Bagaimana Mengenali Modus Investasi Bodong?

November 26, 2019


Berinvestasi bisa di ibaratkan pisau dengan dua mata sisi, di mana Anda akan dapat menemukan kelebihan dan kekurangan dari investasi yang Anda lakukan. Namun, sebenarnya jika Anda cukup selektif dengan jenis investasi sebelum mulai menekuni dunia ini, Anda akan terhindar dari risiko penipuan atau biasa dikenal dengan investasi bodong.
Sumber Gambar : Kompas.com

Dengan berhati-hati dan memastikan investasi Anda aman, Anda akan dengan mudah mendapatkan keuntungan yang bermanfaat sehingga investasi aman dancepat menguntungkan bukan lagi sekadar mimpi dan angan-angan semata. Untuk itu, perlu bagi Anda mengenali beberapa jenis investasi bodong yang sering mondar-mandir meresahkan banyak investor.

Beberapa Jenis Investasi Bodong 

1. Harus membayar uang muka
Pada investasi bodong, biasanya Anda akan dihadapkan pada ketentuan pertama yaitu membayar sejumlah uang di muka. Hal ini sifatnya wajib dan biasanya Anda akan dibujuk untuk membayar uang muka tepat waktu karena dijanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Sebaiknya berhati-hati dengan modus investasi yang seperti ini.

2. Dipaksa memutuskan sesuatu secara terburu-buru?
Biasanya investasi bodong akan mengejar target jumlah investor, sehingga Anda akan dirayu atau didesak untuk ikut bergabung dengan investasi bodong ini. Perhatikan cara mereka menawarkan investasinya, jika cenderung mendesak dan memaksa Anda mengambil keputusan secara terburu-buru ada kemungkinan investasi yang Anda ikuti adalah investasi bodong.

3. Mendapatkan untung di luar batas wajar
Di manapun tempatnya, investasi tentu berguna untuk mendatangkan keuntungan. Namun, sebaik apapun investasinya pasti akan memerlukan waktu. Dan biasanya investasi yang menjanjikan untung yang besar dalam waktu singkat merupakan investasi berkedok atau sering disebut investasi bodong.

Masih ada berbagai ciri dari investasi bodong yang memiliki modus penipuan. Beberapa di antaranya seperti menjanjikan return yang tinggi dengan risiko yang minim. Tentunya jika dilihat sekilas, janji-janji manis ini pastinya akan sangat mudah meluluhkan hati anda. Berhati-hatilah karena investasi bodong hanya akan membawa mala petaka bagi anda.

Bijak dalam memilih investasi harus dimulai dengan mengedukasi diri sendiri. Bagi Anda yang awam terhadap investasi, bisa coba cek langsung ke laman https://id.tanamduit.com/kenalan-dengan-reksa-dana untuk mendapatkan pengetahuan yang cukup tentang investasi yang aman.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe