Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat Tanpa Ribet

January 16, 2020

Karang gigi merupakan tumpukan plak yang sudah mengeras di gigi. Plak ini bisa muncul akibat sisa makanan yang masih tersisa disela-sela gigi, sisa makanan yang lama tidak terangkat inilah yang akan menyebabkan plak pada gigi. Tak heran banyak orang yang mencari tahu tentang cara menghilangkan karang gigi.
Sebenarnya, karang gigi bisa diatasi dengan air liur, namun jika karang gigi sudah banyak maka hal itu sangat sulit untuk dibersihkan dengan air liur. Akibat dari karang gigi yang menumpuk yaitu berkembangnya bakteri menjadi lebih cepat dan akan menyebabkan gigi berlubang.
Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Cara Scaling
Menghikangkan karang gigi yang sudah parah hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Cara menghilangkan karang gigi pada dokter gigi ini menggunakan alat yang disebut dengan scaler, metode pembersihan karang gigi dinamai scaling gigi.
1. Membersihkan sisa makanan
Banyak yang beranggapan hanya dengan sikat gigi bisa membersihkan sampai kesela-sela gigi bagian dalam. Namun nyatanya jika cara menggosok gigi salah maka akan menyebabkan penumpukan sisa makanan.
Sikat gigi rutin setiap dua kali sehari memang baik, namun Anda juga harus melakukan perawatan gigi setiap enam bulan sekali di klinik gigi. Ini akan mengurangi dampak munculnya karang gigi, dan pastinya akan membuat kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.
2. Mencegah gingivitis
Manfaat dari scaling selanjutnya yakni mencegah terjadinya gingivitis, karang gigi yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan peradangan pada gusi atau gingivitis yang bisa menyebabkan gusi bengkak serta mudah berdarah.
Scaling gigi merupakan cara menghilangkan karang gigi yang mudah dan cepat, karena ditangani langsung oleh dokter gigi yang memang ahlinya dalam memeriksa kesehatan gigi Anda.
 
Kesehatan Gigi
Source : Popmama.com
Nah, selain Scaling ternyata Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan karang gigi. Ada beberapa cara ampuh untuk menghilangkan karang gigi tanpa ribet, dan yang pasti dengan hasil maksimal.
Rajin Gosok Gigi
Cara menghilangkan karang gigi yang ampuh yakni dengan rutin menggosok gigi. Tapi perlu Anda ingat menyikat gigi tidak boleh asal-asalan, karena jika menyikat gigi tidak benar hanya akan menyebabkan sisa makanan berpindah tempat bukannya terangkat. Teknik menyikat gigi yang benar adalah dengan gerakan secara memutar sikat gigi.
Flossing
Setelah Anda menyikat gigi, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya yakni  melakukan flossing atau membersihkan sela gigi dengan benang gigi. Untuk Anda yang menggunakan behel gigi maka wajib sekali flossing setiap hari setelah sikat gigi, agar sisa makanan yang terselip dibehel nda terangkat.
Jika itu dibiarkan maka akan sisa makanan akan menumpuk dan bisa menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Tentunya Aanda tidak mau kan gigi yang sudah rapih nantinya malah ada karang gigi karena malas membersihkan sela sela gigi dan behel.
Gunakan Obat Kumur
Cara menghilangkan karang gigi berikutnya yaitu dengan menggunakan obat kumur.  Karena dengan menggunakan obat kumur maka dapat membasmi kuman dimulut Anda sehingga dapat mencegah timbulnya karang gigi.
Jangan Mengonsumsi Makanan Sembarangan
Fungsi utama dari gigi adalah untuk mengunyah, jika Anda mengonsumsi makanan terutama yang manis maka akan menyebabkan timbulnya kuman dan bakteri dengan cepat.
Nah, kuma dan bakteri tersebut jika bertemu dengan makanan yang manis maka akan memproduksi zat asam yang bisa menyebabkan kesehatan gigi terganggu.
Menggunakan Baking Soda
Selain dengan beberapa cara di atas, cara menghilangkan karang gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan baking soda. Anda bisa menggunakan baking soda dengan campuran garam sebagai pasta gigi. Cara ini ampuh untuk mengatasi karang gigi, dan juga membuat gigi lebih putih. Lakukann lah seperti biasa saat Anda menyikat gigi.
Menjaga kesehatan gigi dengan rutin juga sangat penting , salah satunya dengan berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi Anda.

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih efektif dan praktis juga dapat dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi. Informasi lebih lengkap selanjutnya ada di https://www.cekaja.com/info/cara-menghilangkan-karang-gigi-tanpa-ke-dokter-paling-ampuh-dan-efektif/ . Nah, agar Anda memliki tabungan untuk kesehatan gigi Anda, yuk daftarkan asuransi kesehatan Anda di CekAja.com. dan dapatkan perlindungan asuransi dengan premi terendah, jaminan terlengkap dan pengajuan tercepat.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Saya pernah scaling. Again ngilu saat prosesnya. Tetapi, memang puas dengan hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah memang bagus ya lh mbak, saya belum pernah nih 😅

      Delete
  2. Karang gigi yang tebel banget, juga ngganggu sih. Kadang malah jadinya mengkristal, retak dan tajam melukai gusi.
    Cara mencegahnya bagus banget tipsnya. Dan kudu cek up lagi ke dokter gigi nih. Makasih shariingnya mbak

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe