Sebelum Memutuskan Beli Motor Baru, Yuk Intip Dulu Tips Membeli Motor Sesuai Keperluan

December 17, 2019

Hello, apa kabar?

Saat ini berbagai merk dan jenis motor baru menjamur di pasaran Indonesia, ga jarang komsumen dibuat bingung dalam memilihnya karena masing-masing perusahaan otomotif menawarkan harga yang bersaing dan type motor yang menarik serta semakin modern. Namun, apakah semua type atau model motor yang ditawarkan oleh perusahaan otomotif sudah sesuai dengan keperluan kita?

Sumber Foto : Astra-Honda.com
Memang dalam memilih motor memerlukan tips khusus agar dikemudian hari ga menjadi penyesalan karena motor yang dipilih ga sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari, apalagi kalau kita sebagai cewek pasti bingung dalam memilih motor yang cocok karena pengetahuan kita akan otomotif sangat minim. Maka dari itu di sini akan aku kasih beberapa tips membeli motor yang sesuai dengan keperluan kita, yuk simak!

1. Tujuan Membeli Motor
Pertama-tama kita harus tau terlebih dahulu apa tujuan kita membeli motor, apakah untuk bekerja/kuliah? atau hanya sekedar sebatas kesukaan dan hobi. Jika tujuannya membeli motor untuk mempermudah mobilitas kita saat pulang pergi bekerja atau kuliah, maka pastikan memilih motor yang tepat.

2. Type yang Cocok
Setelah menentukan tujuan, tentunya selanjutnya kita harus memilih type sepeda motor yang cocok untuk kita gunakan, misalnya jika kita seorang pekerja atau mahasiswa pastinya akan lebih baik memilih motor yang nyaman dikendarai, irit bahan bakar, dan ga rewel dalam perawatannya, apalagi kalau misanya untuk wanita biasanya lebih memilih type motor matic yang nyaman digunakan dan ga ribet.

3. Membadingkan Harga
Sebelum mastikan membeli motor baru pada satu dealer, ada baiknya kita harus membandingkan harga atara dealer yang satu dengan yang lainnya apakah berbeda, lebih mahal atau lebih murah karena biasanya tiap dealer memiliki harga yang berbeda dan beberapa menawarkan promo yang menarik.

4. Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu
Pastinya sebelum meninggalkan dealer dan membawa motor baru pulang kerumah, pastikan sudah melakukan pengecekan fisik di dealer, pastikan semua komponen berfungsi dengan baik, seperti starter, lampu depan/belakang, dan lainnya.

5. Perhatikan Kelengkapan Suratnya
Ini adalah hal yang paling penting, yaitu kelengkapan surat menyurat dari motor itu sendiri seperti STNK dan BPKB. Biasanya pengurusan surat menyurat oleh dealer ini ga terlalu lama prosesnya, namun ada beberapa dealer yang memproses surat kelengkapan ini cukup lama. Maka dari itu perlu kita pastikan dengan menanyakan kepada pihak dealer kapan kelengkapan surat motor tersebut selesai.

6. Harga Jual
Baru beli motor kok sudah memikirkan harga jual? Tentu saja ini adalah salah satu hal penting saat kita ingin membeli motor baru, karena bisa jadi suatu saat ketika kita sudah merasa ga nyaman dengan motor yang ada kemudian ingin menggantinya dengan yang baru, kita masih bisa menjual motor yang lama. Maka dari itu, pastikan motor yang kita beli memiliki harga jual yang cukup bagus, paling ga harga jualnya ga jatuh di pasaran. 

Hal yang mudah kan dilakukan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli motor baru, khususnya untuk cewek. semoga tips ini bermanfaat ya, sampai jumpa di artikel berikutnya 😊

You Might Also Like

2 komentar

  1. Pingin banget beli motor pakai uang sendiri tapi belum kesampain sampai skarang... moga2 aja tahun 2020 kesampaian. Makasih tipsnya mbak, bermanfaat nih kalau aku jadi beli motorπŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Banyak mikir2, ehh uangnya kepakai yg lain hhee..

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe