10 Ide Makanan Berkuah yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

January 28, 2020

Hello teman-teman, apa kabar? semoga semuanya dalam keadaan sehat-sehat ya!

Udah ga kerasa kita sudah memasuki yang namanya musim hujan nih, musim hujan ga melulu identik dengan banjir dan munculnya berbagai macam penyakit yang bermunculan saat musim ini tiba, seperti Demam Berdaran dan penyakit lainnya. Tapi saat datangnya musim hujan seperti ini kita juga memiliki kesempatan untuk menikmatinya.

Ide Makanan Berkuah Musim Hujan
Seringkali saat kita menikmati musim hujan yang cenderung dingin dan berangin, perut akan selalu terasa lapar dan ingin memakan sesuatu yang hangat dan berkuah, namun kadang-kadang kita bingung menentukan atau memutuskan mau makan apa saat udara dingin melanda. Nah kali ini aku kasih rekomendasi nih buat kalian, 10 ide makanan berkuah yang cocok disantap saat musim hujan tiba.

1. Mie Instant Rebus

Haduh, siapa di sini yang bisa menolak kenikmatan si maha lezat favorit sejuta umat ini sih? ga usah di musim hujan, musim yang lainpun kayaknya tetep doyan. Tapi akan mantap lagi kalau disantap pada saat cuaca sedang dingin atau sedang hujan, terus disajikan selagi panas. Eh, jangan lupa sayur, telur dan cabe rawitnya ya biar makin nampol lezatnya, kalau mau tambah nasi juga enak kan? hihihi

Source : Endeus.TV

2. Seblak

Nah, salah satu kondimen dalam makanan ini biasanya juga termasuk mie, selain itu pastinya ada kerupuk basah, makroni, potongan ayam, sosis dan berbagai toping lainnya yang pastinya bakalan bikin ngiler. Makan seblak pas cuaca dingin? dijamin jadi keringetan deh, hihihi siapa berani coba seblak level tertinggi? Itung-itung untuk bakar kalori di musim hujan karena ga bisa jogging di luar karena lagi hujan 😀

Source : TipsTrend.com

3. Sop Ayam

Sop Ayam ini biasanya hidangan keluarga banget, masakan yang sering dibuat oleh mama dengan campuran kentang, worel, kol dan potongan ayam besar di dalamnya yang bikin suasana dan hati menjadi lebih hangat saat di makan pada saat cuaca dingin dan dimakan saat berkumpul bersama anggota keluarga yang lain.

Okezone.com

4. Capcay Kuah

Pecinta sayuran tentunya udah ga asing sama yang namanya capcay, capcay biasanya di sajikan dengan 2 cara yaitu goreng dan kuah. Membuat capcay pun cukup mudah dilakukan di rumah, dengan berbagai sayuran dan tambahan protein lainnya seperti daging ayam, udang atau cumi-cumi. Sepertinya sajian yang satu ini sangat sehat karena kaya akan serat dan protein, pas banget kan dimakan saat musim hujan seperti sekarang agar daya tahan tubuh meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit yang timbul dari musim penghujan ini.

Merdeka.com

5. Soto

Oh ya ampun, kalau dari daerah asalku ini yaitu Banjarmasin terkenal banget sama namanya Soto Banjar. Makanan berkuah yang sangat terkenal di sini dan pastinya salah satu makanan ternikmat disantap saat cuaca dingin/hujan tiba. Kalau di sini kondimen sotonya itu beragam, seperti : Telur bebek rebus, soun, ayam suir yang berlimpah, perkedel kentang, ditambah perasan limau kuit dan sambal, wah dijamin bikin ngiler guys.

Source : Masakandapurku.com

6. Bakso

Hayoo siapa di sini pemuja bakso? ah kalau aku baru setahun terakhir ini baru suka dengan yang namanya bakso, I don't know why! Siapapun pasti setuju ya kalau bakso ini adalam makanan yang tepat disantap saat hujan-hujan? Apalagi disajikan pas panas-panas dengan pentol bakso besar yang isinya ada telur ayamnya 😣

Source : Food.Detik.com

7. Mie Ayam

Mie ayam ini sodaranya bakso, biasanya abang yang jual bakso pasti kebanyakan juga jual mie ayam, ya udah kalo pas ujan melanda kalau kalian bingung mau makan bakso atau mie ayam kalian bisa langsung beli keduanya aja hihi. Cita rasa mie ayam memang sedikit berbeda dengan bakso karena menggunakan ayam yang dimasak khusus diatasnya, selain itu mie yang digunakan juga berbeda, bisa dibilang kalau mie ayam lebih berat dari bakso tapi sama-sama nikmat.

Source : Ngadem.com

8. Ronde

Kudapan satu ini memang sangat populer dari zaman dulu hingga sekarang, paling nikmat disantap pada saat cuaca sedang dingin atau hujan, ronde merupakan cemilan yang pas dan menyehatkan di saat musim hujan karena mengandung jahe yang dapat menghangatkan tubuh dan tenggorokan, selain itu bola-bola yang terbuat dari tepung ketan yang menjadi salah satu kondimennya juga rasanya enak,macam mochi gitu ya 😍

Source : Kumparan.com

9. Pempek

Pempek pun sangat cocok disantap saat musim hujan tiba, dengan kuah cuka yang disiram diatas lenjer ataupun kapal selam, bakalan bikin cuaca dingin jadi lebih seru karena nikmatnya pempek perpaduan dari rasa manis, asam, dan gurih menjadi satu.

Source : FImela.com

10. Ramen

Buat kalian yang berlidah internasional khususnya pecinta makanan Jepang, ga salah kalau pilih ramen sebagai teman di kala musim hujan tiba, rasa gurih khas ala masakan Jepang mampu mengembalikan mood dan energi.

Source : Travel.Kompas.com

Nah, demikian 10 ide makanan berkuah yang dapat kamu santap saat musim hujan atau cuaca sedang dingin, semoga ga galau lagi ya menentukan mau makan apa saat perut lapar di kala musim hujan yang dingin 😊

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalau kesukaan saya
    Sip ayam, Soto dan Bakso
    Badan jadi anget dan kemringet

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe