4 Tips Agar Biaya Membangun Rumah Sendiri Jadi Lebih Murah

January 16, 2020

Anda tidak ingin membeli rumah siap huni karena desainnya kurang sesuai dengan kebutuhan dan selera? Kalo begitu mengapa tidak membuatnya sendiri saja? Membangun rumah sendiri dengan biaya minim bukan hal yang tak mungkin untuk diwujudkan loh!
Source : Rumahku,com
Nah untuk membantu anda merealisasikan rumah impian dengan dana yang terbatas, di bawah ini telah kami siapkan beberapa tips jitunya. Penasaran, ingin tahu? Yuk mari langsung saja kita baca uraian lengkap mengenai cara membangun rumah sendiri dengan biaya murah berikut ini!

Tips Cara Membangun Rumah Sendiri Dengan Biaya Murah

Sebenarnya hanya ada satu cara agar anda bisa membangun rumah impian sendiri dengan biaya yang murah. Cara tersebut tak lain yaitu anda harus membuat perencanaan dengan sematang mungkin.
Nah adapun tips yang termasuk dalam perencanaan pembangunan rumah tersebut dapat dijelaskan dengan lebih rinci pada poin-poin di bawah ini.
    1. Buatlah anggaran biaya pembangunan
Memanajemen uang yang anda miliki merupakan hal penting yang wajib dilakukan jika anda ingin membuat rumah sendiri dengan murah.
Dengan membuat rencana anggaran pembangunan, anda bisa mengoptimalkan budget yang ada dan berusaha untuk tidak mengeluarkan biaya lebih besar daripada yang sudah anda estimasikan.
    1. Buatlah rancangan bangunan model minimalis
Setelah anda mengetahui kondisi finansial dan membuat anggaran pembangunan, selanjutnya anda harus membuat rancangan bangunan rumah.
Nah karena tujuan anda adalah membuat rumah impian sendiri dengan harga yang murah, rancangan bangunan yang anda pilih sebaiknya merupakan bangunan bergaya minimalis.
Konsep ini dinilai lebih simpel, sederhana, dan efisien dalam penggunaan material bangunan. Untuk membuat rancangannya, anda bisa mencontek dari internet.
Pilihlah rancangan rumah minimalis berbentuk persegi atau persegi panjang. Sebab kedua bentuk tersebut bisa menghemat biaya anda, baik dari segi kemudahan pembuatan, pengugunaan material, maupun waktu pengerjaan.
    1. Menentukan bahan material yang akan digunakan
Setelah anda sudah membuat rancangan bangunan rumah dengan matang, kini saatnya anda untuk menentukan jenis dan jumlah bahan material yang akan digunakan.
Adapun secara garis besar, material bangunan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu material konstruksi untuk pondasi, material finishing, dan material instalasi.
Proses pembelian material ini biasanya merupakan proses yang paling banyak memakan banyak biaya. Nah agar hal tersebut tidak terjadi, sebelum membeli material anda terlebih dahulu harus mengukur dan menghitung keperluan bahan material dengan jeli.
Setelah itu, carilah penjual material yang menawarkan harga murah, kualitasnya terjamin, dan waktu pengirimannya tepat. Untuk mendapatkannya memang tidak mudah.
Anda harus membandingkan antara satu toko dengan toko lainnya. Atau menanyakan beberapa referensi pada orang yang  berpengalaman dan punya koneksi.
Setelah mendapatkan penjual yang tepat, pilihlah bahan material yang paling tahan lama agar bangunan yang dibuat kokoh dan tidak cepat rusak. Dengan begitu nantinya anda tidak perlu repot melakukan perbaikan yang biasanya memakan biaya cukup besar.
    1. Cermat memilih juru bangunan
Walaupun anda membangun rumah sendiri, namun dalam prosesnya anda tetap memerlukan juru bangunan sebagai pihak yang membantu anda dalam mendirikan bangunan tersebut.
Nah, untuk merealisikan rencana pembangunan rumah, anda harus cermat memilih juru bangunan. Terdapat dua jenis juru bangunan, yaitu ada yang memakai sistem harian, dan borongan.
Nah karena proses membangun rumah terdiri dari banyak pekerjaan, sebaiknya anda menyewa jasa juru bangunan borongan.
Juru bangunan dipilih juga karena harganya yang lebih murah dan proses pengerjaan pembangunan rumah biasanya dapat mereka selesaikan lebih cepat daripada juru bangunan harian.
Untuk mendapatkan juru bangunan borongan terbaik, anda harus cermat memilih berdasarkan pengalaman yang telah dilakukannya dan testimoni dari orang lain. Pastikan kualitas bangunan yang telah mereka buat sebelumnya rapi dan kokoh.
Nah itulah 4 tips bagaimana cara agar dapat membangun rumah sendiri dengan harga yang murah. Jika anda masih bingung, anda bisa membaca referensi lain yang masih relevan, salah satunya yaitu dari Cekaja.com berikut ini https://www.cekaja.com/info/tips-membangun-rumah-sendiri-dengan-biaya-minim/
Bagi anda yang belum familiar, Cekaja.com merupakan sebuah portal layanan informasi andal dan terpercaya yang bisa membantu anda menentukan keputusan finansial yang tepat dan cerdas.
Jika anda yang ingin berkonsultasi mengenai manajemen keuangan, perencanaan, dan kebutuhan terkait finansial lainnya, platform ini pasti akan sangat bermanfaat. Yuk segera kunjungi web-nya!


You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe