5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan

January 16, 2020

Setelah lulus kuliah, siapapun pasti menginginkan pekerjaan yang layak sesuai dengan jurusan yang diambil. Begitu pula dengan jurusan ilmu perpustakaan, mereka pasti mencari pekerjaan yang cocok untuk jurusan ilmu perpustakaan untuk dipilih.. Mungkin ini menjadi masalah utama Anda, ketika banyak orang mengira bahwa jurusan ilmu perpustakaan memiliki prospek kerja yang sempit dibandingkan dengan jurusan lain. Namun siapa kira, nyatanya di dunia kerja banyak pula jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda yang lulus kuliah jurusan ilmu perpustakaan.

Source : Mediaperpus.web.id
Gambaran Tentang Pekerjaan Untuk Jurusan llmu Perpustakaan

Jika Anda pernah berfikir menjadi seorang lulusan ilmu perpustakaan, nantinya akan bekerja menjadi seorang penjaga perpustakaan yang duduk sambil ngantuk di depan meja kerjanya. Jika hal demikian pernah terfikirkan oleh Anda, maka buang jauh-jauh gambaran Anda tentang hal demikian. Karena lebih daripada itu, Anda yang lulus di jurusan ini justru memiliki banyak peluang untuk menempati pekerjaan yang gaji besar.

Ya, pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan ini untuk saat sekarang memang sudah cukup terbuka lebar dan variatif. Mulai dari pekerjaan freelance, pekerjaan di perusahaaan swasta ataupun pekerjaan di instansi pemerintahan semua ada. Bahkan tak menutup kemungkinan buat Anda yang lulus di bidang ini bisa terjun ke ranah internasional.

Apa Saja Jenis Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Ilmu Perpustakaan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lulusan ilmu perpustakaan tidak melulu soal buku dan perpustakaan. Tapi lebih dari apa yang Anda fikirkan, di dunia ada banyak jenis pekerjaan yang cocok untuk jurusan ilmu perpustakaan ini. Jika Anda masih bingung jenis pekerjaan apa yang tepat, simak 5 jenis pekerjaan jurusan ini :

a. Pustakawan

Menjadi seorang pustakawan adalah salah satu profesi yang disarankan bagi Anda yang lulus di jurusan ilmu perpustakaan. Jenis profesi ini memang banyak yang memandangnya sebelah mata. Tapi siapa sangka, seorang pustakawan begitu banyak dibutuhkan sebagai pengelola informasi. Bahkan di luar negeri, pustakawan kini dinilai hampir setara dengan insinyur, dan para peneliti lain. Untuk Anda yang masih bingung, Anda bisa ambil pekerjaan ini yang terpenting Anda harus asah terus softskill agar Anda bisa menjadi pustakawan yang teladan.

b. Arsiparis

Profesi ini juga cocok bagi Anda yang lulus jurusan ilmu perpustakaan, terutama buat Anda yang hobi mengelola dokumen-dokume penting untuk diarsipkan. Jika Anda ingin bekerja menjadi seorang arsiparis, Anda hanya perlu menguasai ilmu kearsipan dan dokumentasi.

c. Penulis dan Editor

Setiap hari tentu Anda sudah bergelut dengan buku, maka sudah sepatutnya Anda menjadi seorang penulis. Meskipun siapapun bisa berada di profesi ini, namun bagi Anda yang lulusan ilmu perpustakaan adalah yang paling cocok menekuni bidang ini.

d. Konsultan Perpustakaan Maupun Konsultan Informasi

Seorang sarjana ilmu perpustakaan seperti Anda juga cocok menjadi konsultan loh. Tepatnya menjadi konsultan informasi maupun konsultan perpustakaan. Dengan menggeluti profesi ini, maka Anda akan menjadi orang yang sangat berguna. Karena Anda bisa memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan informasi atau perpustakaan.

e. Manager
Siapa bilang jurusan ilmu perpustakaan tidak bisa menjadi seorang manager? Profesi ini juga cocok loh untuk Anda yang lulusan ilmu perpustakaan. Kan dulu waktu kuliah ada mata kuliah manajemen perpustakaan dan manajemen koleksi. Dari bekal tersebut maka Anda bisa menjadi seorang manager yang hebat.


Setelah Anda mengetahui jenis pekerjaan yang cocok untuk jurusan ilmu perpustakaan, maka tidak perlu ditunda lagi. Pilih jurusan ini untuk kuliah Anda. Ada banyak jenis pekerjaan jurusan ilmu perpustakaan yang sedang menanti Anda. Jika Anda menemui kendala dana pendidikan, maka ajukan segera di situs cekaja.com. 

You Might Also Like

1 komentar

  1. biasanya kebanykan jadi arsip arsip di perusahaan nihh jurusan ini

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe