Perkembangan dan Peran Penting Transportasi untuk Mendukung Petumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Daerah, Khususnya Kota Banjarmasin

October 20, 2019

Transportasi menjadi salah satu hal yang sangat penting di setiap negara, transportasi sangat penting adanya karena merupakan salah satu penggerak roda pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Sama halnya di Indonesia, transportasi tak bisa lepas dari keseharian masyarakatnya dalam melakukan setiap aktifitas.

Transportasi tak hanya menggunakan kendaraan pribadi, tapi juga yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah alat transportasi umum atau yang sering disebut transportasi massal. Transportasi massal merupakan layanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia untuk digunakan oleh masyarakat umum, yang biasanya dikelola sesuai jadwal, dioperasikan pada rute yang ditetapkan, dan dikenakan biaya untuk setiap perjalanan.


Banyaknya ragam/moda transportasi umum/massal yang ada pada suatu wilayah/daerah akan semakin banyak memberikan pilihan dan kemudahan pada masyarakat setempat, selain itu banyaknya moda transportasi yang tersedia juga akan membantu petumbuhan ekonomi dan pariwisata pada wilayah tersebut secara tidak langsung.

Pada perkembangannya, alat transportasi saat ini semakin pesat berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota maupun di tiap-tiap daerah di Indonesia sesuai dengan keperluan dan jumlah penduduk untuk menghindari banyaknya penggunaan kendaraan pribadi,  menghindari kemacetan agar waktu dapat digunakan seefisien mungkin hingga mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh banyaknya penggunaan kendaraaan

Moda Transportasi yang Ada di Indonesia Mulai dari yang Konvensional Hingga yang Canggih

Indonesia merupakan negara yang saat ini sedang berkembang dengan cukup pesat, karena itu Pemerintah Indonesia cukup gencar mengembangkan berbagai moda transportasi yang dapat digunakan untuk menunjang lajunya pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di negara ini. Moda transportasi tiap tahun semakin berkembang, khususnya dalam 5 tahun terakhir, Kemeterian Perhubungan bekerja dengan sangat baik untuk menciptakan serta upgrade berbagai moda/alat transportasi yang nyaman, praktis, ramah kantong dan tentunya sudah berbasis teknologi. Beberapa moda transportasi yang digunakan belakangan ini, adalah :

- Bus
- Angkutan Kota
- Kereta Api
- Kereta Commuter Line 
- MRT
- LRT


Kalau dilihat dari perkembangan transportasi pada 5 tahun ini sangatlah pesat, karena Pemerintah Indonesia sudah mengembangkan berbagai macam moda transportasi massal yang terbilang canggih dan efisien untuk masyarakatnya beraktifitas. Selain transportasi yang canggih tentunya beberapa transportasi tersebut sudah sangat nyaman digunakan dan aman, seperti di negara-negara maju lainnya.

Namun sayangnya beberapa alat transportasi yang terbilang canggih tersebut saat ini hanya terdapat di Jakarta saja. Wajar saja alat transportasi tersebut hanya ada di Jakarta, karena Jakarta merupakan pusat bisnis/ekonomi dan pemerintahan Indonesia saat ini yang memerlukan alat transportasi yang memadai untuk memangkas waktu perjalanan agar kegiatan yang dilakukan lebih efisien dan dapat mendukung majunya suatu negara.

Ragam dan Perkembangan Transportasi yang ada di Banjarmasin

Banjarmasin merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, di sini merupakan pusat bisnis dan perdagangan yang ada di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang kalau Banjarmasin adalah kota yang paling sibuk di Provinsi Kalimantan Selatan, bahkan dalam beberapa tahun ini masyarakatnya sudah mulai merasakan kemacetan di beberapa titik jalan yang ada di Banjarmasin.

Walaupun sebagai pusat bisnis dan perdagangan di Kalimantan Selatan, tapi masih belum sesibuk Kota Jakarta. Dan alat transportasi yang digunakan di Kota Banjarmasin khususnya transportasi umum/massal masih terbilang sedikit, yang ada hanya moda/alat transportasi seperti angkutan umum konvensional yang masih sering digunakan oleh warga Banjarmasin untuk pergi ke beberapa rute.

Dalam segi pariwisata, angkutan umum konvensional ini kurang cocok digunakan serta kurang menarik, karena kurang efisien, kurangnya kenyamanan dan keamanan untuk digunakan para wisatawan yang ingin berkeliling atau hanya sekedar melihat-lihat Kota Banjarmasin.

Angkutan Umum Konvensional yang ada di Kota Banjarmasin


Namun, pada tahun 2019 ini Pemerintah Kota Banjarmasin akan segera merealisasikan moda transportasi baru yang disebut dengan BRT (Bus Rapit Transit) atau juga bisa disebut Bus Trans Banjarmasin, hal tersebut dipaparkan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat Banjarmasin karena mereka dapat merasakan pelayanan moda transportasi massal yang baru sama seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia yang sudah terlebih dahulu menggunakan moda transportasi ini, dan pastinya alat trasnportasi yang baru ini lebih cocok digunakan untuk masyarakat umum hingga wisatawan.

