Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

5 August 2019

Tips Memperbaiki Rambut Rusak dan Bercabang

Hallo

Hampir setiap wanita kayaknya pernah mengalami yang namanya rambut rusak dan bercabang, termasuk aku sendiri. Rambut rusak dan otomatis rentan bercabang memang bikin kita jadi kurang percaya diri kalau ingin pergi ke suatu acara atau hanya sekedar hang out untuk menggerai rambut ya kan karena kondisi rambut kita yang ga cantik banget.


Aku mengalami rambut rusak dan bercabang sudah sejak SMP hingga awal-awal bekerja, selama itu rambutku benar-benar rusak parah karena aku juga kurang merawat rambut alias ga ngeh dengan perawatan rambut. Sebenarnya apa sih penyebab terjadinya rambut rusak hingga bercabang?

Kebanyakan wanita yang mengalami rambut rusak dan bercabang adalah wanita yang aktif di luar ruangan dan rambut sering terpapar lama oleh sinar matahari atau rambut terpapar oleh radikal bebas dari matahari. Sama halnya kulit, rambutpun jika sering terpapar sinar matahari juga akan rusak dan menyebabkan berbagai masalah rambut khususnya rusak dan bercabang.

Sama halnya aku sewaktu aku SMP, SMA, Kuliah, ga menggunakan pelindung untuk rambut kalau kemana-mana dan di gerai begitu aja dibiarkan terpapar sinar matahari yang terik, mampu membuat rambutku bercabang parah, merah dan rusak akibat terlalu kering. Tapi sekarang rambutku sudah sehat sepenuhnya selain dari masalah rontok yang masih aku hadapi huhuhu

Selain itu, rambut rusak dan bercabang juga bisa disebabkan oleh berbagai tindakan yang dialami oleh rambut loh, misalnya sering menggunakan catokan rambut, akibat bahan kimia yang digunakan pada rambut (rebonding atau semir), dan sebagainya.

Buat kalian yang memiliki rambut rusak dan bercabang akibat beberapa hal yang ada di atas, mungkin bisa melakukan beberapa hal berikut biar rambut rusak dan bercabang mu sedikit demi sedikit dapat diperbaiki ;

1. Untuk rambut bercabang, potong ujung-ujung rambut yang bercabang, ingat cabangnya saja, jangan keseluruhan.

2. Jika kamu orang yang aktif di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, sebisa mungkin gunakan pelindung rambut atau jika memungkinkan gunakan hijab karena selain salah satu kewajiban seorang muslimah, hijab juga berfungsi melindungi mu.

3. Selain menggunakan shampoo saat keramas, jangan lupa gunakan conditioner setelah keramas agar rambut tetap ternutrisi dan ga kering hingga menyebabkan rusaknya rambut.

4. Kamu dapat melakukan beberapa treatment dari beberapa bahan alami untuk rambutmu seperti menggunakan telur, santan, alpukat, madu, minyak zaitun dan lidah buaya (aloe vera) yang sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat membantu merawat rambut yang rusak.

5. Gunakan shampoo yang khusus untuk merawat rambut rusak dan bercabang, dan kita juga bisa memilih shampoo yang bebahan dasar alami agar mengurangi penggunaan bahan kimia di rambut kita seperti beberapa produk lokal yang terkenal menggunakan bahan alami dalam beberapa produk shampoo dan tonic-nya.

6. Jika kamu senang mewarnai, catok, rebonding, smoothing rambut, maka rambutmu juga memerlukan perhatian ekstra agar ga rusak dan kering, seperti memberi vitamin pada rambut.

7. Jangan lupa, konsumsi makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut juga, seperti : Ikan salmon, yogurt, bayam, daging tanpa lemak, ubi jalar, telur, kayu manis, kelapa, dan makanan lainnya yang banyak mengandung vitamin A, B, C, E dan K yang baik untuk rambut.

8. Hal simple yang aku lakukan untuk melindungi rambutku dari paparan sinar matahari yang menyebabkan rambutku selama ini rusak, kering dan bercabang adalah menggunakan hijab saat ingin keluar rumah, dan itu terbukti banget membuat rambutku sehat, berkilau dan ga bercabang lagi 😊




Sumber Foto : Hellosehat.com

2 comments:

  1. Hmm, rambutku gak bercabang tapi banyak rontok 😭
    Dulu pernah ketombean. Eewh. Tapi sekarang udah nggak lagi.
    Tapi ya gitu, rambutku jadi rontok dan kering.
    Nah, aku suka makan salmon apalagi yg mentah.. sashimi salmon tuh,
    aku bisa makan sepiring penuh buat aku sendiri haha.
    Mm, biasanya sih, 2 minggu sekali aku suka peperin minyak kelapa ke rambut aku sebelum tidur, trus besoknya pas bangun pagi langsung shampoo, bistu enak deh rambutku jadi lembut, lebih hitam, dan gak megar kayak rambut singa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. aku juga suka makan salmon mentah, tapi ga sering2 amat hehe memang enak terus kaya vitamin pula.. 😊 sekarang rambutku juga punya masalah rontok niih huhu memang rambut rontok jadi masalah sebagian besar wanita ya.. susah ngilangin rontoknya huhu

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)