Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

9 August 2019

Yamaha NMAX dan Honda ADV, Mana yang lebih Unggul?

Motor berjenis skuter matic (skutik) belakang menjadi salah satu motor yang paling banyak diminati masyarakat di Indonesia, di perkirakan pada tahun 2019 ini tren motor matic akan terus berkembang, hal tersebut membuat hampir semua perusahaan otomotif mulai belomba untuk menghadirkan motor matic terbaik versi mereka dengan didukung teknologi yang canggih di kelasnya.

Yamaha NMAX dan Honda ADV

Beberapa diantara perusahaan otomotif yang sudah mengeluarkan motor skutik mereka adalah Yamaha dan Honda. Yamaha sendiri memiliki model skuter matic (skutik) yang dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai anak perusahaan Yamaha Motor Company di Indonesia. Skutik yang diluncurkan oleh Yamaha adalah Seri MAX yang terdiri dari NMAX, TMAX, dan XMAX. Seri MAX tersebut merupakan skutik yang memiliki ciri khas bongsor alias berbadan besar.

Sedangkan perusahaan otomotif pesaingnya yaitu Honda belum lama ini juga meluncurkan beberapa tipe motor skutik yang memiliki body bongsor sama halnya dengan Yamaha NMAX, yaitu Honda Honda ADV. Lalu, antara Yamaha NMAX dan Honda ADV, mana  yang lebih unggul? Nah, untuk mengetahuinya yuk kita simak aja beberapa perbandingan spesifikasi dari kedua motor skutik ini.

Yamaha NMAX
Honda ADV

Memiliki Kapasitas Mesin 155cc

Memiliki Kapasitas Mesin 150cc
Menggunakan rem jenis cakram tunggal pada roda depan maupun roda belakang yang dilengkapi dengan perangkat ABS (Anti-Lock Brake System), hal ini diklaim oleh pihak Yamaha sebagai yang pertama di Asia di kelasnya untuk fitur keselamatan pada Yamaha NMAX.

Menggunakan perangkat ABS (Anti-Lock Brake System), namun hanya pada bagian roda depannya saja, tidak pada roda depan.

Menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuating) yang merupakan bagian dari Teknologi Blue Core Yamaha yang mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar hingga 50%, lebih hemat dan ramah lingkungan.

Menggunakan system suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection).
Yamaha NMAX Tipe ABS seharga Rp. 31.150.000.
Varian terendah dari Honda ADV, yaitu ADV150 CBS-ISS seharga Rp. 33. 500.000.

Bobot Motor lebih ringan yaitu 127 kg.
Bobot motor 132 kg (Tipe CBS), 133 kg (Tipe CBS-ISS).

Jarak sumbu roda lebih panjang yaitu 1.350mm, yang membuat motor ini tetap stabil dan nyaman walaupun dengan kecepatan tinggi.

Jarak sumbu roda lebih pendek yaitu 1.324mm yang dapat membuatnya lincah namun berpengaruh pada kestabilan saat melesat dengan kecepatan tinggi.

Walaupun Honda ADV terbilang baru dengan design skutik yang cocok untuk adventure, namun ada beberapa testimoni pengguna yang sedikit kecewa dengan motor skutik Honda ADV ini karena beberapa hal yang menjadi pertimbangan mulai dari harga hingga kemampuannya, sehingga banyak oarang yang membandingkan skutik Honda ADV ini dengan motor lain khususnya pesaingnya dari Yamaha yaitu NMAX yang memiliki harga yang jauh lebih murah dengan spesifikasi yang lebih bagus.


Menurut mimin, NMAX jauh lebih bagus dibandingkan dengan pesaing barunya yaitu Honda ADV, karena untuk mimin yang sering berseliweran di jalan-jalan kota yang kadang macet, NMAX mungkin akan jauh lebih stabil dibandingkan Honda ADV, tapi selera masing-masing pasti berbeda ya kan.

Nah itu dia ulasan singkat dari Yamaha NMAX dan Honda ADV, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menentukan membeli motor yang cocok untuk kebutuhan dan kantong kalian ya, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.


No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)