lebih cocok untuk tiap-tiap karakteristik kulit wajah sehingga formulanya dapat bekerja maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan untuk kulit. Maka dari itu, memilih facial wash atau sabun cuci muka ga bisa sembarangan, berikut 2 jenis facial wash yang umum digunakan :

- Facial Foam
- Cleansing Gel

Facial Foam

Siapa sih yang ga pernah menggunakan facial foam, jenis sabun wajah yang satu ini adalah yang paling banyak digunakan untuk membersihkan wajah sejak dulu hingga sekaran. Tekstur awalnya biasanya lebih seperti cream yang sedikit padat, namun setelah terkena air dan diusap cleanser ini akan menjadi sangat berbusa.


Umumnya, facial foam ini water-based dan busa dari facial foam ini mampu mengangkat minyak berlebih pada wajah sehingga setelah menggunakan facial foam ini wajah menjadi lebih kesat. 

Cocok Untuk Kulit : Normal, Normal to Oily
(Untuk kulit sensitif dan kering sebaiknya jangan menggunakan facial wash jenis ini karena akan membuat wajah semakin kering).

Contoh produk facial foam drugstore : Pond's White Beauty Facial Foam, Citra Pearly White Facial Foam, Garnier Sakura White Pinkinsh Radiance Foam, Sariayu Putih Langsat Facial Foam, Senka Perfect Whip, dan masih banyak lagi produk lainnya.


Cleansing Gel

Facial wash yang satu ini teksturnya dalam bentuk gel, dengan ciri khas transparan (ada yang bening namun banyak juga yang berwarna). terasa ringan sehingga aman dan ga menyebabkan iritasi pada kulit, khususnya pada kulit yang sedang bermasalah seperti berjerawat, beruntusan, dan lainnya.


Saat menggunakan clenasing gel, kulit ga akan terbebani, namun jangan khawatir daya bersih nya juga tinggi sama halnya dengan facial foam. Dengan menggunakan cleansing gel, kelembaban kulit akan tetap terjaga (ga membuat kulit menjadi kering atau terasa ketarik). 

Cocok Untuk Kulit : Berminyak, Berjerawat, Kombinasi, dan Sensitif.

Contoh produk cleansing gel drugstore : Wardah Acne Cleansing Gel, Garnier Pure Active Cleansing Gel, Pond's White Beauty Pearl Cleansing Gel.

Selain memperhatikan jenis dari facial wash-nya sendiri terntunya jangan lupa untuk memperhatikan komposisinya juga ya, pilih lah produk facial wash yang memiliki bahan-bahan yang aman digunakan dan cocok dengan jenis kulitmu.

Nah, itu dia perbedaan antara facial foam dan cleansing gel, kira-kira jenis facial wash yang mana yang cocok buat kamu? share di kolom komentar ya 😊

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe