Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

10 October 2019

Ulasan Seputar Manfaat dan Proses Pembuatan Coklat Bubuk

Coklat bubuk termasuk bagian dari variasi olahan coklat. Sesuai namanya coklat jenis ini mempunyai tekstur lembut dan konsumsi dilakukan dengan cara diminum. Seperti yang sudah diketahui bahwa coklat mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan serta kecantikan bagi orang yang mengonsumsi. Hal ini dikarenakan kandungan baik yang ada didalamnya. Namun, dalam pengolahan menjadi powder akan ditambah beberapa zat.

Sumber Foto : inspirasibaking.com
Sehingga kompleksitas manfaat bisa didapatkan oleh konsumen. Ada pula produk yang tidak menambahkan gula pada olahan coklat. Kondisi ini membuatnya semakin baik untuk tubuh. Apalagi untuk perempuan yang masih menjalankan program diet. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena ketika dikonsumsi dengan benar coklat sangat bagus bagi kesehatan. Berikut ini proses pembuatannya:
  1. Pilih biji kakao kemudian bersihkan lendir yang ada dipermukaan.
  2. Berikutnya fermentasi selama 3 hari untuk menghasilkan buah yang benar-benar bersih. Untuk lebih cepat biasanya digunakan proses depulper.
  3. Selanjutnya sebelum menjadi coklat bubuk kakao yang sudah di fermentasi dikeringkan maupun di oven hingga benar-benar kering. Selanjutnya di sangrai sampai warna kakao berubah. Kira-kira sampai 30 menit proses tersebut dilakukan.
  4. Kemudian biji kakao didiamkan selama 1 jam. Barulah dihaluskan sehingga menjadi bubuk. Lanjutkan pada proses penjemuran bubuk di dalam ruangan.
  5. Barulah coklat berubah menjadi bubuk coklat yang bisa dihidangkan menjadi berbagai jenis minuman.
Sama halnya dengan jenis makanan lain coklat juga mempunyai batasan untuk dikonsumsi. Apalagi untuk Anda yang notabene mempunyai kulit berminyak. Sebab, kandungan lemak dalam coklat cukup tinggi. Lemak inilah yang sering disebut sebagai penyebab kegemukan. Tidak apa-apa sekali mengonsumsinya dengan benar dan porsi tepat.

Kemudian bubuk coklat juga menjadi salah satu jenis minuman yang sering dijadikan orang tua dalam memberikan asupan pada anaknya. Tidak ada yang salah, selama Anda memberikan batas yang wajar dalam pengonsumsiannya. Sebab, anak juga membutuhkan asupan nutrisi lain. Jadi, ada baiknya ketika orang tua menghindari sikap anak yang ketergantungan dengannya.


No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)