Salah Satu Halte Bus Trans Banjarmasin, Halte KM 0

Pada Bulan Sepetember 2019 sudah launching 10 Bus Trans Banjarmasin yang sementara ini melayani 2 koridor atau trayek, dan Pemerintah Kota Banjarmasin akan mengkaji lebih lanjut koridor-koridor atau rute ramai yang ada di Kota Banjarmasin.

Bus Trasn Banjarmasin untuk Wisata (Sumber : Instagram BRT_Banjarbakula)

Bus Trasn Banjarmasin untuk Wisata (Sumber : Instagram BRT_Banjarbakula)

Bus Trans Banjarmasin ini tak hanya sekedar transportasi massal, tapi juga angkutan berbasis teknologi yang nantinya seluruh bus akan dipasang Global Potition System (GPS) agar para pengguna smartphone dapat menemukan lokasi bus-bus tersebut dengan mudah.

Transportasi Umum Kearifan Lokal yang Perlu Dikembangkan

Tentunya dengan launching-nya moda transportasi massal baru adalah hal yang sangat menyenangkan khususnya untuk saya sebagai masyarakat Banjarmasin yang selama ini hanya menggunakan angkutan kota sebagai kendaraan umum yang ramah kantong, namun saya juga berharap moda transportasi kearifan lokal yang ada pada tiap daerah juga dapat dikembangkan agar lebih menarik minat wisatawan.

Contohnya saja di Kota Banjarmasin yang memiliki Sungai Martapura yang membelah Kota Banjarmasin menjadi 2 bagian, Jalurnya melewati jalan-jalan besar yang ada di Kota Banjarmasin. Transportasi sungai cukup menarik minat wisatawan lokal maupun macanegara dengan menggunakan "kelotok" (sebutan untuk perahu mesin) untuk melakukan kegiatan susur sungai menikmati sensasi menaiki kelotok melihat-lihat keindahan Kota Banjarmasin hingga menikmati berbelanja atau wisata kuliner khas Kalimantan Selatan di tiga titik Pasar Pasar Terapung. 

Wisata Susur Sungai dengan Kelotok oleh Beberapa Warga Negara Asing

Wisata Pasar Terapung Tiap Weekend

Kegiatan Jual Beli di Pasar Terapung

Salah Satu Penampilan Kesenian Daerah di Sekitar Pasar Terapung Siring Tendean

Keberadaan transportasi sungai di kota ini masih terbilang sangat penting, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Martapura yang sulit mengakses jalan raya (jalan utama di darat) agar tetap terhubung satu sama lain. Alat transportasi sungai berupa kelotok atau perahu digunakan masyarakat bantaran sungai sebagai alat transportasi massal hingga alat transportasi untuk berdagang membawa barang dagangan.

Kegiatan Transportasi Sungai di Kota Banjarmasin Menggunakan Kelotok

Saya sebagai warga negara Indonesia sangat bangga akan pesatnya kemajuan transportasi saat ini oleh Kemenhub yang tidak kalah saing dengan negara-negara lainnya, namun saya juga berharap pada masa yang akan datang, pemerintah bersama-sama bersinergi selain memajukan dan mengembangkan transportasi massal yang lebih baik dan nyaman juga lebih memperhatikan transportasi kearifan lokal tersebut sebagai ciri khas dan keunikan yang dimiliki masing-masing daerah. 

Seperti keberadaan kelotok di Kota Banjarmasin dan dapat di upgrade fungsi serta layanannya sehingga makin menarik wisatawan datang ke Kota Banjarmasin, terlebih lagi dapat terintegrasi dengan teknologi seperti halnya Bus Trans Banjarmasin yang saat ini yang sudah mulai beroperasi, agar sektor pariwisata dan kegiatan perekonomian sekitar bantaran sungai semakin maju, selain itu kearifan lokal ini tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada dibantaran sungai tapi juga dapat dinikmati oleh masyarakan umum lainnya.

Transportasi dikatakan unggul tidak hanya dari segi kecanggihannya dan kenyamannyannya saja, namun transportasi unggul juga dilihat dari ciri khas transportasi di berbagai daerah yang menjadi pembeda dengan yang lain, hal ini dapat menjadi keunikan tersendiri bagi Indonesia yang memiliki beragam budaya di mata wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga membawa Indonesia maju baik dalam bidang ekonomi maupun pariwisata, "Transportasi Unggul, Indonesia Maju".

Ingin lebih jauh mengenal Kemenhub dan melihat perkembangan transportasi yang ada di Indonesia kalian bisa klik situs dan social media Kemenhub RI disini :

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe