Keuntungan dan Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Syariah

December 08, 2019

Saat ini produk-produk yang berlandaskan syariah sangat diminati oleh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali asuransi kesehatan. Produk ekonomi syariah berawal dari hadirnya berbagai produk perbankan syariah yang ada di Indoensia.

Sejak saat ini masyarakat Indonesia mulai sadar akan manfaat dan keuntungan yang diberikan oleh produk-produk atau jasa yang ditawarkan dengan sistem syariah karena selain mendapatkan keberkahan dan banyak memberikan manfaat lainnya bagi penggunanya.


Beberapa tahun belakangan, asuransi syariah mulai banyak dibicarakan dan menjadi pertimbangan bagi banyak masyarakat Indonesia karena memiliki sistem syariah yang pada dasarnya berfokus pada asas saling tolong menolong dan saling menlindungi baik peserta asuransi meupun perusahaan asuransi.

Saat ini tersedia beberapa jenis asuransi syariah yang ada di Indonesia, dan salah satunya adalah asuransi kesehatan syariah. Kira-kira apa saja keuntungan dan manfaat yang diperoleh dengan memiliki asuransi kesehatan syariah ya? Yuk simak artikel ini sampai habis!
  1. Asuransi Kesehatan Syariah Berkonsep Tolong Menlong : Dengan konsep ini tidak akan ada dana yang hilang selama kita berinvestasi pada asuransi ini karena dana yang kita invest membantu nasabah lain yang sedah terkena musibah, begitupun sebaliknya saat kita sedang terkena musibah sakit dan sebagainya.
  2. Pembagian Keuntungan : Dalam Asuransi Syariah, semua keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan asuransi akan diberikan kepada seluruh peserta asuransi tersebut
  3. Tidak Mengenal Istilah Dana Hangus : Jika pada asuransi konvensional dana akan hangus jika tidak membayar premi pada waktu yang ditentukan, sedangkan pada asuransi kesehatan syariah tidak ada sistem hangus karena dana di sini karena konsepnya titipan.
  4.  Kepemilikan Dana : Pada asuransi kesehatan syariah semua dana yang masuk menjadi dana milik bersama atau seluruh peserta asuransi. Di sini perusahaan hanya bertugas untuk mengaturnya saja tanpa ada imbalan.
  5. Lebih Transparan : Sistem pengelolaan asuransi kesehatan syariah lebih transparan dan konsep pembagian yang lebih jelas di awal, seperti pembagian porsi untuk pengelola dan porsi untuk risiko dibagi pemegang polis .
  6. Klaim dan Layanan yang Berlaku : Peserta akan mendapatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga dengan sistem cashless. 
  7. No Riba dan Larangan Lainnya : Dalam asuransi ini ada beberapa larangan dalam transaksi seperti riba, gharrar (ketidak jelasan dana), dan maisir (judi). 
  8. Diawasi Dewan Pengawas Syariah : Untuk menjamin transaksi dalam asuransi ini agar tetap syariah dan sesuai aturan agama maka asuransi kesehatan ini akan diawasi oleh dewan pengawas syariah (DPS) untuk setiap produk yang dikeluarkan agar tetap memiliki prinsip syariah, jadi masyarakat tidak perlu ragu dan memperdebatkan akan halal-haram-nya sebuah produk dalam asuransi ini.
Dengan berbagai manfaat dan keuntungan diatas wajar saja jika saat ini asuransi kesehatan syariah mendapat perhatian lebih dari masyarakat Indonesia, karena selain memberikan banyak keuntungan dan manfaat, sistem asuransi kesehatan syariah juga berlandaskan asas syariah dan sesuai dengan aturan agama. 
 
Demikian beberapa keuntungan dan manfaat memiliki asuransi kesehatan syariah, semoga artikel ini membantu kalian untuk dapat mempertimbangkan dan  sebagai refrensi tentang asuransi kesehatan syariah yang akan kalian pilih ya.

You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Subscribe