Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

9 October 2019

Ingin Membangun Public Relation Untuk Bisnis? Ini Tips Jitu Yang Bisa Kamu Lakukan


Public relation merupakan salah satu landasan dalam membangun kesuksesan bisnis, biaya kuliah untuk jenis penelitian ini tergolong cukup murah (sebenarnya tergantung dari universitas penyedia). Meski anda memiliki layanan atau produk yang sangat baik, namun jika tidak memiliki pengetahuan perihal public relation maka penjualan yang dihasilkan mungkin akan cukup sulit. 

Sumber Gambar : Pixabay
Public relation sendiri sangat efektif dalam hal pemasaran, ia menggunakan metode proaktif guna menyebarkan pesan ke pasar serta menarik pelanggan yang potensial. Namun kegiatan promosi biasanya membutuhkan biaya yang mahal, khususnya untuk perusahaan startup. Namun tidak usah khawatir, karena ada beberapa kiat public relation untuk kegiatan pemasaran yang lebih terjangkau di antaranya:

Tindaklanjuti pelanggan by email
Email merupakan salah satu media formal untuk mengirimkan promosi atau informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Meski beberapa orang menganggap email sebagai media pengirim pesan jadul, namun media yang satu ini masih sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Email memiliki metode tersendiri yang masuk akal guna memberitahukan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Karena dalam email terdapat sistem spam, kamu bisa membuat komunikasi melalui email informatif dan menarik. Seperti membuat email newsletter tiap bulan, targetnya sendiri bisa dari segmen yang berbeda atau sekiranya jenis email lainnya yang menarik namun juga informatif.

Manfaatkan Media sosial
Tidak boleh mengikuti kuliah kelas karyawan untuk bisa memanfaatkan media sosial menjadi ladang promosi paling ekonomis. Tidak dapat dipungkiri jika media sosial saat ini memiliki berbagai fungsi, salah satu fungsi khususnya yaitu untuk media komunikasi. Menjadi manajer di media sosial pada bisnis sendiri merupakan metode yang sangat efektif dan berharga, tentunya untuk promosi perusahaan yang dikembangkan.

Media sosial saat ini sudah menjadi platform untuk pelanggan yang terlibat dalam bisnis, nantinya pelanggan bisa memberikan feedback serta mengajukan macam pertanyaan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, pinterest, YouTube, atau lainnya. Selain salah satu media terbaik untuk promosi, media sosial menjadi salah satu metode promosi paling ekonomis untuk membangun jaringan serta iklan perusahaan.

Jika memiliki website pribadi, kamu bisa memanfaatkan SEO untuk meningkatkan basis pelanggan dan juga visibilitas. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan ahli SEO untuk menarik banyak konsumen secara gratis.

Ikuti percakapan online
Metode selanjutnya dalam dunia internet yang bisa dilakukan dengan biaya ekonomis, salah satunya dengan mengikuti percakapan online. Percakapan yang dimaksud bukan percakapan biasa, namun percakapan yang ditumbuhi berbagai informasi untuk pelanggan. Semisal pelanggan memiliki pertanyaan atau keluhan terkait suatu hal, jika mendapat respon atau nasehat yang baik untuk pelanggan tersebut akan memberikan nilai atau feedback yang positif bagi citra perusahaan.

Untuk memahami ilmu public relation, kamu bisa mengikuti kuliah dengan biaya kuliah di berbagai universitas yang ada. Salah satunya di LSPR (London School Public Relation), Universitas ini juga menawarkan biaya S2 LSPR yang cukup terjangkau.

Bangunlah merek melalui blogging
Blogging menjadi salah satu media pengantar pesan untuk calon investor, tak terkecuali untuk pelanggan. Membuat blog sebagai pendamping website dapat melakukan promosi bisnis, selain itu juga menjadi media yang sangat menarik blogger. Jika blog yang dikembangkan mulai dikenal, seperti memiliki banyak like, komentar positif, dan share,  maka akan semakin banyak pelanggan yang tertarik dengan produk perusahaan yang ditawarkan.

Jika ingin memiliki kemampuan strategi yang tepat dalam public relation, bisa mengikuti kuliah reguler atau kuliah kelas karyawan (khusus yang sibuk bekerja) di prodi public relation.

Jaga hubungan baik dengan wartawan
Public relation hubungan yang erat dengan jurnalis atau wartawan, hubungan tersebut tidak akan berhenti setelah berita mengenai perusahaan dibahas di media ini. Media seperti wartawan atau jurnalis sangat erat kaitannya dengan merek, terutama untuk berbagai jenis berita Yang telah dilaporkan.

Meski dapat merugikan, namun metode ini juga akan sangat membantu dalam menjangkau masyarakat yang lebih luas ke depannya. Namun sayangnya metode satu ini biasanya lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar, dan sedikit berlaku untuk perusahaan kecil.

Ada banyak universitas yang menawarkan produk public relation, bahkan beberapa diantaranya menawarkan biaya kuliah kelas karyawan di jurusan ini dengan jumlah yang terjangkau.

Berbagai tips di atas bisa diterapkan ketika kamu ingin membangun public relation untuk bisnis. Kesuksesan public relation menjadi penentu kesuksesan sebuah bisnis, karena public relations ini juga bisa membawa citra perusahaan kedepannya di mata masyarakat luas.

Untuk pemahaman yang lebih jelas, kamu bisa saja bertanya dengan orang yang lebih ahli. Bisa juga dengan mengikuti kuliah di prodi public relation yang tersedia di universitas, ada banyak kok universitas yang menyediakan biaya kuliah terjangkau untuk jurusan ini.

No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)