Sinus Kambuh? Jangan Panik, Lakukan beberapa Cara Berikut

October 21, 2019


Bisa dibayangkan bagaimana sakitnya ketika rongga hidung Anda mengalami peradangan dan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Itulah mengapa seorang penderita sinus bisa terhambat aktivitasnya ketika penyakit sinusnya kambuh. Bahkan, beberapa orang perlu beristirahat selama beberapa hari agar penyakit sinusitis yang dideritanya bisa mereda dan kembali menjalani aktivitas secara normal.

Cara mengatasi sinus

Untuk menyembuhkan sinusitis, sudah ada banyak obatnya di pasaran. Tapi, menyembuhkan sinusitis tidak melulu harus menggunakan obat mengingat ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut selain cara merawat luka yang bisa dilakukan secara mudah. Mau tahu apa saja caranya? Inilah beberapa caranya.

Konsumsi Makanan yang Pedas

Mayoritas orang Indonesia tentu suka dengan makanan yang pedas. Bahkan, beberapa makanan asli Indonesia dibuat dengan rasa yang pedas dan cenderung terlalu pedas jika dibandingkan makanan-makanan luar. Namun, makanan yang pedas jadi suatu keuntungan tersendiri terutama ketika Anda tengah terserang sinusitis.

Mengonsumsi makanan pedas dipercaya bisa menyembuhkan sinusitis ketika sedang kambuh. Sebab, rasa pedas akan membuat cairan dalam hidung keluar dan membuat pernapasan jadi lebih lega. Cairan tersebut menjadi penyebab terjadinya infeksi dan membuat sinusitis terjadi dan menyerang Anda. Oleh karena itu, saat Anda merasa hidung mampet atau mulai merasakan peradangan, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang pedas saat masih dalam kondisi hangat.

Tinggikan kepala Saat tidur

Untuk mengatasi sinusitis, pengobatan tidak hanya perlu dilakukan dari dalam dengan menggunakan obat atau makanan-makanan tertentu. Pola tidur yang Anda terapkan juga sangat menentukan apakah proses penyembuhan sinus bisa berjalan secara efektif atau tidak. Sebab, posisi tidur yang kurang tepat bisa menghambat proses penyembuhan sinusitis.

Agar sinus lebih cepat pergi dari hidung Anda, maka sebaiknya tinggikan posisi kepala saat tidur. Apabila Anda biasanya menggunakan satu bantal untuk tidur, maka usahakan untuk meninggikan bantal tersebut dengan menambah satu bantal lagi. Anda juga bisa membuat bantal sedikit lebih terangkat dengan menyandarkannya di ujung tempat tidur. Cara ini berguna agar sirkulasi dan aliran lendir di dalam sinus hingga meredakan peradangan secara perlahan.

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe