Sudah Kenalan Dengan Bagian Pembangun Website 'Front-End' 'Back-End' & 'Full-Stack'?

November 20, 2019


Pernahkah Anda mendengar lowongan pekerjaan bagian 'front-end developer' 'back-end developer'' atau 'full-stack developer''? atau pernah mendengar kelas karyawan yang menyediakan bidang satu ini? Seiring perkembangan website yang semakin kompleks, banyak developer yang saat ini lebih terspesialisasi yang artinya seorang developer tidak harus membangun keseluruhan sebuah website secara sendiri dan bisa berfokus membangun pada bagian tertentu saja. Lalu apa yang dimaksud dengan bagian-bagian tersebut? Berikut penjelasannya:

Sumber Gambar : Pixabay
Front-End
Bagian yang satu ini merupakan bagian website yang bisa dilihat langsung oleh user (pengguna), di bagian ini besar juga bisa melakukan interaksi secara langsung yang dibangun menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

#HTML atau Hypertext Markup Language merupakan tulang punggung dari sebuah website, segala macam website yang dikunjungi oleh pengguna dibuat menggunakan HTML untuk menentukan struktur dan konten sebuah website. Versi terakhir dari HTML ini adalah HTML5.

#CSS atau Cascading Style Sheet  merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk mengontrol tampilan dari HTML di halaman website, bagian ini menunjukkan warna, gambar background, font, dan juga bagaimana tampilan keseluruhan sebuah website. Untuk versi terakhir dari CSS sendiri adalah CSS3, di versi ini pengguna bisa menambahkan fitur seperti fitur animasi dasar dan interaktivitas.

#JavaScript merupakan bagian yang akan membuat sebuah website memiliki tampilan yang sangat menarik, bagian ini mampu melakukan berbagai hal seperti membuat animasi yang lebih kompleks, interaktivitas, sampai pada membuat fully feature web application.

Ada banyak peluang kerja sarjana Komputer bidang satu, hampir semua perusahaan membutuhkan bagian Front-end untuk menciptakan sebuah website. Sebenarnya sebuah website dapat diciptakan hanya dengan menggunakan HTML dan CSS saja, namun dengan menggunakan JavaScript akan membuat sebuah website benar-benar tampil menarik.

Di tahun-tahun sebelumnya atau tepatnya tahun 2012, penggunaan JavaScript pada sebuah browser memang tidak dapat diinterpretasikan dengan baik sehingga untuk menambahkan berbagai fungsi kompleks dari javascript bukanlah ide yang bagus. Namun dengan kecanggihan browser saat ini, penggunaan JavaScript bisa dijalankan dengan baik. Karenanya penggunaan JavaScript tidak hanya di bagian back-end saja, namun sudah bisa digunakan pada bagian front-end.

Selain itu saat ini JavaScript juga telah mengalami banyak kemajuan, dengan bertambahnya framework seperti Angulars, Node.JS dan jQuery.

Biasanya seorang front end developer akan menggunakan HTML, javascript, dan CSS untuk melakukan coding sebuah website, digunakan untuk menciptakan desain website yang kemudian membuat website tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Back-End
Untuk mendapatkan kemampuan back-end, Anda bisa mengikuti kelas karyawan (kuliah maupun pelatihan khusus bidang ini). Sesuai dengan namanya, back-end merupakan bagian belakang layar sebuah website yang dalam pembangunannya menggunakan bahasa pemrograman Ruby, Python, PHP, dan lainnya. Untuk melaksanakan tugasnya dalam membangun sebuah website, biasanya bagian back-end akan bekerjasama dengan bagian front-end.

Meski JavaScript bisa melakukan banyak hal kompleks agar membuat tampilan lebih menarik, namun ada beberapa bagian yang tidak bisa dilakukannya tapi bisa dilakukan oleh bahasa pemrograman back-end. Kebanyakan dari sistem manajemen sebuah konten dibangun melalui programming seperti pada aplikasi web yang kompleks, mendalami coding akan sangat membantu dalam menemukan beragam solusi terbaik guna mengatasi berbagai masalah (kadang back-end programming merupakan bagian dari solusi tersebut).

Sekedar informasi tambahan, perusahaan yang membutuhkan bagian ini biasanya tidak membuka lowongan atas nama 'back-end developer' melainkan lebih pada lowongan yang spesifik seperti Ruby developer, PHP developer, Python developer, atau lainnya.

Full-stack
Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini tidak ada perbedaan mencolok antara bagian front-end maupun back-end yang mana jika sebelumnya dua bagian ini memiliki fungsi tersendiri.

Ada banyak hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan pada bagian back-end tapi bisa dilakukan pada bagian front-end, namun seiring perkembangan teknologi dua bagian ini memiliki fungsi yang hampir sama. Oleh karenanya saat ini banyak developer yang menguasai dua bagian ini secara bersamaan, ia dinamakan sebagai full-stack developer.

Peluang kerja sarjana komputer di bagian yang satu ini akan bekerja pada bagian front-end dan back-end, biasanya seorang full-stack menguasai HTML, CSS, JavaScript, dan bahasa pemrograman back-end (satu atau lebih bahasa pemrograman). Intinya bagian ini merupakan bagian yang menguasai front-end maupun back-end, meski begitu bagian ini tidak mengerjakan keseluruhan code dari dua bagian tersebut.

Kebanyakan seorang full-stack menghabiskan waktunya untuk mengerjakan satu bagian programming saja, kelebihannya bagian ini mampu melakukan analisis masalah yang terjadi pada kedua bagian programming (front-end dan back-end). Meski begitu ada juga beberapa dari full-stack developer yang mengerjakan semua bagian sendirian, hal ini terjadi jika mereka bekerja secara freelance atau merupakan satu-satunya developer yang bekerja pada sebuah project.

Hal paling menarik yang bisa ditemukan saat bekerja sebagai web development adalah sifatnya yang terus berkembang, berbagai bagian yang disebutkan di atas seperti front-end, back-end, maupun full-stack mungkin akan berubah lagi di masa depan. Meski begitu mempelajari berbagai bagian tersebut memiliki nilai tambah tersendiri, baik dalam hal adaptasi maupun pengetahuan. Bagi yang ingin mengikuti kelas karyawan di bidang satu ini, bisa mengikuti kuliah di bidang komputer atau kursus di bidang satu ini.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe